Update Terbaru Untuk Zenfone Selfie... Ada Bug?

Zenfone Selfie merupakan smarthpone besutan Asus yang diperuntukkan untuk mereka yang suka berselfie ria. Tak tanggung tanggung, pabrikan asal taiwan ini menyematkan kamera depan sebesar 13 Mega Pixel dan nilai yang sama untuk kamera belakangnya. Cukup besar khan jika dibandingkan dengan kompetitornya yang dengan harga yang sama. Kebanyakan smartphone dengan dapur pacu serta harga yang serupa hanya menyematkan kamera berukuran 5 tau 8 di bagian depan dan 12 pada bagian belakang.
Update Terbaru Untuk Zenfone Selfie... Ada Bug?
Beberapa bulan yang lalu, pihak Asus merilis android 6.0.1 alias Marshmallow untuk smarthphone berkode Asus_Z00UD ini. Ketika saya mendapatkan notifikasi system update, saya langsung saja mengupgradenya. Ukuran filenya sekitar 800-an MB. Ukurannya cukup besar mengingat ini adalah peningkatan sistem operasi ke versi terbaru. Untuk mendownloadnya seharusnya tidak membutuhkan waktu yang lama secara perangkat ini sudah mendukung teknologi 4G. Namun itu jika kita berada pada area yang sudah terjangkau jaringan 4G, namun sayangnya saya belum.

Untuk kalian yang belum mengupgrade android kalian ke Marshmallow, silahkan cek-cek dengan cara masuk ke menu Setting lalu gulir ke bawah sampai nemu menu System Update.

Setelah mengupgrade versi android dari yang sebelumnya adalah versi Lollipop ke Marshmallow, tampak perubahan pada tampilan menu dan beberapa aplikasi bawaan sudah dihilangkan. Untuk performa sendiri ada peningkatan dengan penggunaan Ram dan baterai lebih efisien.

23 Nov ini, asus kembali merilis update-an untuk zenfone selfie. Update-an ini merupakan patch perbaikan bug dan peningkatan performa untuk zenfone selfie. Saya pun mendownloadnya lalu memasangnya. Ukuran filenya sekitar 288MB. Proses pemasangan memakan waktu yang tidak terlalu lama, sekitar 10 menitan mengingat ukuran filenya juga tidajk terlalu besar. Untuk jumlah aplikasi yang diupgrade ada sekitar 61 aplikasi. Entah aplikasi apa saja yang ditimpa itu, saya tidak sempat memperhatikannya.

Setelah proses pemasangan update-an berhasil, tampak tidak ada perubahan dari segi tampilan maupun performa yang signifikan. Namun di sini saya malah mendapati masalah baru... Masalah tersebut ada pada tethering jaringan. Setelah beberapa menit tethering tiba-tiba smarthphone saya ngerestart sendiri. Entah apa penyebabnya. Apakah kepanasan? karena biasanya penyebab utama smartphone mengalami restart pada saat tethering adalah kepanasan, namun tentu saja tidak pada smatrphone yang satu ini. Zenfone Selfie ini boleh saya bilang cukup asik dipakai tethering karena tidak panas dan tidak boros daya, tidak seperti smartphone saya sebelumnya yang sangat panas don boros daya.

So apanya dong? BUG? mungkin saja, cacat adalah hal yang lumrah terjadi karena tidak ada sesuatu yang diciptakan dalam kondisi sempurna karena yang sempurna hanyalah Allah SWT hehe... Semoga tim developer dari asus segera memberikan update-an terbaru untuk memperbaiki masalah ini.

update: Smartphone saya kini sudah tidak pernah ngerestart lagi saat dipakai teathering, tidak tahu juga kenapa tiba-tiba sudah membaik saja tanpa diberi obat, bingung juga saya. Selain itu Asus kembali memberikan update untuk sistem operasi android marsmellow ini. Ukuran filenya sekitar 500 MB kalau saya tidak salah ingat. Silahkan cek seperti pada langkah yang saya tuliskan di atas jika kalian belum mendapatkan notifikasi otomatis dari asus.

Catatan ganteng dari San:
Artikel mengenai bug di atas ini berdasarkan pengalaman saya ya, jadi bisa saja hal serupa tidak terjadi pada kalian setelah mengupdate sistem operasi ponsel kalian.
Komentar

Temporary Disabled