Cara Memulai Toko Kelontong Kecil Kecilan Yang Harus Anda Ketahui

— Diupdate Januari 13, 2023
Cara Memulai Toko Kelontong Kecil Kecilan Yang Harus Anda Ketahui

Jika Anda ingin memulai toko kelontong kecil kecilan ada baiknya Anda mengetahui caranya terlebih dahulu. Hal ini perlu Anda lakukan guna menghindari kerugian yang mungkin dapat terjadi di masa depan.

Toko Kelontong Kecil Kecilan

Untuk sebuah toko kelontong ada beberapa cara yang harus Anda lakukan, agar toko Anda tersebut bisa sukses dan meraup banyak keuntungan. Adapun cara yang harus Anda lakukan untuk memulai toko kelontong adalah sebagai berikut:

1. Pilih Lokasi Strategis

Memilih lokasi yang strategis untuk usaha toko kelontong adalah hal penting yang harus Anda lakukan. Sebab dengan mendirikan toko kelontong di lokasi yang strategis, maka kesempatan Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan akan semakin tinggi. Lokasi strategis di sini maksudnya adalah memiliki akses yang mudah dilalui kendaraan, serta banyak orang yang melintasi daerah tersebut. Jadi jika rumah Anda sudah memenuhi persyaratan tersebut, Anda tidak perlu menyewa ruko.

2. Sesuaikan Modal Dengan Barang Dagangan

Seperti yang Anda ketahui, barang yang dijual ada banyak jenisnya. Sehingga Anda tidak harus menyediakan banyak barang untuk Anda jual. Cukup sesuaikan saja dengan modal yang Anda miliki. Jika modal Anda tidak terlalu banyak, maka Anda cukup menyediakan kebutuhan rumah tangga yang sederhana saja. Misalnya seperti gas, air minum isi ulang, beras, sabun, sampo, dan lain sebagainya. Nanti seiring waktu, ketika modal Anda telah banyak, Anda dapat sedikit demi sedikit menambah jenis barang dagangan Anda.

3. Cari Tahu Kebutuhan Pembeli

Saat akan membuka toko kelontong, ada baiknya jika Anda melakukan survei mengenai barang apa saja yang banyak dibutuhkan pembeli. Jika Anda telah mengetahui barang yang banyak dibutuhkan pembeli maka Anda harus menyediakan barang tersebut. Dengan menjual barang yang banyak dibutuhkan pembeli, keuntungan yang Anda peroleh akan semakin besar.

4. Menyediakan Tempat Untuk menyimpan Stok Barang

Maksud dari menyediakan tempat untuk menyimpan stok barang di sini bukan menyediakan tempat untuk menimbun barang. Artinya menyediakan tempat untuk menyimpan stok yang dimiliki, namun masih dalam jumlah batas yang wajar. Sebab bagaimanapun Anda harus tetap memiliki stok. Hal ini agar ketika ada barang di etalase yang habis dan kemudian ada seseorang yang ingin membeli barang tersebut, Anda tidak harus langsung mendatangi pemasok untuk bisa memenuhi keinginan pembeli tersebut.

5. Bekerja sama Dengan Pemasok yang Memberikan Penawaran Terbaik

Anda harus bekerja sama dengan pemasok yang memberikan Anda penawaran terbaik. Sebab membeli stok dari pemasok yang menawarkan barang bagus dengan kualitas baik tentunya lebih menguntungkan untuk toko kelontong Anda. Oleh karena itu agar Anda bisa mendapatkan pemasok yang mau memberikan penawaran yang bagus, Anda perlu memperluas koneksi yang Anda miliki. Anda bisa meminta rekomendasi kepada sahabat atau keluarga Anda, atau bergabung dengan komunitas yang bisa menghubungkan Anda dengan pemasok tersebut. 

6. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pembeli

Memberikan layanan terbaik kepada pembeli harus Anda lakukan, sebab dengan begitu para pembeli menjadi suka untuk berbelanja di toko kelontong Anda. Dengan memberikan pelayanan terbaik, besar kemungkinan membuat pembeli menjadi loyal kepada Anda. Selain itu memberikan pelayanan terbaik akan membuat citra toko kelontong Anda menjadi positif di mata masyarakat.

Nah itulah informasi singkat mengenai cara memulai toko kelontong kecil kecilan yang harus Anda ketahui. Semoga informasi singkat mengenai cara memulai toko kelontong tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan