5 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini dan Tips Suksesnya

— Diupdate Januari 13, 2023
5 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini dan Tips Suksesnya

Sebagai pemula dalam berbisnis, ada beberapa usaha makanan paling laris saat ini dan bisa dicoba. Ya, bidang usaha makanan memang memiliki prospek yang bagus dengan pendapatan cukup menjanjikan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai macam-macam usaha makanan yang dapat dicoba, yuk simak ulasan berikut.

Jenis Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

Perlu diketahui, bidang usaha kuliner biasanya akan cepat laris sebab semua orang membutuhkan makanan setiap hari. Namun, dalam mencapai keberhasilan bisnis, perlu adanya inovasi agar tidak ketinggalan zaman. Adapun beberapa jenis usaha makanan yang dapat dicoba, terutama bagi pemula, antara lain:

1. Usaha rice bowl

Salah satu usaha makanan yang paling laris dan bisa pilih sebagai bisnis pertama adalah rice bowl. Konsep rice bowl sendiri, yakni makanan cepat saji yang memiliki cita rasa unik dan enak sehingga cukup diminati para pelanggan.

Usaha rice bowl
Rice Bowl, sumber: food.detik.com

Rice bowl pada umumnya disajikan dalam bentuk paket nasi dengan lauk pauknya, sayur, serta sambal pilihan. Dengan konsep ini, tentu konsumen akan merasa praktis dan tidak repot memilih menu. Jika ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan, pastikan untuk melakukan kreasi pada menu makanan.

2. Olahan tahu

Olahan tahu memang masih menjadi minat banyak orang karena cukup bervariasi kehadirannya. Salah satu olahan dari tahu yang bisa dijadikan sebagai pilihan dalam memulai bisnis adalah tahu crispy.

Olahan tahu
Olahan Tahu

Pembuatan tahu crispy sendiri cukup mudah, yakni dengan taburan tepung sehingga saat digoreng terasa lebih enak dan gurih. Tak hanya itu, usaha tahu crispy dapat dipastikan selalu laku, terutama di kawasan ramai orang, seperti sekolah, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan.

3. Martabak

Martabak
Martabak manis

Martabak menjadi makanan manis paling populer dan diminati karena hadir dengan beragam topping atau isian. Untuk memulai usaha martabak, pemula cukup belajar cara membuatnya agar lebih enak dan lakukan inovasi dengan topping-topping yang baru.

4. Dimsum

Bisnis makanan paling laris selanjutnya adalah dimsum. Dikatakan laris, sebab saat ini sudah sangat mudah menemukan kedai atau restoran yang menjual dimsum. Dimsum sendiri merupakan makanan kukus ala Tiongkok yang memiliki beberapa varian dengan rasa enak dan lembut.

dimsum
Dimsum - Dumpling

Beberapa dimsum yang paling disukai, yakni isi ayam, kepiting, serta udang. Namun, isian pada dimsum juga bisa dikreasikan sendiri untuk menarik pelanggan. Ketika ingin menjual makanan satu ini, pastikan juga dilakukan secara offline maupun online.

5. Usaha burger kekinian

Usaha burger kekinian
Usaha burger kekinian

Burger kekinian termasuk menu makanan modifikasi dari burger yang sudah ada sejak dahulu. Makanan cepat saji satu ini bisa dikreasikan agar menjadi burger yang lezat. Apabila bosan dengan isian keju, burger bisa dimodifikasi menjadi beef burger, egg burger, atau chicken burger.

Tips Sukses dalam Memulai Karir Bisnis Makanan

Tips mencapai keberhasilan dalam memulai usaha makanan bisa dilakukan dengan mudah, misalnya melihat resep atau bahan-bahan pembuatan di youtube atau blog. Apabila berminat untuk membangun bisnis kuliner, berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Pilih makanan yang mudah dibuat

Dalam mulai bisnis kuliner, hal paling penting yang harus diperhatikan adalah menguasai makanan itu sendiri. Karena itu, pastikan untuk memilih makanan yang mudah dibuat. Beberapa hal lain yang bisa dilakukan adalah mencari tahu cara memasak makanan maupun membuat adonannya.

2. Inovasi produk

Tips agar bisnis kuliner bisa sukses selanjutnya, yakni melakukan inovasi produk. Dengan melakukan inovasi-inovasi, maka konsumen akan mudah tertarik untuk mencicipi produk yang baru dijual.

3. Tidak plagiarisme

Sebagai pemula dalam dunia bisnis kuliner, ada baiknya makanan yang akan dijual memiliki keunikan sendiri dan tidak plagiat. Jika melihat kompetitor, pastikan ada perbedaan antara menu dan jenis makanan yang dibuat.

Demikian informasi terkait usaha makanan paling laris saat ini dan beberapa tips agar bisnis bisa sukses. Selain kerja keras, ingat untuk selalu memperhatikan kemauan konsumen agar usaha dapat bertahan lama, ya.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan