Tips Membeli Motor Bekas di Lelang Motor

motor bekas di lelang motor

Motor bekas bagi sebagian lebih menguntungkan terutama karena harganya yang murah. Namun membeli motor bekas bisa cukup menguras effort. Dari sekian banyak cara dan tempat membeli motor bekas, salah satu yang paling direkomendasikan adalah membelinya di pelelangan.

Lelang motor adalah salah satu cara untuk membeli motor dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap mendapatkan motor yang kondisinya bagus. Bagi orang awam, terlibat dalam proses lelang motor mungkin terasa menantang. Namun, dengan beberapa tips berikut ini sedikit banyak akan membantumu bisa memilih motor yang terbaik untukmu.

1. Penting untuk Riset

Sebelum mengikuti lelang motor, tentukan jenis motor yang ingin kamu beli. Pilih beberapa jenis dan tetapkan priotitasnya, agar kamu lebih leluasa memilih nantinya di katalog balai lelang. Kemudian cari tahu harga pasarnya untuk masing-masing motor pilihanmu.

2. Tetapkan Anggaran yang Realistis

Tentukan batas anggaran yang kamu siapkan untuk membeli motor di lelang. Tetapkan batas atas yang sesuai dengan kondisi keuanganmu dan patuhi batas tersebut. Hindari nantinya untuk terjebak dalam suasana persaingan yang emosional dan berusahalah untuk tidak melebihi anggaran yang telah kamu tetapkan.

3. Hadiri Lelang

Sebelum benar-benar ikut berpartisipasi dalam proses lelang, cobalah hadiri lelang sebagai pengamat terlebih dahulu. Amati bagaimana lelang itu dilaksanakan, amati para pembeli yang sudah berpengalaman. Pengalaman ini akan membuatmu agak lebih familiar dengan proses dan suasana lelang.

4. Periksa Motor dengan Teliti

motor lelang
Motor lelang, sumber: motorplus-online.com

Beberapa hari sebelum lelang pihak balai lelang akan menyelenggarakan open house. Yaitu saat dimana kamu bisa datang dan mengecek langsung kondisi motor incaranmu. Ada baiknya kamu ditemani oleh orang yang benar-benar mengerti tentang motor untuk lebih memastikan kondisi motor yang ada.

5. Perhatikan Dokumennya

Periksa dokumen-dokumen motor, pastikan dokumennya lengkap. Pastikan juga motor tidak bermasalah misalnya ada tunggakan pajak, masih tersangkut utang piutang, dan sebagainya. Kamu bisa menanyakan lebih lanjut ke pihak balai lelang.

6. Tetapkan Prioritas

Tetapkan prioritas dalam memilih motor di lelang. Apakah kamu lebih mengutamakan kondisi fisik, performa mesin, atau tahun pembuatan? Dengan mengetahui prioritas, kamu dapat lebih mudah mengambil keputusan saat berada di tengah-tengah proses lelang.

7. Penting, Jangan Terbawa Emosi

Lelang motor bisa menjadi pengalaman yang emosional, terutama ketika kamu terlibat dalam persaingan dengan pembeli lain. Penting untuk tetap tenang dan tidak terbawa emosi. Fokuslah pada tujuan dan jangan biarkan tekanan dari pembeli lain memengaruhi keputusanmu.

8. Lakukan Test Ride Jika Memungkinkan

Jika diperbolehkan, lakukan test ride terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli motor tersebut. Ini akan memberimu kesempatan untuk merasakan langsung kondisi motor dan memastikan bahwa motor tersebut sesuai dengan ekspektasimu.

9. Pilih Balai Lelang Terpercaya

Auksi adalah salah satu dari balai lelang motor yang direkomendasikan. Proses lelang mereka mudah dan transparan, kamu bisa ikut lelangnya secara langsung maupun via online. Motor yang dilelang juga telah melewati proses pemeriksaan yang cukup ketat baik kondisinya maupun statusnya apakah bermasalah atau tidak.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan