Panel Surya Untuk Investasi

Penggunaan panel surya memang belum begitu masif pada perumahan di Indonesia. Bahkan di Indonesia, pemanfaatan energi surya di Indonesia baru sebesar 0,05% dari potensi yang ada. Hal ini dipaparkan oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) KementErian ESDM, M. Arifin, dalam keterangan tertulis di laman esdm.go.id. Padahal karena berada di garis khatulistiwa, sinar matahari di Indonesia sangat melimpah.

Panel Surya Untuk Investasi
Panel Surya, image by Raysonho

Matahari bersinar sepanjang tahun, sehingga sangat optimal jika masyarakat Indonesia menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Penggunaan panel surya memang belum begitu masif pada perumahan di Indonesia. Bahkan di Indonesia, pemanfaatan energi surya di Indonesia baru sebesar 0,05% dari potensi yang ada. Hal ini dipaparkan oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) KementErian ESDM, M. Arifin, dalam keterangan tertulis di laman esdm.go.id. Padahal karena berada di garis khatulistiwa, sinar matahari di Indonesia sangat melimpah. Matahari bersinar sepanjang tahun, sehingga sangat optimal jika masyarakat Indonesia menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Manfaat dari menggunakan panel surya
Kenaikan listrik konvensional atau listrik PLN untuk rumah non subsidi mencapai 9,7% per tahun. Penyebabnya dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kenaikan harga bahan bakar utama. Kenaikan ini akan berdampak pada tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, baik secara langsung dan tidak langsung. Memang, tidak setiap tahunnya terdapat kenaikan. Namun sekali naik, kenaikannya bisa mencapai 20-30%.

Dari segi penggunaan, energi listrik tenaga surya sangat cocok karena tidak menggunakan bahan bakar secara konvensional. Energi utamanya adalah matahari yang bisa didapatkan secara gratis. Jika hal ini diterapkan di berbagai instansi, perindustrian, hingga rumah tangga, maka dapat menghemat pengeluaran dan dana yang tersimpan pun bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya. Tagihan listrik bisa berkurang rata-rata hingga 50% dengan menggunakan panel surya. Selalu gunakan panel surya berkualitas.

Proses pemasangan dan harga panel surya
Umumnya, proses pemasangan panel surya diawali dengan kebutuhan konsumen. Dilihat dulu kebutuhan konsumen, tagihan listrik per bulannya. Dari situ akan dianalisa, jika menggunakan pakai panel surya dapat mengurangi tagihan seberapa besar., harus memasang berapa panel surya dan berapa biaya yang dibutuhkan.

Setelah konsumen setuju, akan dilakukan survei ke lokasi pemasangan. Hal ini dilakukan karena panel surya berukuran besar, sehingga penyedia jasa pemasangan panel surya harus melihat terlebih dahulu seberapa besar watt listrik dari lokasi pemasangan. “Untuk satu rumah dengan listrik 2200 watt, dibutuhkan sekitar 6-8 panel dengan ukuran 1x2 meter berjejer di atap. Tempat yang bisa menggunakan panel surya idealnya 1300 watt ke atas,” ujar Angga.

Panel surya sebagai investasi
Panel surya tak hanya membuat kamu menjadi lebih hemat dan ramah lingkungan. Kamu juga bisa sekaligus berinvestasi. 7 hingga 8 tahun pertama, penghematan listrik yang didapatkan sudah bisa membuatmu balik modal. 18 tahun terakhir, bisa dibilang listriknya gratis. Agar tepat dalam berinvestasi maka gunakan panel surya berkualitas dan tahan lama.
0 comments
Cancel