Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu teman hidup yang sangat menjengkelkan, setuju tidak? mereka merupakan "bagian" dari kita yang pastinya tidak pernah kita inginkan. Mereka selalu bersama kita baik dalam senang, susah maupun duka. Mereka ada tanpa mengenal dimensi ruang dan waktu. Mereka muncul di mana saja, di wajah, leher, dada maupun punggung. Mereka datang walau tak diundang layaknya jelangkung, si anak mandiri dari dunia seberang.

Cara Menghilangkan Jerawat

Apa itu jerawat?

Jerawat merupakan masalah kulit yang menyerang tubuh terutama wajah yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil berukuran kecil dan besar. Hal ini dikarenakan karena pori-pori pada kulit tersembat dan menghasilkan kantung nanah yang meradang.

Jenis-jenis jerawat

Ada beberapa jenis jerawat antara lain:

Komedo
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jerawat biasa
Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

Jerawat batu (Cystic acne)
Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:
  • Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
  • Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Penyebab kulit berjerawat

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit berjerawat, tidak memandang usia, apakah kita masih muda atau sudah tua. pada beberapa artikel kesehatan dikatakan bahwa jerawat dipengaruhi oleh produksi hormon. Semakin tinggi produksi hormon maka produksi kelenjar minyak yang merupakan salah satu penyebab jerawat ini juga semakin tinggi. Kelenjar minyak ini akan memproduksi sebum yang nantinya akan bergabung dengan kotoran yang akan menyumbat pori-pori kulit. Jadi bisa di katakan bahwa mereka yang sedang bergejolak produksi hormonnya seperti remaja akan memiliki peluang jerawatan yang sangat besar, dan kenyataannya memang seperti. Saat pori-pori tersubat, bakteri propionibacterium acne akan menhasilkan zat iritan yang akan membuat jerawat membengkak dan bernanah.

Selain penyumbatan pori-pori karena produksi minyak yang tinggi, jerawat juga bisa dikarenakan stress, menstruasi pada wanita, masturbasi, serta faktor keturunan. Jadi kalau orang tua kalian berjerawat maka kemungkinan besar kalian juga akan berjerawat.

Cara mengobati jerawat
Pada artikel ini, tips mengobati jerawat yang akan saya berikan adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya yang juga berjerawat. Jerawat yang saya alami adalah jenis jerawat batu yang sudah muncul saat saya menginjak sekolah menengah pertama. Tips yang saya berikan sifatnya subjektif jadi mungkin akan berhasil pada orang lain namun belum tentu berhasil pada kamu.

Rajin cuci muka
Hal pertama yang perlu kalian lakukan jika sudah mulia berjerawat yaitu dengan rajin mencuci muka. Gunakan sabun pencuci muka yang mengandung zat anti bakterial. Ada banyak produk di luar sana yang mengandung anti bakterial namun tidak semuanya cocok untuk jenis kulit kalian. Saya sendiri menggunakan sabun muka bermerk pond*. Produk ini terbukti cocok dengan kulit saya yang sedikit snsitif, memberikan rasa segar dan bersih. Saya juga pernah mencoba sabun yang mengandung sulfur yang katanya bagus untuk mengatasi masalah jerawat, namun tidak terlalu efektif buat saya.

Olah raga
Olah raga bagi saya terbukti meringankan masalah jerawat. Berolahraga juga akan menyeimbangkan hormon dan mengurangi stress yang keduanya merupakan faktor penghasil jerawat. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat. Pori-pori kulit akan melebar dan minyak yang ada di dalamnya akan ikut dikeluarkan bersama dengan keringat.  Mungkin gambarannya kurang lebih seperti itu. jadi selain menyehatkan tubuh, berolahraga juga bisa mengatasi masalah jerawat. Trust me...

Pola makan yang sehat
Pola makan yang baik serta sehat perlu kalian terapkan jika tidak ingin dihinggapi oleh yang namanya jerawat. Hindari makan makan yang menngandung minyak dan berlemak seperti gorengan karena selain menjadi penyebab penyakit kolesterol, juga menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain gorengan makan berbahan kacang-kacangan juga akan menimbulkan jerawat. contohnya kacang tanah. Sebaiknya hindari memakan makanan-makanan tersebut di atas.

Banyak minum air putih
Tubuh kita setidaknya membutuhkan delapan gelas air atau setara 4 liter untuk setiap harinya. banyak-banyaklah meminum air putih karena berdasarkan pengalaman saya hal tersebut bisa menjadi treatment untuk jerawat.

Kurangi masturbasi
Masturbasi merupakan aktifitas perangsangan pada kelamin untuk mencapai orgasme. Saya akui bahwa dulu saya cukup sering bermasturbasi dan alhasil dalam 1-3 hari setelah olahraga tangan tersebut jerawat pasti muncul. Dalam kasus saya itu mutlak. Entah bagaimana penjelasan medisnya. Jadi jika kalian ingin terhindar dari jerawat, kurangi atau hilangkanlah kebiasaan bermasturbasi. Caranya lakukan hal-hal positif, jangan suka menyendiri dalam kamar, dan perbanyaklah pergaulan, hang out bareng teman dan pastinya beribadah.

Rajin makan buah
Beberapa jenis buah sangat bagus untuk kesehatan kulit. Kulit yang sehat bisa menjadi tameng bagi bakteri penyebab jerawat. Contoh buah yang bagus untuk kesehatan kulit serti jeruk, mangga, pepaya dan sebagainya. banyak mengkonsumsi buah-buahan bisa menjadi cara untuk mengobati jerawat secara alami.

Berhenti merokok
dalam kasus saya saat merokok, kulit tiba-tiba menjadi sangat berminyak. Entah bagaimana penjelasan medisnya mengenai hubungan antara merokok dan produksi kelenjar minyak. Selain itu dalam asap rokok juga  mengandung banyak zat yang bersifat toksik untuk tubuh. Jadi sebisa mungkin hindarilah  yang namanya merokok guys.

Bawa sapu tangan kemana-mana
Tips terakhir dari saya yaitu dengan membawa sapu tangan kemana-mana. Saat sedang beraktifitas, kulit akan menghasilkan minyak dan keringat yang akan membuat kotoran seperti debu, bakteri akan menempel di kulit wajah kita. Alhasil jerawat akan tumbuh. Jadi manfaatkanlah sapu tangan, sekalah wajah saat sedang berkeringat.

Sejauh ini saya belum pernah melakukan konsultasi medis dan menggunakan pengobatan medis untuk mengatasi kulit berjerawat saya. Cukup dengan menerapkan tips di atas, walhasil jerat saya sembuh 99%. hanya saja kulit wajah saya sedikit bopeng karena dulu saya sering memencet jerawat saya. Sumpah saya sangat menyesal sekarang. Perlu kalian ketahui bahwa untuk cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam hal ini bopeng adalah hal yang sangat musthail. jalan satu-satunya hanyalah dengan tindakan medis seperti peeling ataupun trik laser yang oleh para praktisi medis diklaim ampuh. Jadi ingat guys jika kalian tidak ingin bopengan sebaiknya gembok kedua telonjuk kalian.

Ada bayak artikel tentang cara menghilangkan jerawat  secara alami yaitu dengan menggunakan bahan yang dihasilkan alam yang bisa kita dapatkan dengan mudah seperti ketimun, pepaya, lemon, madu dan sebagainya. Ada juga yang menggunakan baking soda dan pasya gigi. Saya sendir belum pernah menggunakan bahan-bahan di atas dalam treatment jerawat yang menyerang saya. Saya cukup melakukan tips di atas. Silahkan dicoba dan semoga bisa berhasil di kalian juga.

refrensi:
  • wikipedia
  • pengalaman pribadi