8 Kewajiban Manusia Terhadap Sungai

Sungai merupakan aliran air yang berasal dari hulu (sumber) sampai ke hilir yang mengalis secara terus menerus. Sungai memiliki peranan yang sangat penting dalam kelangsungan sebuah ekosistem. Maka dari itu, adalah sebuah keharusan bagi manusia untuk selalu menjaga sungai.

Kewajiban Manusia Terhadap Sungai
Anak-anak sedang bermain di sungai

Melihat karakteristik serta kontur daratan Indonesia kita sudah bisa mengetahui bahwa di Indonesia memiliki banyak sungai. Menurut laman Okezone, Indonesia memiliki sedikitnya 5.590 sungai utama dan 65.017 anak sungai yang tersebar di nusantara. Dari jumlah sungai utama itu, Daerah Aliran Sungai (DAS) mencapai 1.512.466 kilometer persegi.

Berikut ini 7 sungai terpanjang di Indonesia
  1. Sungai Kapuas (terpanjang di Kalimantan dan di Indonesia): 1.143 km
  2. Sungai Mahakam (di Kalimantan): 920 km
  3. Sungai Barito (di Kalimantan): 900 km
  4. Batang Hari (terpanjang di Sumatra): 800 km
  5. Sungai Musi (di Sumatra): 750 km
  6. Sungai Mamberamo (terpanjang di Papua): 670 km
  7. Bengawan Solo (terpanjang di Jawa): 548 km

Manfaat sungai untuk kehidupan manusia
  1. Sebagai sumber mata air. 
  2. Untuk kebutuhan irigasi pertanian, perkebunan, dan lain-lain 
  3. Untuk penggerak pembangkit listrik tenaga air (PLTA). 
  4. Untuk budidaya perikanan. 
  5. Tempat wisata (pariwisata) Sebagai lokasi / sarana olahraga. 
  6. Tempat jual-beli seperti Pasar Terapung. 
  7. Sarana transportasi 
  8. Dan masih banyak yang lainnya.

Sungai terkotor dan tercemar di dunia ada di Indonesia
Mungkin kalian sudah mengetahui bahwa sungai sungai terkotor dan tercemar di dunia ternyata ada di Indonesia. Iya, namanya sungai citarum, sungai terpanjang yang ada di Jawa barat. Pernyataan itu dikeluarkan oleh World Bank lebih dari satu dekade yang lalu.

Lalu bagaimana kondisinya sekarang? apakah statusnya masih sama?. Perlu kita ketahui bahwa yang membuat sungai ini kotor dan tercemar adalah aktifitas industri di sekitarnya. Artinya selama masih ada aktifitas industri di sekitaran aliran sungai ini maka proses pencemaran akan terus ada.

Hal ini pastinya menjadi hal yang sangat buruk bagi ekosistem dan kelestarian lingkungan. Di sungai citarum misalnya, pencemaran yang sangat tinggi menyebabkan ekosistem terganggu. 34 spesies ikan asli sungai ini berkurang menjadi 20 spesies saja. Belum lagi masalah kesehatan yang dialami oleh warga sekitar yang beraktifitas seperti mencuci atau mencari ikan di sungai ini.

Tidak hanya pengotoran dan pencemaran yang menjadi masalah serius yang ada pada sungai di negeri kita, ada beberapa masalah lain yang bisa mengakibatkan masalah buruk bagi alam pada umumnya dan bagi para manusia terutama yang hidup di sekitaran aliran sungai pada umumnya.

Seperti membangun hunian di tepi aliran sungai. Hal tersebut membuat lebar sungai menyempit serta terjadi pendangkalan sungai. Akibatnya aliran sungai menjadi tidak lancar dan bisa menyebabkan air sungai meluap terutama di musim hujan. Akibatnya yah banjir.

Kewajiban Manusia Terhadap Sungai
Melihat perkara di atas serta akibat fatal yang ditimbulkannya, maka setiap manusia memiliki kewajiban terhadap sungai. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa kita gunakan untuk menjawab pertanyaan sebutkan kewajiban manusia terhadap sungai.

  1. Menjaga kelestarian sungai
  2. Tidak membuang sampah seperti sampah rumah tangga, kantong dan botol plastik dan sebagainya di sungai
  3. Tidak membuang limbah industri di sungai
  4. Tidak melakukan eksploitasi sungai seperti penambangan pasir.
  5. Tidak membangun hunian terlalu dekat di daerah aliran sungai
  6. Membersihkan sampah yang ada di sungai
  7. Menanam pohon-pohon di tepian sungai untuk mencegah erosi penyebab pendangkalan sungai.
  8. Melakukan sosialisasi mengenai pentingnya sungai untuk manusia

Itulah di atas beberapa kewajiban manusia terhadap sungai, jika kalian merasa poin di atas kurang lengkap, silahkan tambahkan di kolom komentar.