Cara Mudah Mengetahui apakah Smartphonemu Mendukung 4G


4G adalah sebuah singkatan dari bahasa Inggris yaitu fourth-generations Technology merupakan standar generasi ke - 4 telepon seluler yang merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya yaitu 2G dan 3G. Jaringan 4G diklaim memiliki kecepatan 5 kali lipat kecepatan 3G. Jadi mungkin sudah terbayang di dalam benak tentang seberapa cepat transfer data yang bisa dilakukan pada jaringan ini, mendengarkan lagu , menonton film maupun mengunduh file dalam jumlah banyak atau ukuran file yang besar terasa tanpa halangan seperti yang kadang kita alami saat menggunakan jaringan generasi sebelumnya. Di Amerika sendiri kecepataan jarigan ini dikenal dengan istilah Long Term Evolution (LTE).

Cara Mudah Mengetahui apakah Smartphonemu Mendukung 4G
Jaringan 4G sendiri sudah diusung oleh beberapa operator seluler di Indonesia dan sekarang sudah bisa dinikmati di beberapa kota besar. Tapi sejauh ini ketersediaannya baru sebatas di area perkotaan saja. Di area pedesaan atau pelosok mungkin jaringan 4G ini tidak akan bisa dinikmati sampai beberapa waktu kedepan walaupun pihak dari penyedia layanan jaringan  mengklaim sudah bekerja dalam memberikan layanan terbaik mereka agar bisa di akses pada area yang lebih luas. Saat ini pun para operator sudah memberikan banyak penawaran dengan kuota jumbo untuk jarngan 4G. Misalkan saja telkomsel, memeka meberikan kuota 4G gratis sebesar 10 GB saat kita mengupgrade tipe jaringan kartu sim kita ke jaringan 4G.

Namun perlu diketahui bahwa yang berbeda dari haringan ini dengan generasi sebelumnya ialah pada kecepatan transfer datanya saja. Ada sebagaian orang yang mengira bahwa menggunakan layanan 4G akan dikenakan biaya kuota yang lebih mahal. tentu saja hal ini sepenuhnya salah karena seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa perbedaannya hanya pada kecepatannya saja artinya tidak ada perubahan pada karga data perkilobyte-nya.

Untuk menikmati cepatnya layanan 4G ini sendiri selain ketersedian dari pihak operator seluler, tentu saja perangkat ponsel yang kita miliki harus mendukung tipe jaringan ini. Kebanyakan smartphone yang tersedia di pasaran baru mendukung jaringan 3G saja, kecuali untuk smartphone dengan kategori falgship atau high end sudah menyelipkan teknologi 4G ini sebagai salah satu fitur penting untuk menjukkan kelasnya.  Untuk smarthphone keluaran terbaru, Kebanyakan sudah mendukung teknologi jaringan ini, tidak terbatas pada smartphone premium saja, tapi bahkan menyasar smatrphone low-end.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah smartphone milikmu sudah support teknologi 4G LTE atau belum? Hal ini perlu kita lakukan karena kebanyakan paket yang ditawarkan oleh oiperator adalah paket yang ada kuota 4G nya. Jadi kan sangat rugi jika kita membeli kuota mahal sekian gigabyte plus kuota 4G namun ternyata smartphone kita belum mendukung jaringan 4G. Cara mudah tentunya yaitu dengan mennyakan pada penhual saat kita mebeli smartphone tersebut. Namun jika saat dibeli dulunya kita tidak sempat, bisa cek kemudian pada boxnya. Biasanya mengenai detail sampai tiperadio tertera di sana.

Cara lain yaitu mengecek langsung pada smartphonenya. Caranya berbeda-beda tergantung pada tipe/merek serta sistem operasinya, Untuk lebih jelasnya silahkan di simak di bawah:

Android
Untuk pengguna android, masuk ke menu Setting > Network settings > mobile network, maka akan muncul menu mengenai tipe jaringan 2G, 3G or LTE (4G). Jika tidak ada tulisan 4G atau LTE, artinya perangkat smartphone belum mendukung teknologi 4G LTE.

iPhone
Untuk pengguna iPhone masuk ke menu Settings > General > cellular > Enable 4G LTE.

Windows Phone
Untuk pengguna windows Phone, masuk ke menu Settings > Celluar + Sim > Highest connection speed lalu centang LTE.

Blackberry
Untuk pengguna Blackberry, masuk ke menu  settings > Network and Connection > Mobile Network > Network mode, nanti kalian akan melihat tulisan 4G&3G&2G

Jadi bagaimana? apakah smartphone kalian sudah mendukung teknologi 4G? Jika ya, maka selamat kalian bisa menikmati akses data dengan kecepatan maksimal. Nonton video di youtube bakalan terhindar dari yang namanya buffering yang super menjengfkelkan. Namun jika belum, silahkan menabung sampai uang kalian cukup untuk mengupgrade smarphonemu. Demikianlah artikel yang berjudul cara mudah mengetahui apakah smartphonemu sudah mendukung 4G atau belum. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat.

Catatan dari San:
Menu akan berbeda-beda tergantung pada tipe smarthphone serta versi sistem operasinya, jadi tidak mutlak step-step yang saya tuliskan di atas akan sama yang nantinya kalian dapati....
Komentar

Temporary Disabled