Apa sih yang dimaksud dengan blogger?

28 Maret

Blogger? Jaman sekarang pasti banyak yang sering mendengar kata tersebut namun belum tahu artinya apa. Lalu apa sih yang dimaksud dengan blogger?

Pengertian blogger

Kata blogger sendiri memiliki kata dasar blog, singkatan dari kata web log. Dalam kbbi kemendikbud blog merupakan sebuah nomina komputer yang memiliki arti catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja.


Blogger


Jika kata blogger berdiri sendiri maka akan memiliki makna yang "ambigu". Blogger bisa merujuk kepada nama sebuah platform blogging yang beralamat di blogger.com. Makna yang lain adalah orang yang memiliki blog. Jadi ketika ada yang mengatakan "seorang blogger", maka yang dimaksud itu pengertian yang ke dua. Pada postingan ini yang akan dibahas adalah blogger versi pengertian ke dua.

Siapa saja yang disebut blogger?

Saya pikir sudah cukup jelas siapa saja yang bisa disebut blogger. Semua orang bisa disebut blogger jika ia memiliki blog tanpa terkecuali.

Banyak orang ngeblog hanya untuk membuat tulisan pribadi untuk dibaca orang lain secara online. Tulisannya pun berupa hal-hal personal seperti kegiatan sehari-hari, traveling, aktifitas sekolah -  kuliah dan sebagainya. Biasanya blogger yang yang seperti ini disebut dengan nama blogger pribadi atau personal blogger.

Ada juga blogger yang membahas tentang mode. Yang ini disebut dengan blogger mode atau fashion blogger Ada juga yang konten blognya membahas banyak hal, umunya dikenal dengan nama blog gado-gado, contohnya yah goinsan. Jadi sebutan blogger apa itu tergantung dari jenis blog yang dimiliki.

Jenis-jenis blog:
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman. 
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. 
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. 
  • Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll. 
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). 
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling. 
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain. 
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru. 
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws). 
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi 
  • Blog agama: Membahas tentang agama 
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu. 
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website. 
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing 
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog) 
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak 
  • Blog gaya hidup (lifestyle): Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya 
  • Blog parenting: Berisi cerita/ tema seputar menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak

Syarat menjadi seorang blogger

Syarat untuk menjadi seorang blogger tidaklah sulit, seseorang hanya perlu memiliki blog dan rajin memuat tulisannya pada platform blog tersebut. Yang penting tulisannya bukan berupa hal-hal yang menyesatkan dan sejenisnya.

Keuntungan menjadi seorang blogger

Nah yang terakhir ini cukup banyak yang mempertanyakan. Apa sih keuntungan menjadi seorang blogger? Jawabannya tentunya variatif, tergantung pada tujuan seseorang itu ngeblog buat apa. Tujuan dari seserang ngeblog ini pada akhirnya akan mendefinisikan apa jenis blognya.

Misalnya blog pribadi, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Untuk personal blogger, menulis di blog bisa meningkatkan kemampuan menulis mereka, mendapatkan audiens/teman yang memiliki minat serupa serta bisa mendapatkan penghasilan melalui blog.

Secara umum, keuntungan menjadi seorang blogger adalah:
  1. Mendapatkan teman sesama blogger
  2. Mendapatkan audiens yang tertarik dengan konten blog kita
  3. Bisa berbagi pengetahuan melalui konten informatif dan tutorial
  4. Bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi publisher iklan, menjual jasa, menjual barang sendri atau produk afiliasi melalui blog.
Nah sekariang kalian sudah tahu kan apa yang dimaksud blogger? Mau menjadi seorang blogger? cukup buat blog gratis lewat blogger.com atau wordpress.com

Pranara luar:
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog