10 Situs penyedia gambar gratis

Gambar merupakan salah satu elemen yang kadang gak penting namun kadang juga sangat penting dalam sebuah tulisan. Kadang gak penting itu jika gambar yang kita gunakan hanya sebagai pemanis dan pelengkap saja. Dan yang penting itu jika gambar memiliki peran integral sebagi ilustrasi informatif seperti misalnya gambar untuk mendeskripsikan hewan, gambar infografis dan sebagainya.

10 Situs penyedia gambar gratis

Gambar untuk blog sendiri bisa diambil dari banyak sumber seperti diambil dengan kamera pribadi, mengambil dari situs penyedia gambar gratis, membuat sendiri dengan sofware desain grafis, membeli lisensi gambar premium dan sebagainya.

Mengambil gambar secara online perlu memperhatikan betul-betul lisensi dari gambar tersebut. Apakah gambar tersebut gratis, berbayar, atau gratis namun harus mengikuti aturan dari Creative Commons Zero (CC0). Dengan kata lain jangan asal mencomot dan menggunakan gambar orang lain karena kalian bisa terkena pasal hak cipta.

Sebenarnya ada banyak situs senyedia gambar gratis. Menggunakan gambar dari situs-situs tersebut kalian bisa menggunakannya dalam tujuan apapun. Mengeditnya, menggunakannya dalam proyekmu untuk tujuan pribadi maupun tujuan komersial. Semua boleh dilakukan tanpa harus memberi kredit kepada si pemilik gambar.Yang tidak boleh jika kalian mengambil kemudian menjual mentah-mentah gambar tersebut.

Situs-situs penyedia gambar gratisan tersebut juga memiliki koleksi gambar yang sangat-sangat banyak dengan bermacam-macam kategori seperti alam, tumbuhan, hewan, manusia, mobil dan sebagainya. Namun kadang ada beberapa gambar yang kita inginkan tidak tersedia pada situs-situs tersebut.

Berikut ini 10 situs penyedia gambar gratis yang saya yakin teman-teman terutama blogger sudah tidak terlalu asing dengan beberapa di antaranya.

1. Pixabay
2. Usplash
3. Pexel
4. Burst by shopify
5. Gratisography
6. Freeimages
7. Canva
8. Kaboompics
9. Picspree
10. Life of Pix

Itulah 10 situs penyedia gambar gratis yang bisa kalian gunakan. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kalian untuk mencomot gambar orang tanpa izin. Kalaupun gambar yang kalian inginkan tidak terseia pada situs-situs tersebut, maka jangan ragu untuk merogoh kocek untuk membeli gambar di situs gambar berbayar seperti shutterstock, istockphoto dan sejenisnya.

Iklan di atas postingan

Iklan di tengah postingan 1

Iklan di tengah postingan 2

Iklan di bawah postingan