Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik dan Benar [Menurut Pos Indonesia]

Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik dan Benar - Saya yakin banyak teman-teman pengunjung blog goinsan pernah mengirim amplop berisi surat maupun berkas melalui jasa kurir seperti Pos Indonesia.

Pada amplop surat yang kalian kirim biasanya akan di tempel/ditulis data kalian selaku pengirim dan data penerima. Lalu bagaimana kalian menulis data-data tersebut? apakah ada kaidah khusus dalam penulisannya? mari kita bahas.

Dalam amplop surat perlu diperhatikan penulisan data pengirim dan penerima dengan baik dan benar. Baik itu amplop untuk surat pribadi maupun surat resmi. Penulisan yang baik dan benar tentunya dengan memasukkan unsur-unsur yang wajib tertera pada amplop secara terang terutama alamat sehingga nantinya pak kurir bisa mendelivery surat kalian dengan mudah.

Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik dan Benar [Menurut Pos Indonesia]
Amplop Surat

Untuk surat pribadi/biasa umumnya hanya ada dua unsur data-data yang tertera pada amplop yaitu data si pengirim dan data si penerima. Sedangkan untuk surat/map resmi seperti lamaran kerja biasanya ditambahkan kode posisi yang dilamar kalau ada. Pada artikel ini penggunaan kata surat resmi merujuk pada surat dinas, surat lamaran kerja dan sejenisnya ya.

Biodata pengirim surat
Untuk data-data pengirim surat terutama untuk surat biasa ataupun surat pribadi kebanyakan menganggap bahwa itu sifatnya opsional saja. Namun sebenarnya penting juga menuliskannya di amplop. Alasannya sederhana, yaitu penerima bisa langsung mengetahui siapa pengrim surat tanpa harus melihat isi surat. Untuk data-data yang ditulis yaitu:
1. Nama lengkap/nama Jelas
2. Alamat lengkap
3. Nomor telepon (untuk surat resmi)

Biodata penerima surat
Untuk penerima surat sendiri ada beberapa unsur yang perlu dimasukkan yaitu:
1. Sapaan sopan (untuk surat resmi)
2. Nama lengkap penerima/instansi
3. Jabatan (untuk surat resmi)
4. Alamat lengkap
5. Kode pos

Untuk surat lamaran biasanya perlu dicantumkan kode posisi yang dilamar.

Penempatan kolom identitas pengirim dan penerima surat
untuk pengirim surat, data identititas bisa diletakkan pada bagian kiri atas amplop sedangkan untuk si penerima bisa diletakkan di sebelah kanan bawah amplop. Itu jika amplopnya amplop kosongan. Beberapa model amplop juga sudah memilki kolom penerima.

Untuk metode penulisannya sendiri ada dua opsi yaitu berupa print out dan bisa berupa tulisan tangan. Keduanya sama bagusnya yang penting rapih dan bersih terutama jika itu surat resmi.

Contoh penulisan alamat pada amplop surat yang baik dan benar:

Surat Pribadi/Perorangan

Surat Pribadi/Perorangan

Surat Biasa

Surat Biasa

Surat Lamaran kerja

Surat Lamaran kerja

Demikian artikel singkat yang berjudul "Cara penulisan alamat surat yang baik dan benar" ini, semoga bisa bermanfaat.