Cara Mudah Daftar Hak Merek

- Diupdate Desember 07, 2021
Cara Mudah Daftar Hak Merek

Daftar hak merek dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJKI). Bagaimana caranya? Berikut langkah demi langkah cara mendaftarkan hak merek dengan mudah.

Cara Mudah Daftar Hak merek

Lakukan Pencarian Hak merek

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam upaya mendaftarkan hak merek adalah dengan mencari hak merek yang telah didaftarkan terlebih dahulu. Pencarian ini dapat dilakukan dengan mengakses database brand DJHKI yang beralamat di http://brand-indonesia.dgip.go.id/.

Yang perlu dilakukan penelusuran merek adalah untuk mengetahui apakah ada merek dari pelaku usaha lain yang telah didaftarkan atau yang pendaftarannya telah diproses terlebih dahulu yang memiliki kesamaan baik secara keseluruhan maupun pada pokoknya dengan merek yang akan dituju. daftar.

Jika ditemukan bahwa hak merek yang sama telah didaftarkan sebelumnya, maka anda tidak dapat mendaftarkan hak merek anda. Kalau dipaksakan pasti ditolak. Di sisi lain, jika hasil pencarian tidak menemukan hak merek yang sama yang telah atau sedang diajukan oleh pihak lain, maka anda dapat segera mengajukan permohonan pendaftaran merek tersebut.

Pentingnya Mendaftarkan Merek

Merek adalah cara lain untuk memperkenalkan suatu produk. Keputusan konsumen untuk membeli suatu produk atau menggunakan jasa sangat dipengaruhi oleh merek dan reputasi yang tentunya diwakili oleh merek. Berikut alasan mengapa pendaftaran merek sangat penting untuk bisnis anda.

1. Merek Adalah Alat Komunikasi Efektif

Dalam merek atau logo produk apa pun, merek dapat menyampaikan pesan emosional tentang anda, perusahaan anda, reputasi perusahaan, produk, dan layanan anda. Merek tidak membutuhkan kata-kata, seperti desain yang dapat dikenali terlepas dari bahasa atau alfabet.

2. Memudahkan Konsumen Menemukan Bisnis Anda

Di era perdagangan bebas, tentunya sangat sulit untuk meningkatkan bisnis anda agar unggul dari pesaing. Merek berfungsi menarik perhatian konsumen dan membuat produk anda mudah dikenal.

Melalui branding, konsumen yang melihat brand anda langsung mengetahui reputasi bisnis anda dan cenderung tidak mencari produk atau jasa dengan brand lain. Merek juga dapat menjadi faktor penting dalam mendorong keputusan pembelian pelanggan.

3. Hak merek Adalah Aset Berharga

Merek memiliki nilai masing-masing dari waktu ke waktu. Semakin reputasi bisnis anda tumbuh, semakin berharga merek anda. Merek juga dapat berkembang dari satu industri ke industri lainnya. Bahkan sebuah merek dapat membantu bisnis anda diakuisisi oleh perusahaan yang lebih besar.

Merek adalah aset properti, mirip dengan membangun properti yang dapat dibeli, dijual, dan dilisensikan (seperti menyewakan properti), atau digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman guna mengembangkan bisnis anda.

Biaya Pendaftaran Merek

Tarif pendaftaran hak merek berkisar antara Rp 500.000 (untuk usaha mikro dan kecil) hingga Rp 2.000.000 (untuk umum). Tentu hal ini tidak terlalu memberatkan pengusaha untuk mendapatkannya, mengingat nilai merek bisa lebih tinggi.

Merek anda tidak akan kedaluwarsa selama anda masih menggunakan dan memperbarui merek sesuai dengan peraturan anda. Banyak merek sudah ada selama sejak lama, seperti merek Mercedes yang ada pada tahun 1900.

Oleh karena itu, sebelum anda menginvestasikan waktu dan uang untuk meluncurkan merek baru, lakukan beberapa pengujian terlebih dahulu. Sebelum daftar hak merek, anda perlu mencari tahu dan memastikan bahwa merek anda tidak melanggar hak siapa pun atau memiliki kesamaan dengan merek yang sudah ada.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan