Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar bagi Ibu Rumah Tangga

— Diupdate Januari 13, 2023
Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar bagi Ibu Rumah Tangga

Bagi ibu rumah tangga yang sudah terbiasa dengan pekerjaan sehari-hari tentu mudah untuk menyisihkan waktu. Waktu ini bisa dimanfaatkan untuk berbisnis, ada banyak contoh usaha modal kecil yang bisa ditiru para ibu rumah tangga.

Selama tekun melakukannya, keuntungan tinggi pun bisa didapatkan. Mari simak apa saja model usaha yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Termasuk juga tips agar bisa sukses.

Sederet Contoh Usaha Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Membuka usaha sendiri tidak harus dengan modal besar. Apalagi ibu rumah tangga yang modalnya berasal dari uang tabungan. Mulai dari ratusan ribu rupiah, ada beberapa contoh usaha yang bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Usaha Katering

Pintar memasak? Banyak yang memuji hasil makanan yang Anda buat? Pujian ini bisa jadi peluang untuk membuat usaha katering. Tidak harus katering besar untuk acara pernikahan, kamu juga bisa membuat katering kecil.

Misalnya menerima pesanan makan siang untuk karyawan kantor. Bisa juga menerima katering sehat untuk diet. Anda bisa membuat paket katering dengan kualitas dan harga murah sebagai daya tariknya. Perbanyak pemasaran supaya tidak sedikit yang tahu usaha Anda ini.

2. Usaha Camilan 

Masih berhubungan dengan kuliner, Anda bisa menjual camilan yang notabene begitu banyak disukai. Siapa orang Indonesia yang tidak suka camilan? Makanan ringan ini begitu banyak dicari sehingga jadi peluang untuk usaha.

Anda bisa membuka usaha camilan yang ditimbang atau sudah dikemas ulang. Jika Anda memiliki resep camilan khusus bisa juga membuat dan menjualnya sendiri. Camilan termasuk makanan yang awet sehingga Anda bisa menyimpannya cukup lama.

3. Usaha Terima Jahitan 

Profesi sebagai penjahit juga sangat menguntungkan bagi ibu rumah tangga. Modal yang dibutuhkan adalah benang, jarum, mesin jahit dan tentunya keterampilan menjahit. Anda bisa membuka usaha terima jahitan hingga permak. 

Biaya sekali membuat pakaian saat ini cukup tinggi hingga ratusan ribu. Selama Anda meningkatkan kemampuan menjahit, pandai membuat pola yang mengikuti tren atau sesuai keinginan konsumen tentu usaha yang dibuat akan semakin terkenal.

4. Jasa Penitipan Pembelian

Dikenal juga dengan sebutan jastip, Anda bisa menerima jasa penitipan pembelian barang. Sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang sering pergi berbelanja. Anda hanya perlu membuat akun di sosial media kemudian menawarkan barang yang sedang dijual.

Biasanya barang ini dijual di mall atau supermarket dan ditawarkan kepada ibu rumah tangga atau orang lain yang tidak sempat untuk belanja sendiri. Terkadang barang limited edition juga jadi produk yang paling dicari dalam jasa ini.

5. Usaha Dropship

Jika ingin usaha yang hanya membutuhkan modal internet saja, Anda bisa memilih usaha dropship. Usaha ini hanya memerlukan keterampilan Anda dalam menawarkannya di marketplace atau akun sosial media.

Kunci suksesnya adalah berhasil bekerja sama dengan supplier terpercaya. Dalam usaha ini Anda tidak perlu membeli atau menumpuk barang di rumah. Pasalnya supplier yang akan mengirim langsung ke konsumen.

6. Usaha Jual Tanaman

Beda lagi jika Anda adalah ibu rumah tangga yang hobi bercocok tanam. Maka menjual tanaman bisa jadi usaha yang dipilih. Dalam usaha ini Anda hanya perlu menyediakan tanaman yang sedang dicari dan berusaha dengan baik untuk membuatnya segar dan tumbuh baik.

Penawaran tanaman kini tidak harus membuka toko sendiri. Anda bisa menawarkannya secara online dan barang bisa dikirim. Jauh lebih praktis dan keuntungannya juga lumayan tinggi.

Inilah contoh usaha modal kecil yang bisa ditekuni oleh para ibu rumah tangga. Selama Anda tekun usaha pun bisa dikembangkan menjadi lebih besar.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan