Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart Sendiri

Beberapa hari terakhir ini saya mendapati ponsel android saya sering restart sendiri. Tidak ada angin tidak ada hujan kok tiba-tiba ngerestart sendiri. Mungkin karena ponsel saya ini sudah cukup lawas, sudah empat tahun umurnya. Sayapun dibuat cukup resah karena ponsel tersebut termasuk ponsel kesayangan walaupun fungsi utamanya sudah digantikan oleh asus zenfone selfie. Posel itu hanya saya gunakan hanya untuk mengirim pesan, melakukan panggilan dan menerima panggilan. Sayapun akhirnya googling untuk mencari solusi dari permasalahan ini.

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restart Sendiri
Src gbr: Gambar pribadi

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ponsel android mengalami restart sendiri, bisa dari faktor eksternal, internal atau mungkin dari pengguna. faktor-faktor penyebab tersebut antara lain:
  • Adanya kerusakan internal, seperti gangguan kelistrikan, kerusakan karena basah.
  • Adanya aplikasi malicious yang terinstal.
  • Kegagalan sistem pada custom rom.
  • Kerusakan pada ruang penyimpanan sehingga file sistem tidak bisa diload.
  • Kerusakan karena jatuh.
Lalu apa langkah yang bisa dilakukan saat mengalami ponsel yang sering restart sendiri?, Berikut ini beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut:
  • Jika penyebabnya adalah masalah internal seperti karena basah, hal yang bisa dilakukan adalah membuka casenya lalu mengangin-anginkannya sampai kering.
  • Jika penyebab restart adalah karena adanya aplikasi malicious pihak ketiga yang terrpasang, yang bisa dilakukan adalah menemukan aplikasi tersebut lalu menguninstalnya secara permanen. Namun yang jadi masalah adalah aplikasi pengganggu tersebut biasanya tersamarkan karena memiliki nama file yang mirip file sistem. Kalo kalian jeli, kalian bisa menemukan aplikasi malicious ini.
  • Jika restart disebabkan karena saat memasang custom rom, silhkan ponsel kalian diflash lagi tentunya dengan custom rom yang tidak korupt.
  • Jika penyebab restart karena adanya kerusakan pada ruang penyimpana internal, yang bisa kalian lakukan adalah membawanya ke service center, kalau masih baru dan bergaransi yah sukur, namun kalau garansinya sudah kadaluarsa atau hangus, silahkan merogoh kocek untuk memperbaikinya.
Untuk kasus saya, ternyata sering restart disebabkan karena adanya aplikasi pihak ketiga yang terpasang. Entah dari mana aplikasi itu berasal, yang pastinya saat mengunjungi sebuah situs tertentu. Jadi sebagai saran, saat mengunjungi sebuah situs biasanya dan muncul pop-up dan perintah untuk mengecek virus atau mendowload aplikasi abaikan saja, sudah pasti itu aplikasi malicius, virus, adware dan pastinya tidak berguna dan berbahaya. Jika sudah terkena penyakit restart seperti yang saya alami ini, silahkan ikut step by step di bawah, boleh dibilang ampuh:

Boot Perangkat ke dalam safe mode
Seperti halnya pc, android juga bisa diboot ke dalam safe mode. Caranya yaitu: Tekan dan tahan tombol power sampai popup untuk mematikan ponsel muncul lalu tekan dan tahan pilihan power off sampai muncul pemberitahuan untuk mereboot ponsel dalam keadaan safe mode lalu pilih ok.

Uninstal Aplikasi yang terakhir dipasang
Berikutnya yaitu menghapus aplikasi yang terakhir dipasang yang diduga menjadi biang kerok. Caranya masuk ke menu settings > Apps > downloaded dan uninstal aplikasi yang terakhir kalian pasang. Cara ini bisa saja menyusahkan jika kita tidak mengingat aplikasi yang terakhir kita pasang atau malah kita tidak tahu aplikasi apa itu. Aplikasi tertentu bisa langsung menyusup kedalam sistem dan terbaca sebagai sistem yang tidak bisa dibuang seperti uninstal biasa. jika cukup jeli atau punya pengetahuan yang lebih, kita kita bisa mengetahuinya dari proses yang berjalan, Namun jika kita tidak bisa menemukannya salah satu cara final yaitu dengan memflash sistemnya. Cara ini pastinya ampuh. dalam kasus saya saya tahu aplikasi terakhir yang saya pasang jadi semuanya masih aman.

Hal lain yang juga bisa kalian lakukan yaitu dengan mereset ponsel. caranya yaitu  masuk ke menu Settings > Backup & Reset > Factory data reset. Namun perlu diketahui bahwa dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik, semua data akan hilang termasuk data-data akun kalian. Maka dari itu sebaiknya lakukan backup data sebelum melakukan faktory reset. Semoga artikel yang berjudul cara mengatasi smartphone android yang sring restart sendiri ini bisa bermanfaat.
Komentar

Temporary Disabled