Berburu Kuliner Dekat Stasiun Tugu, Jogja Mulai dari Menu Sarapan hingga Makan Malam

angkringan Dekat Stasiun Tugu, Jogja
Angkringan dekat stasiun tugu Jogja, sumber gambar @gudegpincukmalioboro

Jogja adalah kota ramah wisatawan dengan daya tariknya yang tak lekang oleh waktu karena selalu menarik untuk dikunjungi kapanpun. Kota istimewa ini bahkan digadang-gadang akan selalu memberikan banyak kenangan bagi siapapun yang berkunjung. 

Terkenal sebagai Kota Gudeg, ternyata kamu juga bisa menemukan banyak kuliner lezat lainnya. Akses untuk wisata kuliner sangat mudah, termasuk di sekitar Stasiun Tugu sehingga akan cocok buat kamu yang naik kereta. Kamu hanya perlu pesan tiket kereta ke Jogja dan berburu beberapa kuliner dekat stasiun berikut.

Rekomendasi Kuliner dekat Stasiun Tugu Jogja

1. Lopis Mbah Satinem

Seperti namanya, Lopis ini disajikan langsung oleh Mbah Satinem yang sudah menghabiskan waktu puluhan tahun untuk melayani pembeli. Buka mulai pukul 6 hingga 8 pagi, lokasinya cukup mudah dijangkau yakni berada di timur Hotel Pesona Tugu.

Jajanan ini begitu legendaris karena cara penyajiannya yang masih tradisional termasuk penggunaan daun pisang. Cara Mbah Satinem dalam memotong lupus juga sangat unik karena menggunakan benang agar tidak lengket dan mudah terpotong. 

Sebagai topping, lopis biasanya dilengkapi dengan cairan gula merah legit yang akan melengkapi cita rasa. Kepopuleran lopis ini sudah diakui banyak orang, tak heran jika kamu harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu.

2. Bubur Kacang Hijau Kedaulatan Rakyat

Menu sarapan lainnya yang tak kalah lezat adalah bubur kacang hijau yang berada di area halaman Kantor Kedaulatan Rakyat. Bubur kacang hijau selalu disajikan dalam kondisi hangat sehingga dapat menjaga cita rasa tiap isi sendok yang memenuhi mulut.

Meski bernama bubur kacang hijau, bubur ini disajikan pula bersama ketan hitam sebagai isiannya. Rasa manis perpaduan keduanya dilengkapi dengan kuah santan yang gurih dan berpadu secara harmonis untuk memanjakan lidah. Kamu bisa mendapatkannya pada kisaran harga Rp5000 mulai pukul 04.30 dan biasanya habis pada pukul 10.00 pagi.

3. Toegoe Resto

Tujuan kuliner paling dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta ini buka selama 24 jam sehingga kamu bisa datang kapan saja. Ada banyak menu lokal yang bisa kamu coba mulai dari Nasi Goreng Jawa, Soto Jogja, dan Rawon Daging.

Tak hanya makanan utama, kamu juga bisa mencoba aneka camilan lokal seperti pisang keju. Harganya sangat ramah kantong yakni berkisar antara Rp18.000 hingga Rp55.000, cukup terjangkau untuk cita rasa otentik.

4. Gudeg Pincuk Malioboro Bu Djati

Tidak bisa dipungkiri jika gudeg memiliki pesona yang begitu kuat, termasuk bagi kamu yang belum pernah mencobanya. Segera kunjungi Gudeg Pincuk Malioboro Bu Djati yang bisa dengan mudah kamu akses ketika sampai di Stasiun Tugu.

Lokasi gudeg ini tepatnya berada di kawasan Teras Malioboro dimana kamu hanya perlu berjalan kaki beberapa menit. Gudeng ini buka selama 24 jam dan harganya juga terjangkau yakni mulai Rp10.000 hingga Rp25.000 saja.

5. Kedai Kopi Walik

Kopi selalu memiliki tempat tersendiri bagi penggemarnya dengan cita rasa unik yang berbeda di tiap tempat dan tiap biji kopinya. Jika kamu juga bagian di antara penggemar kopi, mampirlah sejenak untuk mencicipi Kedai Kopi Walik yang berlokasi di daerah Alun-alun Utara. Suasana klasik dengan bangunan pendopo mampu menambah daya tarik kopi yang disajikan. 

Terdapat dua menu utama kopi yakni kopi hitam yang autentik dan kopi susu yang cukup ringan. Jika kamu datang bersama teman yang tidak suka kopi, jangan khawatir karena masih ada pilihan lain seperti jus, teh, maupun jahe. Menu makanannya pun beragam mulai dari singkong, pisang goreng, dan aneka makanan berat seperti nasi goreng dan bakmi.

6. Angkringan Harjo

Sebagai Kota Pelajar, Jogja memiliki banyak angkringan yang menjual makanannya dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satu angkringan populer adalah Angkringan Harjo yang buka menjelang petang hingga larut malam setiap hari.

Banyak anak muda yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk nongkrong di angkringan ini. Uniknya, angkringan ini bahkan memiliki ruang di lantai dua karena selalu dipadati oleh pengunjung. Beragam menu khas angkringan bisa kamu temukan mulai dari sate, ceker, kepala ayam, nasi kucing, gorengan, dan lainnya.

7. Wedang Ronde Mangkubumi

Menyesap kehangatan wedang ronde bisa menjadi pilihan terbaik sambil duduk menikmati udara malam yang dingin. Wedang ronde merupakan minuman yang mengandung rempah yang baik untuk kesehatan sehingga sangat nyaman di tenggorokan. Salah satu minuman khas Jogja ini biasanya dibanderol dengan harga murah dan bisa ditemukan di banyak tempat.

Nah, itulah deretan kuliner dekat Stasiun Tugu Jogja yang bisa kamu jadikan referensi jika kamu datang menggunakan kereta. Sebenarnya masih banyak aneka kuliner lain yang bisa kamu temukan, untuk membayar rasa penasaran sebaiknya kamu segera berkunjung. Caranya cukup mudah karena kamu hanya perlu memesan tiket kereta menuju Jogja hanya di Traveloka.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan