Zhen Dao Ge, donghua yang wajib kalian tonton, serius!

He Fang Zhi, Zhen Dao Ge

Salah satu donghua seru yang jarang dibicarakan adalah Zhen Dao Ge. Serial yang berjudul asli 枕刀歌 (Zhěn dāo gē) ini merupakan animasi Tiongkok bergenre aksi yang cukup fenomenal. Ada beberapa elemen yang membuat serial donghua yang rilis 2021 lalu ini berbeda dengan kebanyakan donghua populer saat ini.

Donghua Zhen Dao Ge merupakan salah satu karya yang menonjol dalam industri animasi Tiongkok, namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaannya. Fenomena ini mungkin agak mengherankan mengingat kualitas dan potensi cerita yang ditawarkan oleh donghua ini. Alasan utama dari minimnya pengetahuan tentang serial ini mungkin dapat ditelusuri kembali kepada gaya dan estetika khas yang dimiliki oleh donghua ini. Pada artikel ini kami akan menyajikan alasan mengapa kalian wajib menonton serial ini.

Sinopsis

"Berada di istana tinggi namun khawatir akan nasib rakyat jelata, berada di dunia persilatan yang jauh namun khawatir akan seluruh dunia. Sejak kecil kehilangan ayah, He Fang Zhi berlatih dan menguasai berbagai keterampilan luar biasa, memulai perjalanan untuk membalas dendam. Mulai dari toko kambing yang seluruh keluarganya dibantai di perbatasan barat laut tiga belas tahun yang lalu, hingga ke kota Linqing, Shandong, dan kemudian ke Gunung Cuifeng, Zhejiang, He Fang Zhi berkelana dari utara ke selatan, menelusuri jejak dan berusaha mencari dalang di balik pembunuhan ayahnya. Dalam perjalanan balas dendam, He Fang Zhi merasa lawannya seolah-olah memiliki rasa dan prinsip yang kuat, mereka tampaknya berusaha keras melindungi otak di balik semua ini..."

Sumber: Douban

CG berlapis 2D

Yang unik dari serial donghua adalah style yang digunakan. Dibuat pada tahun 2021 dimana animasi Tiongkok bergaya 3D yang memukau menjamur, Infinite Animation sebagai studio juga menggunakan model 3D namun memilih gaya yang lebih berbeda.

Meski menggunakan CG, animasi ini malah dilapisi dengan gaya dua dimensi. Guratan 2D yang digunakan juga bukan berupa garis-garis halus ala anime Jepang melainkan guratan dengan ketebalan dinamis atau guratan brush (kuas). Style 2D-nya menghasilkan tampilan painting yang memberikan nuansa lukisan klasik negeri tirai bambu. Namun tidak semua element mendapat lapisan guratan brush, hanya karakter saja.

Style yang digunakan ini membuat Zhen Dao Ge menjadi terlihat unik. Meskipun begitu, sebenarnya cukup banyak penggemar animasi yang kurang menyukai gaya semacam ini. CG berlapis 2D dianggap kuno dan kurang menarik. Namun itu tergantung bagaimana desainer bekerja. Saat ini juga banyak anime Jepang yang menggunakan teknik konvensional dipadukan CG dan dilapisi gaya 2D seperti Demon Slayer atau Attack on Titan.

Hanay saja, CG yang digunakan konsisten, tidak ada pengolahan 2D konvensional sama sekali. Dengan kata lain, animasi ini full CG, gaya 2Dnya hanya sebatas tambalan untuk tampilan visualnya saja.

Plot Story

Plot utama yang digunakan pada cerita ini adalah "Ayah MC dibunuh saat Ia masih kecil dan beberapa tahun kemudian Ia mencari pembunuh Ayahnya untuk membalas dendam". Terdengar sangat biasa kan? Namun jangan salah, semua story yang bertema "balas dendam" umumnya sangat menarik untuk ditonton. Genre "revenge" mampu menanam rasa emosional penonton, memupuknya dalam setiap pejalanan durasi dan klimaknya sudah pasti adalah "panen raya".

Cerita bermula ketika wakil perdana menteri He membawa anaknya, He Fang Zhi beserta 16 pengawal untuk melihat bagaimana kondisi rakyat. Dalam perjalanan mereka diserang oleh sekelompok orang misterius yang memiliki kemapuan bela diri yang tinggi. Semuanya terbunuh kecuali He Fangzhi. Ia selamat karena salah seorang pembunuh tidak tega mengambil nyawa He Fang Zhi.

13 tahun berlalu, He Fangzhi tumbuh dan memiliki seni bela diri yang tinggi. Ia mulai melakukan perjalanan dari utara ke selatan demi mencari satu persatu penyerang yang telah merenggut ayahnya. Dalam perjalanan Ia bertemu dengan seorang gadis kecil bernama Ah Ya. Keduanya pun mulai melakukan perjalanan bersama.

Dari setiap musuh yang ditemuinya, semua berlagak layaknya pahlawan dan ayah He Fangzhi adalah villainnya. Namun apakah memang demikian? ataukah ada sebuah konspirasi dibaliknya? Tentu jawabannya bisa terlihat di season pertama serial ini, namun admin tidak akan memberikan spolier berlibihan.

Fighting Style yang Spektakuler!

"Zhen Dao Ge" memang menjadi sebuah donghua yang menarik perhatian banyak penonton, terutama bagi mereka yang menyukai aksi pertarungan yang spektakuler. Salah satu faktor utama yang membuat Zhen Dao Ge layak untuk ditonton adalah kualitas pertarungan yang disajikan dalam serial ini. Pertarungan yang digambarkan dalam Zhen Dao Ge menampilkan gerakan-gerakan korea yang sangat impresif, yang bahkan membuat donghua dengan gaya pertarungan "flash" seperti "Battle Through the Heavens" terlihat kurang memuaskan.

Keistimewaan dari pertarungan dalam Zhen Dao Ge tidak hanya terletak pada durasi yang panjang, hingga kadang mencakup hampir 90% dari keseluruhan durasi inti dari serial ini (tanpa memasukkan intro dan outro), tetapi juga pada cara atau teknik pembuatannya.

Bagusnya pertarungan yang disajikan tentu bukan kreasi animator dengan otak jenius yang menggunakan kemampuan riggingnya. Tetapi ini karena setiap gerakan diambil dengan menggunakan teknik motion capture. Teknik ini merupakan teknik pembuatan yang digunakan untuk menghasilkan gerakan yang begitu realistis dan dinamis.

Model yang digunakan juga bukan model sembarangan melainkan seorang stuntman profesional yang memiliki kemampuan bela diri mumpuni. Hal ini memberikan keautentikan pada setiap adegan pertarungan, membuatnya terasa lebih hidup dan mendebarkan.

Menurut penulis, pertarungan yang disajikan dalam Zhen Dao Ge adalah yang terbaik yang pernah saya lihat dalam dunia donghua. Bahkan, pertarungan dalam serial ini jauh lebih baik dibandingkan dengan donghua lain seperti "Ancient Lords" atau "Jade Dynasty Season 2" yang juga memilih tema pertarungan yang luar biasa.

Season 2 semakin gila!

Saat ini serial Zhen Dao Ge sedang menayangkan season keduanya. Pertarungan yang disajikan semakin gila. Masih memiliki gaya sama, koreo yang bagus dan sangat dinamis, serial ini dari segi fighting seharusnya menjadi serial terbaik di 2024.

Zhen Dao Ge Wajib ditonton!

Dengan semua keunggulan dan kualitas yang ditawarkannya, tidak mengherankan jika Zhen Dao Ge menjadi salah satu donghua yang banyak dinantikan oleh para penggemar aksi dan pertarungan. Serial ini tidak hanya menawarkan pengalaman menegangkan bagi para penontonnya, tetapi juga sebuah cerita yang mendalam dan menarik.

Bottom Line

Donghua Zhen Dao Ge merupakan serial yang wajib untuk ditonton. Hadir dengan gaya visual bernuansa lukisan klasik dan gaya pertarungan yang memukau, serial ini layak masuk dalam daftar donghua 3D terbaik yang wajib untuk ditonton.

edit
Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan