Cara Aman Mengunduh Aplikasi Android di Luar Google Playstore

Pastinya kita semua mengetahui bahwa satu-satunya penyedia aplikasi android (apk) resmi dan terpercaya adalah google playstore. Namun kadang ada hal-hal lain yang menyebabkan kita harus mencari sumber penyedia aplikasi android lain selain google playstore.


Misalnya pada beberapa aplikasi tertentu ada syarat khusus yang menyebabkan kita direstriksi untuk mengunduh aplikasi tersebut, yaitu masalah region. Aplikasi tersebut tidak tersedia untuk negara tertentu namun kita sungguh ingin mencoba apliksi tersebut.

Alhasil kita mencari sumber lain dimana kita bisa mengunduh aplikasi tersebut. Maka dari itu kita butuh sumber yang reliable yang bisa memberikan jaminan bahwa kita mengunduh aplikasi yang aman.

Kita tentunya tidak ingin mengunduh aplikasi dan memasangnya di perangkat android kita yang ternyata aplikasi tersebut mengandung malware, program ads yang sifatnya intrusif dan sebagainya.

Lalu adakah penyedia aplikasi android yang aman di luar sana? Jawabannya ada, namun tidak ada yang mampu menjamin 100% mengenai keamana semua aplikasi di penyedia aplikasi android tersebut. Berikut ini saya berikan beberapa list source penyedia aplikasi android yang cukup aman berdasarkan rating dan review komunitas android.


rankPenyediaAlamat/tipe
1APKMirrorapkmirror.com
2Amazon AppstoreApk
3Aptoideaptoide.com
4F-Droidapk

Apkmirror menempati urutan teratas karena situs penyedia aplikasi android ini sudah mendapat pengakuan dari berbagai komunitas android sebagai penyedia aplikasi yang aman. Selain itu situs ini juga menydia aplikasi yang sangat lengkap. Selain itu di situs ini kita juga bisa memilih versi aplikasi yang ingin kita unduh karena setiap versi dari yang terbaru sampai yang paling lawas ada di situs ini.

Tidak hanya itu aplikasi android yang berlabel pro pun bisa kita temukan di sini.

Untuk lebih memastikan keamanan apk yang kita unduh kita bisa menggunakan situs antivirus online yang bisa menscan aplikasi android. Ada beberapa servis online scan aplikasi android yang kita gunakan. Beberapa yang terbaik di antaranya adalah:


NoPenyediaAlamat
1Metafenderhttps://www.metadefender.com/
2Nvisio Apk Scanhttps://apkscan.nviso.be/
3VirusTotalhttps://www.virustotal.com/


Sebaiknya tetap gunakan google playstore sebagai sumber utama aplikasi android yang ingin kalian unduh namun jika terpaksa kalian bisa mencoba alternative di atas serta melakukan scanning melalui servis antivirus online yang tuliskan di atas. Semuga artikel ini bisa bermanfaat.