Traveling Lebih Seru dan Hemat dengan Bus Pahala Kencana

— Diupdate Januari 13, 2023
Traveling Lebih Seru dan Hemat dengan Bus Pahala Kencana

Bagi kamu yang kerap melancong ke berbagai kota di Indonesia dengan menggunakan bus? Jika ya, pastinya sudah kenal dengan armada Pahala Kencana. Ya, Pahala Kencana merupakan salah satu Perusahaan Otobus (PO) terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal armadanya yang selalu prima, Pahala Kencana juga menghadirkan pelayanan maksimal untuk setiap penumpangnya.

Bahkan, Pahala Kencana meraih penghargaan dari Kementerian Perhubungan RI untuk kategori Bus AKAP non-ekonomi bintang empat tahun 2017 silam. Kini, Pahala Kencana telah memiliki lebih dari 90 rute perjalanan di seluruh Indonesia dan variasi armada  yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu selama perjalanan seperti bus kelas ekonomi, eksekutif, VIP, dan patas AC.

Nah, sebagai salah satu PO bus terpopuler di Indonesia, tentu penting untuk mengetahui asal usul, sejarah, hingga cara pesan tiket Pahala Kencana. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Serba Serbi Tentang Pahala Kencana

Pahala Kencana mulai merintis bisnis di dunia transportasi sejak tahun 197 oleh Hendro Tedjokusumo. Mulanya, Pahala Kencana hanya beroperasi dengan melayani dua rute yakni Kudus-Jakarta dan Solo-Jakarta. Seiring pertumbuhan bisnis yang baik, Pahala Kencana lantas memperluas rute perjalanannya hingga menjadikannya sebagai salah satu PO bus terbesar di Indonesia di tahun 1990-an.

Tahun 1993, Pahala Kencana melebarkan unit bisnisnya dengan merambah bisnis ekspedisi bernama Pahala Express serta biro perjalanan wisata yakni PT Pahala Tours & Travel. Tujuh hari setelah pembukaan biro perjalanan wisata, Pahala Kencana kembali memperluas bisnisnya dengan membuka layanan bus pariwisata dan sewa kendaraan yakni Nirwana Luxury Tourist Bus.

Selanjutnya, kantor pusat PT Pahala Kencana pun beralih ke Jl. Gading Bukit Raya Blok C No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kini, PO bus asal Kudus tersebut telah melayani sedikitnya 86 rute bus dan menjangkau berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Madura, dan Bali.

Tipe Bus Pahala Kencana

Ada tiga kelas bus yang ditawarkan oleh Pahala Kencana yakni kelas bisnis VIP dan eksekutif.

1. Kelas Bisnis

Pada kelas bisnis, Pahala Kencana memberikan pelayanan dengan tarif ramah di kantong serta fasilitas yang mumpuni seperti kursi yang nyaman, ruang sela kaki yang luas dan ber-AC.

2. Kelas VIP

Sedangkan pada kelas VIP, Pahala Kencana menawarkan fasilitas berupa toilet untuk mendukung kenyamanan kamu selama perjalanan jarak jauh. Selain itu, kelas VIP juga menyediakan kursi yang nyaman dengan jarak kaki luas. Sandaran kursi VIP juga bisa disesuaikan sesuai keinginan juga kebutuhan penumpang sehingga tidak capek atau pegal selama perjalanan. Ada pula berbagai makanan ringan hingga berat yang disediakan untuk kelas VIP. 

3. Kelas Eksekutif

Selain kelas VIP dan bisnis, Pahala Kencana juga menghadirkan kelas eksekutif dengan kenyamanan ekstra. Pada kelas ini, memungkinkan kamu untuk mengatur jarak antar penumpang sehingga lebih nyaman bergerak bebas. Selain itu, kelas eksekutif ini, tersedia juga bantal, selimut,  TV LED, toilet, makanan ringan, dan makanan prasmanan.

Walaupun ada tiga kelas berbeda yang ditawarkan, tapi standar pelayanan Pahala Kencana tetap sama yakni mengusung slogan 'Lebih dari yang Lain'. Pahala Kencana juga berkomitmen untuk memberikan pengalaman bepergian dengan bus yang menyenangkan serta memuaskan penumpangnya.

Untuk pembaruan dan perawatan armadanya, Pahala Kencana pun mendirikan Pahala Maintenance Facility sehingga keamanan dan kenyamanan penumpang tetap maksimal.

Penghargaan yang Diterima

Ketelatenan dalam memberikan yang terbaik untuk penumpangnya, membuat Pahala Kencana mendapatkan sejumlah penghargaan.

Tahun 2015 dan 201 Pahala Kencana memperoleh penghargaan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebagai perusahaan angkutan umum orang AKAP non-ekonomi terbaik untuk kategori perusahaan besar.

Tahun 2017, Pahala Kencana juga berhasil mendapat penghargaan Wahana Tata Nugraha dan penghargaan dari Kementerian Perhubungan RI untuk kategori bus AKAP non-ekonomi bintang empat.

Rute dan Harga Tiket Bus Pahala Kencana 

Berikut ini sejumlah rute populer dan harga tiketnya. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

  • Jakarta-Semarang kelas eksekutif Rp 200.000,-
  • Surabaya-Jakarta kelas eksekutif Rp 260.000,-
  • Semarang -Jakarta kelas VIP Rp 150.000,-
  • Jakarta-Yogyakarta kelas VIP Rp 170.000,-
  • Jakarta-Malang kelas eksekutif Rp 280.000,-
  • Jakarta-Solo kelas VIP Rp 160.000,-
  • Malang-Jakarta kelas eksekutif Rp 280.000,-
  • Surabaya-Semarang kelas eksekutif Rp 230.000,-
  • Yogyakarta-Jakarta kelas VIP Rp 150.000,-
  • Yogyakarta-Bandung kelas eksekutif Rp 170.000,-
  • Bandung-Yogyakarta kelas eksekutif Rp 160.000,-

Cara Beli Tiket Bus Pahala Kencana

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket bus Pahala Kencana, salah satu yang paling mudah ialah membelinya secara online di Traveloka. Selain aman, mudah, dan terpercaya kamu juga bisa mendapatkan banyak diskon. Berikut ini cara beli tiket bus Pahala Kencana di Traveloka.

  • Buka aplikasi Traveloka atau website resminya di ponselmu. 
  • Isi detail bus pada kotak pencarian
  • Lihat jadwal keberangkatan bus yang tersedia
  • Pilih bus yang ingin ditumpangi
  • Isi data pemesan dan penumpang
  • Lakukan pembayaran melalui ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank, kartu kredit, atau pembayaran tunai di minimarket (Alfamart).
  • Bayar sebelum masa yang ditentukan habis. 
  • Traveloka akan mengirimkan e-tiket melalui email dan SMS
edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan