Yang mana ialah dua kosong dua empat?

"Yang mana ialah dua kosong dua empat?" merupakan teka-teki yang sering kita temui di facebook seperti halnya teka-teki "Anaknya Diana Adalah...".

Tes logika,Yang mana ialah dua kosong dua empat?
Tes logika,2024

Pertanyaan lengkapnya kurang lebih begini:

Yang mana ialah dua kosong dua empat?
a. 2024
b. 0024
c. 0044
d. 2044

Mari kita telaah kalimat tersebut dengan baik. "Dua kosong dua empat" terdiri dari empat kata yaitu dua, kosong, dua, dan empat. Sedangkan opsi jawabannya semuanya berupa angka. Di sinilah kekeliruan muncul.

Kenapa? karena "Kosong" itu tidak bisa di samakang dengan angka "nol" alias "0".

Dalam kaidah bahasa Indonesia, kosong berarti tidak ada dan kosong sejatinya tidak memiliki simbol sehingga kosong ini berbeda dengan NOL. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai nol dan kosong.

Apakah nol itu?
Nol merupakan sebuah angka yang memiliki simbol "0". Nol merupakan satu-satunya angka netral, berarti, tidak bernilai positif dan tidak negatif. Nol juga merupakan satu-satunya bagian dari bilangan cacah tetapi bukan bilangan asli.

Nol adalah suatu bilangan atau anggota dari suatu himpunan. nol juga merupakan suatu identitas penjumlahan baik dalam penjumlahan bilangan bulat, bilangan real, maupun bentuk aljabar.

Contoh penggunaan nol dalam sebuah himpunan: S: {-5, -3, 1, 0, 7}

Kosong
Kosong itu yah kosong, bisa dibilang hampa dan tidak berwujud dan bukan merupakan bilangan. Jika dikaitkan dengan himpunan maka kosong ini tidak memiliki anggota sama sekali (biasa dilambangkan { } ).

Dari contoh himpunan S diatas, himpunan tersebut memiliki lima anggota, dengan nol sebagai salah satu anggotanya. sedangkan apabila kita menghapus seluruh angka didalam himpunan S tersebut, akan diperoleh { } sehingga himpunan tersebut adalah himpunan kosong dan jumlahnya adalah nol.

Merujuk dari penjelasan di atas maka poin yang bisa kita ambil adalah: Kosong tidak sama dengan Nol maka bisa dipastikan bahwa dari ke empat opsi yang diberikan tidak satupun yang benar.

Namun pada namunnya, orang Indonesia umumnya menyamakan kata kosong dengan angka nol. Walaupun secara kaidah itu salah namun hal ini sudah menjadi kebiasaan. Kebiasaan buruk yang pastinya sulit dihilangkan.

Jika seperti itu makan jawaban yang paling mendekati yaitu A.

Jawaban teka-teki "Yang mana ialah dua kosong dua empat" adalah:

Tidak ada yang benar :)

Sebenarnya teka-teki ini berasal dari jiran kita malaysia bisa dilihat dari struktur pertanyaannya ytang menggunakan kata "ialah". Coba kita lihat perbedaan jika kalimat tersebut dibuat dalam bahasa Indonesia.
Malaysia: Yang mana ialah dua kosong dua empat?
Indonesia: Yang manakah dua kosong dua empat?

Makanya opsi dari jawaban yang disediakan menggunakan angka semua karena setahu saya dalam bahasa melayu  kosong itu sama dengan 0 (koreksi saya jika salah).

referensi pendukung: john-peter.livejournal.com/1229.html