Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar Tanpa Aplikasi Seperti Phostoshop

- Diupdate Juni 17, 2021
Teringat dulu di masa lalu ketika sering dapat job untuk menghilangkan background produk untuk toko online. Setiap 10 gambar yang dikerjakan akan diupah sekian dolar. Proses pengerjaannya pun cukup mudah dan cepat. Cukup menggunakan photoshop dan sedikit pengetahuan tentang cutting dan seleksi objek.

Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar Tanpa Aplikasi Seperti Phostoshop

Namun sekarang semuanya serba canggih, pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) misalnya sudah digunakan untuk melakukan hal seperti menghapus background gambar ini melalui sebuah layanan berbasis web. Orang-orang yang sebelumnya menggunakan jasa untuk menghapus background gambarnya kini lebih memilih menggunakan layanan yang menggunakan kecerdasan buatan tersebut sehingga waktu mereka lebih hemat dan biaya yang dikeluarkan juga bisa diminimalkan.

Layanan yang saya maksudkan di atas seperti remove.bg sebuah situs yang memberikan layanan menghapus background dari sebuah gambar produk ataupun orang. Layanan ini gratis untuk penggunaan normal (output max 0.25 megapixel) dan berbayar jika ingin menggunakan dengan output dengan resolusi yang lebih besar. HD - 4K

Kecerdasaan buatan pada remove.bg ini dilatih untuk mendeteksi objek berupa orang, produk dan mobil dan selebihnya dianggap background. Menurut keterangan di situsnya, mereka sedang mengembangkan ai mereka agar bisa mendeteksi objek lain seperti hewan. Karena semua diproses otomatis oleh ai jadi kita betul-betul tidak perlu melakukan apa-apa alias cukup menunggu saja. Waktu pemprosesannya pun terbilang cepat, sesuai dengan yang tertera di situsnya yaitu hanya 5 detik saja.

Untuk hasilnya sendiri saya katakan sangat bagus, tingkat akurasinya luar biasa tidak kalah jika dilakukan secara manual dengan menggunakan photosop. Selain itu situs ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk membubuhkan warna polos sebagai background baru sehingga bisa digunakan untuk membuat pas foto.

Cara Mudah Menghilangkan Background Gambar Tanpa Aplikasi Seperti Phostoshop
Cara menggunakan situs ini sangat mundah, cukup mengunggah gambar dan menunggu prosesnya selesai. Untuk lebih lengkapnya silahkan disimak berikut ini:

1. Unggah gambar dengan mengklik tombol "select photo" atau dengan memasukkan url gambar

Menghilangkan Background Step 1

2. Tekan Tombol download untuk mengunduh atau tombol edit jika ingin mengeditnya

Menghilangkan Background Step 2

3. Untuk merubah warna background di menu edit cukup tekan tombol color lalu pilih warna yang diinginkan.

Menghilangkan Background Step 3

4. Untuk menyimpan hasil edit cukup tekan tombol save

Kelebihan
1. Proses pengerjaannya cepat
2. Akurasinya cukup tinggi tidak kalah jika dilakukan secara manual

Kekurangan
1. Output untuk versi free kecil, maksimal 0.25 Megapixel
2. Objek yang dikenali kecerdasan buatnya masih terbatas pada produk, mobil dan orang

Cara mudah dan praktis lainnya untuk menghilangkan background pada gambar kalian bisa pergunakan cek alat penghapus background praktis lainnya milik Zyro. Dengan menggunakan tool menghapus background dari Zyro, maka kita bisa menghilangkan latar belakang tanpa harus menghapus subjek maupun mengurangi kualitas foto.Zyro sendiri merupakan website yang memberikan banyak layanan yang bermanfaat seperti : hosting, domain, template website, tool berbasis Al dan lain sebagainya. Salah satu tool berbasis Al milik Zyro adalah tool menghapus background.
Tampilkan Komentar Sembunyikan Komentar