Melatih kemampuan kognitif anak dengan bermain game digital

— Diupdate Januari 16, 2023
Melatih kemampuan koognitif anak dengan bermain game digital

Bermain game umumnya dianggap sebagai sesuatu yang tidak berguna, membuang-buang waktu dan tidak produktif sama sekali. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena sekarang ini banyak loh game terutama game digital yang justru membuat anak menjadi lebih produkif serta melatih perkembangan kognitif anak usia dini.

Menurut hasil penelitian dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), game sangat berguna dalam meningkatkan logika dan pemahaman pemain terhadap suatu masalah melalui proyek game yang dinamai Scratch, artinya game edukasi dapat menunjang proses pendidikan.

Manfaat bermain game simulasi untuk anak

Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, game bukanlah sekedar hiburan yang mampu memberikan efek negatif, tapi beberapa jenis game terutama yang bergenre digital mampu memberi manfaat yang besar bagi perkembangan kemampuan anak. Berikut 5 manfaat lengkapnya:

1. Memperkuat Daya Ingat Anak

Setiap game digital dibuat menggunakan prinsip-prinsip tertentu yang membuat para pemainnya terus mengulang permainan sampai tujuan permainan bisa dicapai. Proses pengulangan ini akan melatih daya ingat yang kuat pada anak.

2. Merangsang Motivasi Belajar Anak

Banyak game digital yang tersedia dalam bentuk simulasi edukatif yang sangat menarik seperti perhitungan dan sebagainya. Hal ini akan membuat anak-anak untuk serius bahkan harus belajar berhitung saat memainkan game tersebut. Dengan kata lain akan merangsang motivasi anak untuk belajar.

3. Mendukung Pembelajaran Personal

Bermain game digital juga mendukung anak belajar secara personal. Game menarik minat merekaumumnya dapat menyediakan lingkungan yang terstruktur dan menarik untuk belajar: Dengan mengikuti aturan game dan berusaha mencapai tujuan, anak-anak dapat tetap termotivasi untuk mempelajari hal-hal baru secara mandiri.

4. Melatih Kemampuan Bahasa Asing

Banyak atau bahkan mungkin bisa dibilang mayoritas  game yang ada tersedia dalam berbagai pilihan bahasa asing. Bahkan kebanyakan game tersebut tidak menyediakan bahasa Indonesia tapi hanya bahasa Inggris saja dan bahasa asing lainnya. Jadinya anak bisa mengetahui arti kata-kata dasar bahasa Inggris. Tentunya hal ini bisa melatih kemampuan bahasa asing mereka menjadi lebih baik.

5. Melatih Kemampuan dalam Berpikir

Manfaat berikutnya adalah melatih kemampuan berpikir anak. Game edukasi, simulasi, puzzel dan petualangan dapat mempromosikan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis: Banyak yang  mengharuskan pemain untuk memecahkan teka-teki atau membuat keputusan yang memengaruhi hasil permainan. Ini dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis yang penting dan juga kreativitas.

Bermain game sendiri merupakan hak anak yang harus dipenuhi. Meski begitu, sebagai orang tua, adalah hal yang wajib untuk tetap mengarahkan dan membimbing anak dalam memilih permainan yang cocok dan mengedukasi. Apalagi mengingat permaian ini hanya sebagai bahan pembelajaran tambahan bukan pengganti bahan pembelajaran konvensional.

Tips bagi orang tua yang anaknya yang doyan bermain game

Lalu apa sih yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua yang anaknya senang bermain game? Berikut ini empat tips bagi Anda para orang tua yang memiliki anak usia dini yang suka bermain game:

1. Mengarahkan anak untuk memilih game yang sesuai

Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui jenis game apa yang sedang dimainkan oleh anak. Apakah game berjenis action atau genre lainnya. Anda harus selalu bisa memastikan bahwa game yang mereka mainkan sesuai dengan umur mereka.

2. Memilih game yang memiliki efek positif

Dengan bermain game anak bisa mempelajari banyak hal positif, seperti pengambilan keputusan, mengatur strategi, memanage waktu, sampai berkomunikasi dengan orang lain. Meski begitu banyak juga efek negatif yang secara blatan menginfeksi anak.

Sebagai orang tua, Anda hendaknya bisa pintar-pintar dalam membantu anak memilah game yang cock untuk mereka.

3. Mendampingi anak dalam bermain game

Sangat penting bagi orang tua untuk selalu mendampingi anak saat bermain game. Pasalnya peran Anda tidak hanya memantau tetapi juga mengarahkan sehingga anak bisa mengambil sisi positif dari game tersebut.

Anda bahkan bisa ikut terjun dan bermain dengan anak secara langsung. Hal tersebut tentu membuat bermain game menjadi lebih menyenangan buat anak. Tidak menutup kemungkin anak Anda akan meminta Anda untuk menemaninya bermain game untuk seterusnya.

4. Membatasi waktu bermain game secara wajar

Sangat penting bagi orang tua untuk membatasi waktu bermain game bagi anak jangan sampai memakan waktu untuk kegiatan lainnya terutama waktu belajar. Untuk har-hari sekolah, Anda bisa membatasi waktu bermain game anak misalnua satu jam perhari dan dua sampai tiga jam di waktu libur.

Rekomendasi game simulasi untuk anak

Terdapat banyak sekali permainan-permainan berjenis simulasi edukatif yang tersedia yang bisa dimainkan secara gratis. Game sejenis ini tentu jauh lebih baik untuk anak-anak karena memiliki nilai positif yang lebih banyak.

Game sejenis ini mampu menstimulasi dan mengembangkan kemampuan kognitif anak, yang membuat mereka lebih berkembang secara perhatian, penggunaan bahasa, daya ingat, persepsi, pemecahan masalah, kreativitas, dan pola pikir.

Salah satu website yang menyediakan game bertema tersebut di atas Mortgage Calculator yang memiliki sangat banyak pilihan game menarik untuk anak-anak Anda. Setidaknya terdapat 65 game yang tersedia di sana.

Game yang disediakan berbasis flash web dan online jadi untuk memainkannya cukup dengan menyediakan koneksi internet serta alat perambaan terupdate pada perangkat gadget dengan layar lebar seperti laptop atau tablet.

Berikut ini beberapa rekomendasi permainan dari Mortgage Calculator yang bisa Anda akses secara bebas untuk dimainkan oleh anak Anda:

1. Cash Back

Cash Back

Game yang satu ini cukup menarik. Sangat cocok untuk dimainkan anak dan ditemani oleh orang tuanya. Pada game ini pemain akan bertindak sebagai kasir. Di sebelah kiri layar terdapat objektif atau tugas yang harus dikerjakan berupa jumlah barang yang dibeli pelanggan, uang yang dibayarkan. Selanjutnya pemain harus menghitung uang yang akan dikembalikan kepada pembeli.

Saat deskripsi belanjaan dan harganya sudah muncul, pemain cukup mengklik satuan mata uang kembalian yang terdapat di sebelah kanan. Uang tersebut tersedia dalam beberapa pecahan mulai dari satu sen sampai dengan seratus dolar.

Game ini sangat cocok untuk dimainkan anak-anak yang sudah mulai belajar berhitung. Mereka bisa berlatih menghitung angka bulat sampai angka desimal. Level yang tersedia juga dari mudah sampai sulit. Pada level sulit ini, harga belanjaan bukan lagi dalam bilangan buat ditambah lagi pemain harus menyelesaikannya dengan cepat sebelum waktu permainan habis.

Mainkan Cash Back

2. Construct A Bridge

Construct A Bridge

Berikutnya game yang akan melatih kemampuan berpikir serta kreativitas. Pada game ini pemain harus membangun sebuah jembatan yang menghubungkan tebing satu dengan tebing lainnya menggunakan balok besi yang tersedia agar bisa dilewati kendaraan. 

Di sini anak akan melatih kreativitas mereka dalam menyusun baluk besi menjadi jembatan. Tidak hanya sekedar menyusun, namun harus menggunakan perhitungan agar bangunannya kokoh dan sesuai dengan jumlah balok yang tersedia.

Jika konstruksinya kurang tepat maka saat dilewati kendaraan jembatan akan roboh dan kendaraan pun akan jatuh ke dalam jurang. Pemain harus mengulangi level tersebut sampai menghasilkan konstruksi jembatan terbaik. Semakin tinggi level maka tinggat kesulitannya juga tinggi.

Mungkin banyak yang sudah familiar dengan permainan yang satu ini pasalnya sudah cukup populer dimainkan di perangkat android. Tidak menarik untuk anak-anak, bahkan permainan ini cukup seru dimainkan oleh orang dewasa.

Mainkan Construct A Bridge

3. Supermarket Numbers

Supermarket Numbers

Game berikut ini bernama Supermarket Numbers.Pada game ini pemain tidak akan membeli barang di supermarket melainkan melakukan perhitungan dari angka-angka yang tersedia pada kotak sesuai dengan objektif yang sudah ditentukan.

Cara memainkannya cukup mudah, cukup mengklik setiap angka agar jumlahnya sesuai dengan objektif. Misalkan 5, maka cukup mengklik angka 2 dan 3 atau jika angka 5 tersedia maka cukup memilih angka tersebut.

Perhitungannya juga tidak sebatas penjumlahan, tetapi terdapat perkalian, minus, dan pembagian. Pemain harus bisa meyelesaikan setiap level tepat waktu. Kesulitan permainan pun akan meningkat di setiap levelnya. Game ini sangat cocok untuk melatih kemampuan anak berhitungan, melatih efisiensi, kecermatan, kecepatan serta kemampuan menentukan pilihan.

Mainkan Supermarket Numbers

4. Real Estate Tycoon

Real Estate Tycoon

Berikutnya adalah game yang bisa meningkatkan kemampuan bisnis anak. Pemain dituntut untuk bermain sebagai pebisnis di bidang Real Estate. Pilihan game ada dua yaitu time trial dan career mode dan cara memainkannya pun sangat mudah.

Pada layar akan muncul bangunan baik berupa rumah maupun gedung lainnya. Pada bangunan tersebut terdapat nilai dari bagungan tersebut yang akan meningkat atau menurun seiring berjalannya waktu. Tugas pemain adalah membeli bangunan tersebut saat harganya sedang murah kemudian menjualnya lagi saat harganya sedang naik.

Bangunan yang muncul juga dengan harga yang berbeda-beda, inflasi dan deflasinya juga berjalan dengan singkat singkat pemain harus cermat. Hasil penjualan berikutnya bisa digunakan untuk membeli bangunan lainnya. Begitu seterusnya sampai jumlah uang hasil penjualan sudah mencapai target yang ditentukan oleh sistem permainan.

Game sangat cocok untuk melatih ketelitian, kemampuan melihat peluang serta kemampuan menentukan pilihan.

Mainkan Real Estate Tycoon

5. Merge Block

Merge Block

Merge Block merupakan game dimana pemain harus menggabungan bangunan kecil serupa menjadi bangunan yang lebih besar. Setiap bangunan sama yang akan bergabung saat membentuk pola bersusun seperti L. Pada sebelah kiri bawah terdapat urutan bangunan yang akan dimunculkan.

Pemain cukup mengklik area kosong di dekat bangunan serupa untuk menggabungkannya. Jika pemain tidak mampu menggabungkan bangunan dengan cepat, maka semakin lama papan akan penuh sehingga pemain tidak bisa bergerak lagi dan akhirnya game over. Untuk setiap seribu poin yang terkumpul maka pemain bisa mendapakan satu palu.

Palu ini berfungsi untuk menghancurkan bangunan yang dianggap tidak perlu atau membuat jalan menjadi buntu. Game yang satu ini cukup menarik untuk anak-anak. Mereka akan dilatih untuk berpikir dan membangun strategi yang tepat untuk bisa mendapatkan skor setinggi mungkin.

Mainkan Merge Block

Masih ada banyak lagi permainan menarik yang bisa dimainkan anak anda di Mortage Calculator namun admin tidak bisa me-review semuanya. Silahkan cek saja situnya menggunakan tautan yang sudah saya sebutkan di atas.

Penutup

Membiarkan anak bermain game digital tentu tidak selamanya memberikan efek negatif. Banyak jenis game yang bersifat edukatif mampu meningkatkan kemampuan kognitif seperti pemahaman dan penilaian dan penyelesaian masalah. Namun tentunya dengan beberapa syarat seperti membimbing anak dan membantu mereka memilihkan jenis game yang bisa mereka mainkan, menemani serta menenerapkan batasan waktu bermain game yang tepat agar waktu untuk belajar dan bermain dengan teman-temannya tidak terganggu.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan