Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memilih Wifi Internet untuk Bisnis!

Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memilih Wifi Internet untuk Bisnis!

Fasilitas WiFi internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar jenis usaha, terutama untuk tempat-tempat yang menawarkan suasana santai untuk berkumpul bersama teman atau rekan bisnis. 

Banyak pemilik usaha yang bersaing untuk menyediakan tempat menarik dengan berbagai fasilitas lengkap, termasuk koneksi internet yang handal demi memenuhi kebutuhan pelanggan.

Adanya akses WiFi internet gratis memiliki sejumlah keuntungan yang dapat meningkatkan pendapatan jika dikelola dengan baik oleh pengusaha. Namun, dalam mendapatkan WiFi yang kencang, sehingga pelanggan betah di tempat usaha Anda, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dipahami mengenai WiFi terlebih dahulu.

Pertimbangan dalam Memilih Internet Service Provider untuk Usaha

Dalam memilih jaringan wifi internet sebagai fasilitas untuk pelanggan dan pengunjung, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai pertimbangan. Hal ini akan membantu Anda dalam memilih ISP yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih wifi internet.

1. Kebutuhan penggunaan kecepatan internet

Kecepatan dalam menjelajahi internet adalah pertimbangan utama dalam memilih koneksi internet untuk bisnis Anda. Bagaimana cara menentukan kecepatan internet untuk kebutuhan bisnis Anda? Evaluasi jumlah karyawan yang bekerja dan pelanggan yang datang ke lokasi bisnis Anda.

Umumnya, bisnis membutuhkan koneksi wifi internet dengan kecepatan 50-75 Mbps. Adapun kecepatan untuk perusahaan dengan jumlah karyawan dan kebutuhan pelanggan yang lebih besar disarankan menggunakan koneksi internet dengan kecepatan 75 Mbps ke atas.

Namun, karena semakin umumnya pelanggan dan karyawan yang menggunakan WiFi, kecepatan yang optimal dan cenderung aman dari gangguan kecepatan karena jumlah pengguna biasanya terdapat pada kecepatan 100 Mbps.

2. Customer service (Layanan pelanggan)

Aspek kedua adalah layanan pelanggan yang disediakan ISP Anda. Disarankan untuk memilih penyedia layanan internet (ISP) yang menawarkan layanan teknisi sepanjang waktu dan juga fast respond apabila suatu saat Anda mengalami masalah terkait internet Anda. 

Memilih ISP yang menyediakan dukungan teknis dan customer service yang cepat tanggap tidak hanya akan menghemat waktu, tetapi juga biaya operasional perusahaan Anda.

3. Batas penggunaan data (FUP atau Fair Usage Policy)

Biasanya, beberapa jenis ISP menawarkan layanan internet dengan sistem pengaturan batas data yang mengharuskan Anda membayar tambahan jika penggunaan internet di perusahaan Anda melebihi batas tersebut, hal ini disebut juga sebagai FUP atau Fair Usage Policy. Kebijakan semacam ini sering diterapkan pada koneksi seperti DSL, kabel modem, dan internet fiber optik.

4. Persentase atau kemungkinan downtime

Downtime merupakan waktu di mana akses internet tidak tersedia, baik disebabkan oleh kegagalan sistem, insiden yang tidak terduga, ataupun proses pemeliharaan rutin (maintenance). Biasanya, ISP menawarkan estimasi persentase downtime tahunan yang mendekati 99%. 

Namun, angka tersebut umumnya hanya estimasi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan ulang dan menyiapkan langkah backup dengan menggunakan Service Level Agreement (SLA).

5. Perjanjian SLA atau Service Level Agreement

Service Level Agreement (SLA) adalah kesepakatan kerjasama yang mencakup kemungkinan serta solusi yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet (ISP) bagi bisnis Anda. 

Dokumen ini memiliki kegunaan penting saat menghadapi situasi tak terduga, seperti terjadinya downtime yang melebihi proyeksi persentase waktu. SLA ini akan menjamin bahwa Anda mendapatkan pelayanan optimal dari ISP.

6. Menggunakan Layanan Wifi Managed Service

Pertimbangan terakhir dalam memilih jaringan wifi internet untuk bisnis adalah menggunakan layanan wifi managed service. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menyediakan koneksi yang dedicated untuk pelanggan.

Untuk mengakses wifi internet yang satu ini, pelanggan akan diarahkan ke login page dan harus memasukkan credential yang diperlukan agar dapat mengakses internet. Ini merupakan cara cerdas agar jaringan wifi internet yang digunakan di lokasi bisnis Anda dapat dipisahkan, baik yang dapat digunakan oleh pelanggan maupun untuk operasional karyawan.

Layanan wifi managed service kerap kali didesain khusus untuk membantu para pengelola dan pemilik toko (termasuk kafe, restoran, dan lain-lain) dalam memberikan fasilitas wifi kepada pelanggan.

Wifi managed service ini dapat menjadi pertimbangan yang tepat sebagai fasilitas wifi internet yang dapat diakses oleh pelanggan Anda. Untuk itu, pastikan Anda telah menghitung biaya yang akan dikeluarkan serta menemukan provider wifi internet yang tepat untuk bisnis Anda.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan