Mengenal Apa Itu Bondek Dan Spandek Sebelum Membelinya

Mengenal Apa Itu Bondek Dan Spandek Sebelum Membelinya

Atap modern yang sekarang ini mudah ditemukan digunakan dalam berbagai konstruksi mempunyai bahan dari baja ringan. Penggunaan baja ringan tersebut mempunyai beragam kelebihan yang bisa didapatkan dari harganya lebih hemat, kekuatannya yang lebih awet, serta bisa lebih tahan lama. Sehingga hal tersebut membuat penggunaan baja ringan populer digunakan untuk bahan atap bangunan. Jenis atap yang paling populer digunakan adalah atap spandek yang mempunyai banyak kelebihan yang dipunyai seperti banyak jenis, mempunyai warna beragam, serta masih banyak lainnya.

Spandek

Spandek
Atap Spandek

Atap spandek adalah salah satu jenis atap baja ringan yang sangat populer. Keunggulan utamanya meliputi beragam jenis, pilihan warna yang beraneka ragam, dan sejumlah kelebihan lainnya. Atap spandek biasanya digunakan sebagai pelindung atap di berbagai bangunan, seperti rumah, gudang pabrik atau garasi.

Atap spandek merupakan jenis atap rumah yang terbuat dari campuran alumunium dan seng. Campuran ini umumnya memiliki komposisi rasio sebanyak 55% alumunium, 43% seng, dan sisanya menggunakan silicon sebagai bahan tambahan. Komposisi dari campuran-campuran ini akan membentuk spandek dengan karakteristik kokoh, awetr sertta mudah dibentuk.

Bondek

Bondek
Bondek, sumber: bajautamasteel.com

Selain atap tersebut, ada juga bahan yang mempunyai penyebutan yang hampir sama tetapi mempunyai beda fungsi yang ditawarkan yaitu bondek. Di mana untuk bondek sendiri merupakan bahan dari plat baja yang kegunaannya untuk floordeck. Bahan ini mempunyai material yang anti karat dan digunakan untuk bagian lantai.

Bondek, yang sering disebut sebagai floordeck, adalah bahan lembaran yang terbuat dari galvalum yang dilapisi galvanis atau aluminium. Bahan ini digunakan sebagai alternatif untuk triplek dalam pembuatan plafon. Selain itu, secara umum, bahan ini juga digunakan untuk proses pengecoran lantai dua pada bangunan yang dikenal dengan sebutan Metal Decking.

Dalam instalasinya, bondek ditempatkan di atas balok konvensional atau balok baja, dan tujuan dari penggunaan metal decking ini adalah untuk membantu melindungi ruangan dari panas eksternal yang tidak diinginkan. Metode ini sangat cocok untuk gedung bertingkat sebagai plafon atap ataupun lantai beton.

Perbedaan Spandek dan Bondek

Dari uraian di atas terlihat keduanya mempunyai perbedaan utama yaitu dari penggunaannya yang satu digunakan untuk di atap bangunan, sedangkan untuk bondek difungsikan sebagai material untuk bagian lantai. Selain itu, perbedaan spandek dan bondek yang bisa dikenali lainnya adalah:

  • Perbedaan yang dipunyai keduanya adalah dari fungsinya yang berbeda. Untuk bagian yang digunakan untuk atap tersebut bisa digunakan untuk pelindung atap bangunan yang biasanya digunakan di gudang pabrik atau garasi. Sedangkan untuk bondek digunakan sebagai material dasar bangunan membuat lantai ataupun anak tangga.

  • Perbedaan selanjutnya bis didapatkan dari material yang digunakan. Untuk bondek menggunakan lapisan plat baja dengan galvanis, sedangkan satunya menggunakan material yang lebih awet dan kokoh yaitu baja ringan galvalum yang merupakan campuran dari material aluminium, zinc, dan silikon.

  • Perbedaan lainnya adalah dari ukurannya yang mempunyai bondek dengan ukuran ketebalannya 0,75 hingga 1 mm, sedangkan satunya mempunyai ketebalan 0,3 hingga 0,5 mm.

Kedua bahan tersebut bisa difungsikan untuk kegunaannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Dapatkan kedua bahan tersebut yang sekilas mirip tetapi mempunyai fungsi berbeda ii dengan mudah di Baja Utama Steel. Distributor ini menawarkan produk yang lengkap termasuk jenis kedua material yang telah disebutkan di atas dengan jaminan kualitas serta harga bersaing yang diberikan ketika membelinya dengan mudah lewat offline maupun online lewat WhatsApp.

edit
Tambahkan Komentarmu Sembunyikan Komentar 1

Batalkan

1 Komentar