10 Mata uang Crypto dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar

10 Mata uang Crypto dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar

Ketika berbicara tentang Crypto (Cryptocurrency) atau Mata Uang Digital, kita mungkin akan langsung teringat dengan Bitcoin, salah satu mata uang Crypto terpopuler dalam dunia fintech.

Selain bitcoin ada beberapa mata uang Crypto lainnya yang populer seperti Etherum, Dogecoin, Shiba Inu, Tether dan sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa setidaknya ada ribuan jenis mata uang Crypto di luar sana?

Lalu dari sekian banyak mata uang digital ini banyak yang menggunakan nilai Kapitalisasi Pasar dari mata uang tersebut sebagai acuan sebelum berinvestasi. Pasalnya semakin tinggi nilai kapitalisasi pasar Crypto ini maka akan semakin aman pulu untuk dibeli.

Apa Itu Kapitalisasi Pasar (Market Cap)

Kapitalisasi pasar merupakan nilai perusahaan berdasarkan harga pasar sekarang. Rumus dari market cap adalah harga pasar dikalikan dengan jumlah saham beredar.

Nilai yang diperoleh ini umumnya digunakan oleh para investor untuk menilai kualitas sebuah perusahaan. Semiakin tinggi milai kapitalisasi pasarnya maka akan semakin tinggi pula nilai dari perusahaan itu.

Lalu bagaimana konsep kapitalisasi pasar dalam dunia Crypto? Sama saja, hanya saja untuk menentukan nilainya menggunakan perhitungan yang sedikit berbeda yaitu menggunakan mata uang Crypto ini yang notabene adalah produk sebagai variabel.

Cara mengetahui nilai kapitalisasi pasar dari Crypto yaitu dengan mengalikan jumlah mata uang yang beredar dengan harga per-unitnya.

Pengklasifikasian nilai kapitalisasi pasar pada mata uang digital inipun tidak ada bedanya denga kapitalisasi pasar pada umumnya, yaitu large cap, middle, small cap.

10 Mata Uang Crypto Dengan Nilai Kapitalisai Pasar Tinggi

Setelah mengetahui apa itu kapitalisasi pasar, selanjutkan akan kami berikan daftar 10 mata uang Crypto yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar.

Ini bisa menjadi acuan untuk Anda yang ingin mencoba terjun dalam aktivitas jual-beli Cryptocurrency. Untuk acuan kami mengambil data dari situs coinmarketcap.com, berikut daftarnya:

1. Bitcoin (BTC)

Kap Pasar: Rp7.257 Triliun

Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan nama samaran "Satoshi Nakamoto". Bitcoin didesain untuk menjadi sebuah alternatif mata uang yang terdesentralisasi dan tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral.

Bitcoin menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat transaksi secara aman, terpercaya, dan tidak dapat diubah. Setiap transaksi Bitcoin dicatat di dalam blok yang saling terhubung satu sama lain dan terenkripsi dengan kriptografi.

2. Etherum (ETH)

Kap Pasar: Rp3.177 Triliun

Di posisi tertinggi kedua ada Ethereum. Etherum adalah sebuah platform open-source blockchain yang juga menggunakan cryptocurrency yang disebut Etherum juga. Ethereum diciptakan pada tahun 2015 oleh sekelompok pengembang yang dipimpin oleh Vitalik Buterin.

3. Tether (USDT)

Kap Pasar: Rp1.056 Triliun

Tether yang juga dikenal dengan nama Stablecoin merupakan mata uang Crypto yang agak berbeda dengan mata uang crypto lainnya, Tether menggunakan mata uang tradisional dolar atau euro sebagai basis nilainya. niali satu Tether dibuat setara dengan satu dolar. Hal ini membuat Tether tidak se-volatile mata uang crypto lainnya.

4. Binance Coin (BNB)

Kap Pasar: Rp768 Triliun

Binance Coin dikeluarkan oleh Binance, salah satu bursa cryptocurrency terbesar di dunia. Binance Coin awalnya dibuat pada tahun 2017 sebagai bagian dari ICO (Initial Coin Offering) untuk membiayai pengembangan bursa Binance.

5. USD Coin (USDC)

Kap Pasar: Rp637 Triliun

USD Coin sama halnya dengan Tether, mata uang Crypto yang nilainya dibuat setara dengan satu dollar. USDC diciptakan oleh Circle Internet Financial dan Coinbase pada tahun 2018 dan dirancang untuk selalu bernilai satu dolar AS.

6. XRP (XRP)

Kap Pasar: Rp307 Triliun

Dibuat oleh beberapa pendiri yang sama dengan Ripple, sebuah teknologi digital dan perusahaan pemrosesan pembayaran. XRP dapat digunakan di jaringan tersebut untuk memfasilitasi pertukaran berbagai jenis mata uang, termasuk mata uang Fiat dan mata uang Cripto utama lainnya.

7. Cardano (ADA)

Kap Pasar: Rp214 Triliun

Di posisi ke tujuh ada Caradano, sebuah mata uang digitl dikembangkan oleh perusahaan teknologi blockchain bernama Input Output Hong Kong (IOHK). Cardano dirancang untuk menjadi platform blockchain generasi ketiga, yang menawarkan fitur-fitur yang lebih canggih dan efisien daripada platform blockchain generasi sebelumnya seperti Bitcoin dan Ethereum.

8. Binance USD (BUSD)

Kap Pasar: Rp209 Triliun

Binance USD merupakan mata uang Crypto yang dikeluarkan oleh Binance dan Paxos. BUSD juga termasuk dalam kategori stablecoin. Lalu apa bedanyanya antara BUSD dan BNB? BNB adalah token utilitas untuk pembayaran dan diskon biaya perdagangan di Binance Exchange dan Binance Smart Chain (BSC). Sementara itu, BUSD digunakan untuk melakukan lindung nilai terhadap volatilitas pasar Crypto.

9. Polygon (MATIC)

Kap Pasar: Rp188 Triliun

Polygon merupakan token utilitas yang dikembangkan sebagai sebagai alat pembayaran dalam jaringan Polygon. Polygon dulunya dikenal sebagai Matic Network, tetapi kemudian berganti nama pada tahun 2021 untuk mencerminkan perkembangannya menjadi platform blockchain yang lebih kompleks dan multifungsi.

10. Dogecoin (DOGE)

Kap Pasar: Rp180 Triliun

Mata uang Crypto yang satu ini cukup populer akhir-akhir ini. Hal ini tidak terlepas dari cuitan bos Tesla dan Twitter Elon Musk. Pada postingan di akun Twitternya, Elon memajang foto anjing Shiba Inu miliknya. Hal tersebut menggerakan minat banyak orang untuk membeli Dogecoin.

Dogecoin sendiri diciptakan pada tahun 2013 oleh Jackson Palmer dan Billy Markus sebagai parodi atas popularitas Bitcoin pada waktu itu. Nama "Dogecoin" diambil dari meme internet yang populer pada saat itu, yaitu gambar anjing Shiba Inu yang lucu.

Penutup

Bermain jual beli mata uang Crypto menjadi hal yang sangat populer di dunia fintech saat ini. Banyak orang menggunakan nilai kapitalisasi pasar sebagai acuan untuk membeli mata uang digital ini. Hal ini karena semakin tinggi nilai kapitalisasi pasar sebuah mata uang crypto maka akan semakin aman untuk digunakan berinvestasi.

Apakah Anda berniat untuk membeli salah satu dari 10 Mata uang Crypto dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di atas?

Note: Data kapitalisasi pasar yang kami gunakan di atas diambil dari coinmarketcap.com pada tanggal 17 Februari 2023.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan