Optimalisasi Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan SD-WAN

Optimalisasi Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan SD-WAN

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat kebutuhan akses jaringan data dan perubahan sistem kerja pegawai memerlukan infrastruktur jaringan yang lebih modern. Wide Area Network (WAN) dianggap sudah tidak lagi optimal dalam memenuhi kebutuhan perusahaan, sehingga bertransformasi menjadi SD-WAN. Software Defined-WAN (SD-WAN) adalah sebuah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola dan mengontrol pusat data jarak jauh atau instant cloud.

Dalam membangun infrastruktur teknologi dalam suatu bisnis, biasanya perusahaan harus mempersiapkan anggaran operasional dengan jumlah besar agar dapat diterapkan secara merata. Maka dari itu, untuk menekan anggaran yang dikeluarkan perusahaan namun jalur traffic tetap aman, Anda dapat menggunakan SD-WAN sebagai solusi fleksibel untuk mengontrol operasional jaringan. SD-WAN memungkinkan perusahaan mengelola beberapa koneksi dari setiap MPLS ke broadband ke LTE. Selain itu, SD-WAN mampu untuk mengelompokkan, membagi dan mengamankan lalu lintas WAN.

Ini Manfaat SD-WAN dalam Bisnis

Ketika bisnis berkembang, tentunya Anda akan memerlukan teknologi yang lebih canggih untuk mengontrol sistem data. Manfaat penggunaan SD-WAN bagi bisnis Anda meliputi:

1. Efisiensi Anggaran Perusahaan

Penggunaan SD-WAN tidak lagi memerlukan MPLS dengan biaya yang mahal. Kehadiran SD-WAN justru sangat menguntungkan bagi bisnis karena Anda bisa mendapatkan teknologi canggih yang memiliki konektivitas tinggi seperti broadband, LTE, DSL dengan biaya yang lebih murah. 

2. Dapat Mendukung Aplikasi dengan Bandwidth Tinggi

Bisnis saat ini banyak menggunakan cloud, video dan mobilitas yang mendorong permintaan bandwidth yang lebih besar. Sehingga memerlukan optimasi kerja yang lebih dari WAN konvensional dan lebih kompleks dalam perkembangan bisnis masa depan.

3. Dapat Memantau Traffic Secara Real Time

SD-WAN dapat mengakomodasi berbagai koneksi, perangkat serta layanan untuk dioperasikan dengan solusi yang dilengkapi pemantauan yang terintegrasi dan visibilitas pada berbagai koneksi WAN dan penyedia layanan. Hal tersebut menyebabkan perusahaan dapat memantau traffic secara real time ketika terjadi brownout.

Alasan Harus Menggunakan SD-WAN pada Bisnis Anda

Teknologi SD-WAN memberikan klaim berupa keamanan, fleksibilitas dan memangkas kompleksitas jaringan. SD-WAN memungkinkan perusahaan menghubungkan jaringan kantor pusat dan cabang dengan memanfaatkan kemampuan internet dan cloud secara bersamaan. Terkadang, Tim IT kerap kali mengalami berbagai tantangan di tengah transformasi digital bisnis yang menuntut solusi IT yang lebih cepat dan fleksibel. Sehingga hadirnya SD-WAN ini dapat mempermudah jalannya suatu bisnis. 

Kini Telkom menawarkan layanan SD-WAN yang memberikan pengalaman berkualitas end-to-end kepada pelanggan dengan mengintegrasikan konektivitas Telkom, premis pelanggan dan portal web. Selain itu layanan SD-WAN Telkom telah dilengkapi dengan fitur security sebagai bagian dari operasional layanan. Tentu saja, dengan banyaknya fitur yang dimiliki SD-WAN dapat memudahkan perusahaan dalam memantau jaringan perusahaan secara efektif dan aman.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan