Deretan Peluang Usaha Sampingan untuk Siswa SMK

— Diupdate Januari 13, 2023
Deretan Peluang Usaha Sampingan untuk Siswa SMK
https://smkn4pekanbaru.sch.id/

Bukan hanya mahasiswa yang berpeluang untuk menjadi wirausahawan, para pelajar SMK juga bisa memulainya. Ada banyak peluang usahamenguntungkan yang bisa dilakukan pelajar SMK saat ini.

Peluang-peluang ini perlu dimanfaatkan pelajar SMK sehingga lebih mudah untuk mandiri ketika lulus sekolah nanti. Kamu pelajar SMK bisa memilih untuk melanjutkan bisnis sehingga tidak harus menganggur terlalu lama. Cek apa saja peluangnya.

5 Jenis Peluang Usaha bagi Siswa SMK

Hal penting yang harus diperhatikan kamu siswa SMK yang ingin melakukan usaha sendiri adalah bisa membagi waktu dengan benar. Jika terlalu berat bisa meminta bantuan kerabat untuk ikut menjalankan bisnis ini.

Untungnya beberapa peluang berikut tidak memberatkan dan cenderung hanya memerlukan modal sedikit. Berikut ini beberapa idenya.

1. Dropship

Usaha dropship jauh lebih menguntungkan bagi siswa SMK dibandingkan reseller. Modal yang diperlukan adalah ponsel dan juga internet. Kamu yang tertarik hanya perlu membuat akun di marketplace, mencari supplier dan posting produk.

Sisanya tinggal menunggu konsumen sambil terus posting produk yang menarik. Tidak perlu sama sekali menyimpan produk sendiri karena supplier akan mengirimkan langsung ke konsumen sesuai pesanan. Hanya saja kamu harus pandai dalam memilih konsumen.

2. Jual Pulsa dan Kuota

Usaha ini tidak akan memakan banyak waktu dan bisa dijalankan ketika ada konsumen saja. Konsumennya bisa teman atau kerabat dekat. Kamu hanya perlu mencari mana supplier pulsa dan kuota yang menawarkan harga murah sehingga ketika menjualnya kembali tidak terlalu mahal.

Selain itu modal yang dibutuhkan juga berupa smartphone dan kuota internet. Pastikan kamu mudah dihubungi dan hanya melayani konsumen yang terpercaya. Hindari teman yang suka berhutang agar tidak rugi.

3. Berjualan Kerajinan Tangan

Apakah kamu memiliki hobi untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan? Manfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis sendiri. Kerajinan tangan yang dibuat karena hobi ini memiliki nilai jual dan tidak sedikit yang tertarik untuk membelinya.

Baik itu kalung, tas bahkan pakaian bisa jadi produk kerajinan tangan yang kamu jual. Selain menjualnya ke teman dan kerabat kamu bisa membuka toko online layaknya dropship tadi. Mengingat aksesoris bukanlah barang yang mudah rusak kamu bisa menjualnya dengan santai.

4. Penerjemah

Memiliki keahlian berbahasa asing? Kamu bisa memanfaatkan keterampilan ini untuk menjadi pekerja lepas sebagai penerjemah. Saat ini ada begitu banyak literatur asing yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Supaya lebih lancar kamu juga bisa memanfaatkan tools penerjemah yang sekarang banyak tersedia.

Supaya mendapatkan pekerjaan, kamu bisa mengikuti beberapa platform freelance yang tersedia gratis. Selama kamu terus mengasah keterampilan tentu saja akan banyak pekerjaan yang mampir. Bahkan pekerjaan ini nantinya bisa jadi portofolio saat melamar kerja nanti.

5. Ilustrator

Jasa desain atau ilustrator juga bisa jadi pilihan usaha selanjutnya bagi kamu yang memiliki keterampilan di bidang ini. Tidak jauh berbeda dengan penerjemah tadi, bidang pekerjaan ini bisa kamu ambil secara lepas. Bahkan bukan hanya berasal dari Indonesia tetapi juga dari luar negeri.

Kapan lagi kamu bisa merasakan karya yang dibuat dibayar dengan dollar? Tentunya kamu tidak perlu bingung lagi dengan uang saku. Supaya kamu bisa bertahan dan menjalankan usaha ini pastikan untuk terus meningkatkan kemampuan. 

Jadi peluang usaha mana yang membuatmu tertarik? Pastikan jika sudah menekuni salah satu kamu bisa menggunakan modal dengan bijak. Catat keuangan secara teratur dan selalu manfaatkan media sosial untuk bisa berkembang.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan