Sulitnya menghubungi layanan pelanggan JD.id

Berbelanja secara online memang menjadi pilihan sempurna untuk menghidari kontak langsung di masa pandemi covid-19 ini.

Salah satu marketplace online besar yang tersedia yang mungkin pembaca pernah berbelanja di sana adalah JD.id.

Sulitnya menghubungi layanan pelanggan JD.id


Marketplace asal Tiongkok ini menggunakan jargon "dijamin ori" yang pastinya akan menarik minat kita untuk berbelanja di sana.

Saya sendiri baru melakukan 2 transaksi di marketplace tersebut dengan detail satu transaksi berhasil dan satu transaksi gagal dengan alasan pembatalan sepihak oleh toko yang saya beli barangnya.

Kejadian seperti itu tentunya sangat tidak mengenakkan bagi konsumen. Mengapa tidak, setelah seminggu menunggu tiba-tiba pesanan dibatalkan.

Nah kalau pesanan dibatalkan seperti ini, nantinya uang yang telah kita transfer ke rekening virtual JD.id nantinya akan dikembalikan ke akun kita sebagai JD Balance. Uang yang ada di JD Balance ini nantinya bisa kita withdraw atau ditarik ke rekening bank kita.

Di sini hal tidak mengenakkan lainnya terjadi. Saya idak bisa menginput rekening bak saya di sana. Setiap kali saya masukkan maka aplikasi menginfokan bahwa rekening tidak ditemukan, percobaan berikutnya aplikasi tidak merespon, walaupun saya coba menginputnya melalui website JD.id

Yang lebih menjengkelkan adalah susahnya menghubungi layanan pelanggan dari marketplace ini. JD.id sejauh ini hanya menyediakan tiga opsi kontak bagi pelanggan yaitu melalui email, live chat dan twitter saja.

Yang lebih menjengkelkan adalah tidak satupun dari ke tiga opsi tersebut yang bisa berhasil saya lakukan sejauh ini.

Menghubungi pihak JD.id melalui live webchat malah diarahkan oleh bot untuk menghubungi pihak layanan melalui email di CS@jd.id.

Namun setelah mengirimkan email ke sana malah mendapat respon dalam bahasa Mandarin yang isinya kotak pesan mereka katanya penuh, jadi keluhan kita tidak bisa ditindak lanjuti.

Mengubungi mereka melalui pesan di twitter pun sampai saat ini saya belum menerima respon apapun.

Rasanya sangat luar biasa mengingat JD.id adalah platform besar namun memiliki layanan pelanggan yang sangat buruk.

Sangat berbeda dengan marketplace lain seperti Lazada. Di Lazada saya juga pernah mengalami pembatalan pesanan dan saya mengajukan refund ke pihak lazada melalui email.

Pihak Lazada langsung menindak lanjuti hal tersebut bahkan beberapa saat kemudian salah satu customer service mereka menelpon saya mengenai perihal refund dana tersebut.

Tampilkan Komentar Sembunyikan Komentar 1

1 Komentar

Batalkan