Bagaimana Menuju Lokasi Raja Ampat di Papua? Cari Tahu Caranya Disini

— Diupdate November 23, 2022
Raja  Ampat
Raja Ampat oleh I Made Adi Dharmawam, wikimedia, lisensi CC-SA 4.0

Indonesia tidak pernah kehabisan tempat wisata karena hampir setiap provinsi dan kota memiliki tempat wisata masing-masing. Salah satunya adalah provinsi Papua yang banyak sekali tempat wisata, salah satunya adalah Raja Ampat. Masyarakat tentunya sudah tahu mengenai tempat wisata Raja Ampat ini sehingga banyak yang memiliki impian untuk pergi ke tempat yang indah ini suatu saat nanti. 

Jaraknya yang bisa dikatakan jauh dari kota besar tentunya membuat biaya liburan yang harus dikeluarkan juga sangat banyak. Bahkan ada orang yang rela menabung untuk bisa pergi ke Papua dan menikmati Raja Ampat selama beberapa hari.

Bagi yang sudah memiliki uang yang cukup untuk ke Raja Ampat, maka perlu mengetahui bagaimana menuju lokasi Raja Ampat yang ada di Indonesia bagian timur ini yang hanya bisa dilalui dengan transportasi udara dan juga laut. Berikut ini akan dijelaskan akses yang harus dilewati wisatawan untuk menuju kawasan Raja Ampat.

Transportasi udara

Bagi yang berada di luar Provinsi Papua seperti Pulau Jawa atau daerah lainnya tentunya harus naik pesawat terlebih dahulu untuk tujuan Sorong. Jika sudah sampai di Sorong, maka pilihan pertama adalah menggunakan transportasi udara yang akan menghabiskan waktu kurang lebih setengah jam. 

Untuk bisa ke Raja Ampat dengan transportasi udara, maka wisatawan bisa datang ke Bandara bernama Domine Eduard Osok yang ada di Sorong menuju Bandara Marinda yang ada di Raja Ampat menggunakan pesawat kecil.

Transportasi laut

Selain menggunakan pesawat kecil, wisatawan bisa memilih transportasi laut tetapi waktu yang dibutuhkan biasanya lebih lama berkisar 1 hingga 2 jam tetapi biayanya lebih murah dibanding melalui udara. Bagi yang memilih transportasi laut maka bisa datang ke Pelabuhan Rakyat Sorong yang jaraknya juga sangat dekat dari Bandara. Setelah menaiki kapal laut maka akan langsung menyebrang menuju Pelabuhan Waisai dekat Raja Ampat.

Setiap orang bebas memilih transportasi untuk menuju Raja Ampat karena keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan. Setelah sampai di Raja Ampat, tentunya tidak perlu terlalu lama beristirahat sebaiknya bisa langsung berpetualang ke beberapa tempat wisata yang ada disana. Berikut ini ada salah satu tempat wisata favorit yang biasanya dikunjungi para wisatawan.

Bukit Pianemo

Jika pernah kesini tentunya tidak melewatkan tempat indah yang satu ini yaitu Bukit Pianemo. Setiap wisatawan harus menaiki tangga yang jumlahnya ratusan untuk sampai ke atas bukit dan menikmati pemandangan yang luar biasa. Jika di tengah perjalanan merasa lelah maka sebaiknya istirahat karena sudah disediakan pondok kecil untuk wisatawan yang datang ke bukit ini. Setelah sampai di atas bukit, tentunya wisatawan akan dihadirkan pesona yang luar biasa mengagumkan.

Setelah selesai menaiki bukti Pianemo maka bisa menuju spot yang lainnya agar merasa puas berlibur di Raja Ampat. Setelah merasa puas, maka bisa melanjutkan perjalanan liburan lagi ke tempat lain, salah satu rekomendasinya adalah ikut Labuan Bajo trip yang ada di NTT yang juga akan membuat wisatawan merasa kagum dan terpesona.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan