Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Mungkin beberapa dari kalian pernah apes kehilangan smartphone kalian, entah di sekolah, kampus, angkot, maupun tempat umum lainnya. Padahal smartphone kalian itu berisi data-data penting baik yang sifatnya pribadi maupun umum seperti file tugas sekolah atau file kantor mungkin. Yang namanya kehilangan, tidak ada seorang pun yang menginginkannya tapi kalau sampai kejadian yah namanya juga apes sudah suratan takdir alias kesialan yang tidak bisa dihindari

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Jika kalian mengalami hal tersebut, hal yang paling umum yang kalian lakukan adalah menghubungi nomor kalian dan berharap seseorang berhati tulus mengangkatnya dan mengantarkannya kepada kalian. Kalau kebetulan memang yang menenukan sesuai harapan kita alias orang baik, mungkin smartphone kalian akan kembali dengan kondisi utuh. Namun jika yang menemukannya adalah orang yang tidak jujur maka jangan berharap smartphone kalian kembali. Saya pernah memmbaca artikel tentang seseorang yang yang kehilangan smartphonenya di tempat umum dan yang menemukannya ternyata orang yang "jujur-jujur enggak" atau apalah istilahnya. Soalnya yang menemukan itu secara jujur mengakui secara tertulis melalui surat bahwa ia yang menemukannya. Masalahnya ia tidak serta merta mengembalikan smartphone teersebut tapi menjualnya karena katanya ia lagi butuh uang. Yang ia kembalikan hanya berupa flashdisk yang bersisi backup data dari smartphone tersebut. Bagaimana tidak "jujur-jujur enggak" coba.

Namun sebenarnya ada cara lain yang bisa kalian lakukan daripada hanya sebatas berharap saja, yaitu dengan melacak posisi smartphone kalian dengan menggunakan trik google search sederhana. Namun agar trik ini bisa bekerja ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan yaitu google app harus terpasang, kalian dalam kondisi login dengan akun google, now cards, Web & App activity harus dalam kondisi enabled dan location reporting diatur pada mode high accuracy. Jadi sebenarnya penting untuk menset hal-hal di atas jika kalian takut suatu ketika smartphone kalian hilang. Namun yang menjadi masalah adalah boros dalam penggunaan daya apalagi saat gps nya dihidupkan.

Namun agar trik ini bisa bekerja ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan yaitu google app harus terpasang, kalian dalam kondisi login dengan akun google, now cards, Web & App activity harus dalam kondisi enabled dan location reporting diatur pada mode high accuracy. Jadi sebenarnya penting untuk menset hal-hal di atas jika kalian takut suatu ketika smartphone kalian hilang. Namun yang menjadi masalah adalah boros dalam penggunaan daya apalagi saat gps nya dihidupkan.

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Jika hal-hal di atas terpenuhi, maka yang perlu kalian lakukan untuk melacak posisi smartphone kalian cukup sederhana yaitu:

  1. Nyalakan laptop kalian dan mulailah online, lalu silahkan buka browser
  2. Masuk ke akun google yang sama dengan yang ada di smartphone kalian arahkan ke homepage google.com
  3. Ketikkan find my phone pada kolom google search. Nanti akan muncul feedback berupa map, silahkan klick tulisan mulai

Nantinya akan muncul map dengan dengan tanda yang menunjukkan lokasi smartphone kalian. Untuk posisinya tentu saja tidak akurat, tahu sendirilah bagaimana gps bekerja. Namun posisinya pun tidak akan terlalu jauh paling cuman beberapa meter saja antara yang ditampilan di map dan yang aktual di lapangan.

Jika kalian cukup dekat dengan posisi smartphone yang ditunjukkan di map, kalian bisa mengklik tombol ring pada map tersebut, nanti smartphone kalian akan berdering selama 5 menit. Trik ini tidak hanya berlaku untuk perangkat pintar android saja, tetapi juga smrtphone lainnya seperti iPhone, BB, windows. So jika kalian kehilangan smatphone kalian, silahkan gunakan trik ini...
avatar
Written by

"A good boy who keeps dreaming to have a better live but doing nothing to achieve it"