Membuat Animasi Wayang Kulit Dengan Synfig Studio

Beberapa hari yang lalu saya menonton sebuah video animasi di facebook. Video tersebut sangat menarik bagi saya. Bagaimana tidak, selain jalan ceritanya yang bagus, karakter yang digunakan juga mirip seperti wayang kulit Indonesia.

Entah video tersebut dibuat oleh orang indonesia atau bukan saya tidak tahu soalnya saya lupa melihat detil dari kredit link yang dicantomkan pada kolom deskripsi video tersebut.

Ngomongin wayang kulit memang saya cukup tertarik. Shape serta atribut dari wayang kulit bagi saya sangat eksotis. Menariknya ya sebatas itu saja sih kalau dibilang suka nonton sebenarnya juga tidak. Pernah nonton beberapa kali waktu masih kecil tapi gak paham soalnya dalangnya pakai bahasa Jawa. hehe

Nah karena video animasi tersebut saya jadi tertarik juga untuk mencoba membuat animasi sederhana yang karakter utama adalah wayang kulit. Untuk program pembuat animasi biasanya orang menggunakan adobe after effects, namun program tersebut berbayar dan juga butuh resource komputer yang bagus supaya bisa digunakan dengan lancar. Saya berpikir mungkin ada program yang jauh lebih sederhana dan gratis yang bisa saya gunakan.

Mulialah saya googling program yang bisa digunakan untuk membuat animasi sederhana dan juga gratis ini dan bak gayung bersambut, ternyata software tersebut ada namanya synfig studio. Program ini merupakan program pembuat animasi 2 dimensi yang menurut beberapa review cukup direkomendasikan. Jadi yah saya download saja.

Setelah memasang program tersebut di laptop kesayanagn saya tidak lupa saya menonton beberapa video di youtube tentang cara menggunakannya. Caranya ternayata cukup mudah dan saya siap untuk action.

Membuat Model/Karakter

Hal pertama yang saya lakukan adalah menentukan model/karakter untuk animasi ini. Saya googling dulu gambar wayang kulit sebagai acuan. Pilihan jatuh kepada sosok dewi sinta dan mulailah saya membuat shape-nya dengan menggunakan adobe illustrator.

Shape dari dewi sinta ini saya buat dalam beberapa bagian yang kemudian saya simpan dalam bentuk gambar berlatar transparan alias png.

Synfig Studio

Mengolah dengan Synfig Studio

Setelah tahap pembuatan karakternya selesai semua gambar siap diinput ke syfig studio. Untuk pembuatannya cukup sederhana. Gambar-gambar tesebut dibuatkan sebuah skeleton yang memiliki bone yang sesuai dengan tiap-tiap bagian dari gambar itu. Nantinya gambar dan bone dari skeleton ini akan dikaitkan satu sama lain. Ketika bone digerakkan makan gambar juga akan bergerak.

Karena animasi ini hanyalah percobaan saja jadi modelnya polos saja serta durasinya saya buat sesingkat mungkin.

Rendering

Nah ini adalah tahap akhir dari editing. Yang namanya rendering membutuhkan kesabaran karena prosesnya cukup lama. Apalagi jika tidak didukung oleh resource komputer yang memadai video 3 menit bisa memakan waktu sampai berjam-jam.

Untuk animasi yang saya buat ini hanya butuh beberapa menit saja sampai proses renderingnya selesai. Hasilnya silahkan dilihat di bawah.

synfig studio