Jaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan Dengan 5 Tips Kesehatan Berikut

Jaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan Dengan 5 Tips Kesehatan Berikut

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim yaitu musim kering dan musim hujan. Musim hujan di Indonesia biasanya mulai masuk sekitar bulan September dengan puncak di bulan Desember sampai Januari.

Musim hujan merupakan periode dimana curah hujan lebih tinggi daripada biasanya dalam periode waktu tertentu secara tetap. Saat itu suhu menjadi lebih dingin dan kelembapan udara menjadi lebih tinggi. Hal tersebut membuat bakteri, virus dan jamur berkembang dan menyebar dengan mudah.

Tidak heran jika pada saat musim penghujan banyak orang yang terkena penyakit musiman yang disebabkan oleh bakteri maupun virus tersebut seperti flu maupun infeksi saluran pernafasan. Maka dari itu sangat penting untuk selalu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Pada artikel kali ini kamai akan memberikan beberapa tips kesehatan tentang cara menjaga tubuh agar tetap sehat di musim hujan. Silahkan disimak.

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

1. Mengatur Pola Makan Yang Sehat dan Seimbang

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim hujan maka menjaga pola makan yang sehat dan seimbang menjadi salah satu aspek yang sangat krusial.

Tubuh perlu disuplai dengan asupan gizi yang cukup dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat dan seimbang seperti makana yang kaya vitamin dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan ikan.

Dengan menjaga pola makanan yang sehat maka tubuh mendapatkan pengaruh positif yang akan meningkatkan daya tahan atau imun tubuh sehingga tidak mudah terserang dari bakteri maupun virus penyakit.

2. Menjaga Cairan Tubuh Tetap Terpenuhi

Saat musim hujan banyak sekali orang yang abai untuk mengkonsumsi air putih. Pada musim tersebut rasa haus memang berkurang. Hal itu krena tubuh akan berusaha mempertahankan suhu tubuh yang optimal dengan cara mempersempit pembuluh darah pada permukaan kulit agar tidak banyak panas yang keluar.

Keringat yang keluar dari tubuh juga lebih sedikit. Kondisi ini menyebabkan kadar air dalam tubuh kita menjadi lebih stabil dan tidak cepat berkurang seperti saat cuaca panas, sehingga kita tidak merasa haus.

Meskipun demikian, tetap penting untuk tetap minum air dalam jumlah yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dan fungsi organ tubuh tetap optimal. Kita juga perlu mewaspadai gejala dehidrasi seperti rasa lelah, pusing, dan mulut kering, karena meskipun rasa haus berkurang saat cuaca dingin, tubuh tetap membutuhkan asupan air yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Di musim hujan perkembang biakan mikroorganisme patogen seperti bakteri dan virus menjadi lebih pesat. Orang-orang menjadi lebih mudah tertular mikroorganisme ini dan mengalami berbagai macam penyakit seperti flu, pilek, demam sampai infeksi saluran pernafasan.

Maka sangat penting untuk menjaga kebersihan diri dengan cara selalu mencuci tangan dengan sabun anti bakteri dan sabagainya. Saat sedang berada di tempat umum, selalu gunakan masker untuk menghindari kemungkinan tertular dari orang lain ataupun sebaliknya.

Begitupula dengan lingkungan tempat tinggal harus dijaga agar selalu bersih. Area-area yang kotor harus dibersihkan agar tidak menjadi sarang berkembang biak bakteri. Begitupula dengan sampah-sampah plastik yang membuat air tergenang harus dikubur agar tidak menjadi tempat bertelur nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah.

4. Hindari Terkena Air Hujan Berlebihan

Terkena air hujan bukanlah sesuatu yang buruk, namun lain cerita jika berlebihan. Saat tubuh basah terkena air hujan maka suhu tubuh akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Pada kondisi ini tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Lalu apa bedanya dengan mandi, toh sama-sama terkena air. Tentu saja berbeda, mandi merupakan rutinitas yang terjadwal. Perubahan suhu tubuh juga bisa distabilkan kembali dengan cara mengeringkan tubuh dengan menggunakan handuk.

Berbeda jika basah terkena air hujan saat di luar rumah. Tubuh yang basah tidak bisa langsung dikeringkan. Pakaian yang basah akan membuat suhu tubuh menurun dan hal tersebut membuat imun juga ikut menurun sehingga tubuh lebih mudah terserang bakteri patogen.

5. Istirahat Yang Cukup

Selalu pastikan untuk berisitirahat dengan cukup agar kondisi tubuh tetap prima, termasuk dengan menjaga pola tidur teratur. Ambillah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan tidur dengan porsi yang berlebihan. 

Porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastikan jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari.

Waktu tidur yang baik butuh setidaknya 7 - 8 jam setiap hari. Hal ini akan menjaga kondisi tubuh dan sistem imun tetap dalam kondisi optimal. resiko terkena serangan penyakit-penyakiu yang sering muncul di musim hujanpun bisa dihindari

Akhir Kata

Demikianlah beberapa tips yang perlu diketahui untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan. Dengan mengatur pola makan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan beristirahat yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang mungkin muncul di musim hujan. Semoga informasi ini bermanfaat

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan