Hati-Hati, Kuota Indosat Ooredoo Bisa Kereset

Hello guys... pada postingan kali ini saya ingin menceritakan sebuah pengalaman yang tidak mengenakkan yang baru-baru ini saya alami. Pengalaman yang tidak mengenakkan sekaligus ngesellin  itu adalah kuota internet indosat ooredoo saya sebesar 5,4 GB kereset alias terhapus. Oke, langsung saja kita ke te ka pe...


Jadi nomor yang saya gunakan saya isi dengan paket utama dengan kuota sebesar 3 GB di jaringan 2g/3g ditambah 2 GB khusus di jaringan 4g dengan harga paket Rp. 60000 kalo saya tidak salah ingat. Kalo sekarang harga paketnya sudah naik jadi Rp. 65000. Semua harga paket yang ditawarkan indosat ooredoo naik sebesar Rp. 5000. Ok guys balik lagi ke paket utama, jadi paket utama itu saya beli sekitar beberapa bulan yang lalu. Ketika kuota habis saya membeli paket paket yang sama atau cukup dengan paket extra kuota.

Paket extra kuota yang saya beli biasanya adalah yang 4 GB dengan harga Rp. 65000 dan dengan kuota yang lebih besar yaitu 6 GB dengan harga Rp. 85000. Dan paket yang terakhir yang saya beli adalah paket dengan kuota 6 GB. Saya beli tanggal 24 april lalu. Jadi total total kuota yang saya miliki saat itu sebesar 6 GB untuk kuota utamanya serta tambahan 19,5 GB di jaringan 4g yang bisa di cek dengan mengirimkan pesan dengan format "usage" ke 363 atau cukup dengan mengunduh aplikasi resmi indosat ooredoo yang bernama myIM3 di playstore. Kuota di jaringan 4g awet tidak kepakai berhubung karena di lokasi saya tinggal belum terjangkau jaringan 4g.

Baru 3 hari terpakai dengan total pemakaian sekitar 600 MB yang saya gunakan untuk mengupdate firmware asus zenfone selfie yang saya miliki, muncul pesan singkat dari indosat yang menawarkan PROMO paket internet murah. Paket promo tersebut dibanderol dengan harga murah sebesar Rp. 30000 saja (harga asli Rp. 59000) dengan detil kuota 3 GB + 10 GB di jaringan 4G. Melihat harganya siapa sih yang tidak tertarik? khan beneran murah, cukup dengan Rp. 30000 saja saya bisa mendapatkan 3 GB, daripada membeli paket extra yang harganya Rp. 65000 cuman dapat 4 GB doang.

Berhubung saat itu pulsa saya masih ada sekitar Rp. 44000 akhirnya tanpa berpikir panjang saya langsung membeli paket promo tersebut. Cukup dengan mengikut perintah yang tertera pada pesan singkat promo tersebut yaitu dengan mengirim pesan dengan format  "ya" ke 919. Tidak lama kemudian pesan balasan dari indosat pun saya terima. Pesan itu berisi konfirmasi yang mengatakan bahwa pembelian paket promo 3 GB dengan harga Rp. 30000 tersebut berhasil saya lakukan. Saat itu saya mengira bahwa saya memiliki banyak kuota. Mengapa tidak toh indosat ooredoo punya konsep paket data terakumulasi, jadi kuota yang saya miliki adalah sebesar 8,4 Gb.

Saya kemudian mengecek detil kuota yang saya miliki dengan mengirim pesan dengan format "usage" ke 363 dan mendapatkan balasan yang membuat saya sedikit bingung dan kaget pastinya. Pesan balasan tersebut mengataka bahwa paket yang saya miliki adalah sebesar 3 GB plus 10 GB di jaringan 4g. Loh yang sisa 5,4 GB kemana ya, kok hilang, kok tidak terakumulasi?. Saat itu saya mencoba berpikir positif saja, mungkin tidak terlihat di sistem karena yang ditampilkan adalah kuota dari paket terbaru yang saya beli. Saya pun menggunakan kuota tersebut selama beberapa hari sampai tersisa sekitar 70-an MB saja. Saya pun mulai curigfa dan merasa bahwa kuota utama yang 5,4 GB itu raib dan akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi contact center indosat ooredoo. Tepat pada tanggal 11 mei kemarin, saya menghubungi contact center mereka di line telpon 185 untuk menanyakan perihal permasalahan yang saya alami.

Panggilan sayapun akhirnya di terima oleh operator bersuara merdu yang diawali dengan basa-basi formal "selamat pagi, dengan bapak siapa di mana?". Saya mulai menjelaskan permasalahan yang saya alami dengan layanan mereka pada operator tersebut. Saya menjelaskan kronologinya, mulai dari pembelian paket utama, paket extra serta paket promo yang saya beli. Ia tampaknya bisa langsung menangkap permsalahan saya. Ia kemudian meminta saya menunggu sebentar untuk mengecek detail paket maupun history pembelian paket yang tertera di sistem mereka. Mungkin sekitar 30 detik Ia kemudian kembali dan mulai menjelaskan detil paket yang saya miliki.

katanya sisa paket yang saya miliki sesuai dengan yang tertera pada pesan yang ditampilkan 363 serta aplikasi myIM3. Untuk sisa paket utama yang sebesar 5,4 GB tersebut sesuai dugaan saya saya yaitu hangus, Katanya yang menyebabkan kuota tersebut hangus karena paket promo yang harganya Rp. 30000 (harga asli 59000) itu adalah paket utama, dimana di indosat ooredoo ketika paket utama yang dibeli memiliki harga yang lebih kecil (Rp. 59000) dibandingkan harga paket utama yang sebelumnya dibeli (Rp. 65000), maka paket sebelumnya akan DIRESET, namun hal tersebut tidak akan terjadi jika sebaliknya. Jadi bisa dipastikan bahwa kuota saya sebelumnya kena reset bukannya terakumulasi seperti yang saya harapkan.

Saya kemudian menanyakan kepada si operator mengenai kejelasan dari kebijakan mereka, apakah mereka menginformasikan kebijakan tersebut secara jelas kepada pelanggan. ia mengatakan bahwa kebijakan tersebut ada di situs resmi mereka. Tapi toh seberapa banyak orang sih yang mengunjungi situs mereka? jadi yah bagaimana pelanggan bisa tau mengenai kebijakan tersebut. Saya pun akhirnya mengakhiri panggilan dengan contact center indosat ooredoo. Sekedar informasi tambahan untuk teman-teman pelanggan indosat, kalian bisa mengubungi layanan customer service indosat ooredoo melalui call center di 185 dengan biaya Rp. 400 per panggilan, atau dengan mengirimkan email ke cs@indosatooredoo.com atau dengan memention di akun twitter mereka di @indosatcare

Jadi guys, apa yang saya alami ini adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga, yang membuat saya dan kita tahu bahwa kuota indosat ooredoo yang kita miliki bisa tereset alias terhapus jika paket utama yang kita beli harganya lebih murah dari paket utama yang kita beli sebelumnya. Dan juga kita harus berhati-hati terhadap setiap promo paket internet yang ditawarkan oleh operator ini, karena jika melihat apa yang saya alami, promo tersebut lebih terasa seperti jebakan batman. Bukannya untung tapi malah buntung hahah.

Saya juga ingin menyampaikan kepada pembaca sekalian tolong sebarkan artikel ini melalui tombol share yang ada di bawah agar orang-orang di luar sana bisa tahu dan tidak mengalami kejadian naas seperti yang menimpa saya. Demikian artikel yang berjudul "hati-hati, kuota indosat ooredoo bisa kereset", semoga bisa bermanfaat.