Saatnya Menghapus Segala Yang Berkaitan Dengan Google+

Semua pengguna platform jejaring sosial google plus (google+) pasti sudah pmendapatkan email pemberitahuan dari pihak google perihal penutupan layanan google plus pada 2 April 2019.

Nantinya semua akun dan segala konten yang ada didalamnya, baik berupa story, foto, maupun video akan dihapus secara total. Yang punya konten di google plus sebaiknya silahkan backup dari sekarang.

Banyak spekulasi muncul mengingat alasan mengapa google plus mau ditutup. Ada yang berpendapat bahwa ini dikarenakan masalah popularitas dan ada juga yang berpendapat ini masalah keamanan. Spekulasi tersebut tidak salah sama sekali.

google plus ditutup


Google plus yang launching tahun 2011 lalu meski merupakan produk perusahaan sebesar google sama sekali tidak mampu menyaingi ketenaran platform jejaring sosial raksasa kompetitor seperti facebook maupun twitter.

Kebanyakan pengguna jejaring sosial berpikir bahwa mereka cukup kaku dalam menggunakan google plus. Tampilannya diaggap kurang inovatif dan catchy. Yah bisa bisa dibilang google plus kurak menarik perhatian 50 juta lebih penggunanya untuk menggunakan platform ini secara reguler.

Faktor lain yaitu masalah keamanan. Hal yang tidak diketahui publik adalah adanya masalah pelanggaran terhadap data pengguna google plus yang dilakukan oleh pengembang pihak ketiga beberapa bulan yang lalu. Setelah kejadian itu pihak perusahaan mengumumkan akan menutup layanan google plus.

Sekarang sudah saatnya blogger mengapus segala atribut yang berbau google plus sepeti profil google plus, tombol berbagi maupun link profil sosial media, karena kalau tidak, link-link ini akan menjadi broken link yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan blog.

Untuk profil google plus bisa dialihkan kembali ke profil blogger. Caranya silahakan loggin ke akun blogger anda, pilih setelan > setelan pengguna > lalu ganti profil pengguna ke blogger. Untuk tombol berbagi bisa diganti ke layananan yang lain seperti pinterest.