Merubah panjang pendek snippet artikel sesuka hati tanpa javascript

Pada umumnya kode pemanggil badan postingan pada tema standar blogger menggunakan kode "data:post.body" namun karena dianggap terlalu boros tempat maka digunakanlah snippet yang jauh lebih pendek dengan menggunakan ekspresi pemanggil lain atau atau bahkan menggunakan javascript.

Merubah panjang pendek snippet artikel sesuka hati tanpa javascript

Pada kebanyakan template kustom, kode pemanggil snippet yang digunakan adalah "data:post.snippet" atau menggunakan "data:post.longSnippet" untuk yang mau panjangan sendikit. Namun menggunakan metode ini akan menghasilkan karakter yang jumlahnya "fixed".

Bagaimana jika ternyata kita merasa menggunakan "data:post.snippet" jumlah karakter terlalu sedikit atau menggunakan "data:post.longSnippet" malah terasa agak banyakan. Kalau dulu maka solusi yang digunakan adalah menggunakan javascript namun sebenarnya sekarang kita bisa menggunakan tag "b:eval".

<b:eval expr='EXPRESSION'/>

Sisanya adalah menambahkan ekspresi untuk memanggil snippet dengan jumlah karakter tertentu. Jadinya akan seperti ini:

<b:eval expr='data:post.body snippet {length: 300, links: false, linebreaks: false}'/>

Keterangan:

  • length: Jumlah karakter
  • links: tautan, false jika tautan mau dihilangkan, true jika tautan ingin bisa diklik.
  • linebreaks: Spasi baris (atau apa istilahnya dalam bahasa Indonesia saya tidak tahu, pokoknya jarak tiap baris jika tombol enter ditekan). False jika spasi mau dihilangkan, true jika spasi ingin ditampilkan.


Pada kode di atas badan artikel akan dikorting sampai hanya ada 300 karakter saja. Jika 300 karakter kurang atau kebanyakan maka bisa diubah sesuka hati. Artinya dengan menggunkan kode di atas kita bisa lebih flexible dan juga lebih efisien dalam penggunaan kode karena kita tidak harus lagi menggunakan bantuan javascript.

Pemasangan:
Untuk pemasangan caranya cukup mudah. Untuk tema kustom cukup cari kode kode:

<data:post.snippet> atau <data:post.snippet>

lalu ganti dengan kode

<b:eval expr='data:post.body snippet {length: 300, links: false, linebreaks: false}'/>

Semoga artikel singkat ini bermanfaat
komentar