Fitur pencil grease di blender 2.8

Blender merupakan program 3D open source gratis yang sangat powerful. Bisa digunakan untuk keseluruhan pemodelan 3 - pemasangan, animasi, simulasi, rendering, penggabungan dan pelacakan gerakan, bahkan pengeditan video dan pembuatan game. Sangat lengkap untuk program yang yang tergolong open source dan gratis.

Fitur pencil grease di blender 2.8


Pencil Grease
Saat ini versi terbaru yang dirilis oleh pihak developer blender adalah versi 2.8a. Pada versi ini ada fitur yang sangat menarik yaitu pencil grease. Dengan fitur ini kita bisa membuat animasi 2 dimensi. Ini merupakan berita gembira bagi para kreator animasi 2D ataupun mereka yang ingin mencoba program animasi 2D tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli program serupa seperti produk Adobe yang berbayar.

Berikut ini contoh animasi pendek 2D yang dibuat dengan menggunakan fitur pencil grease di blender.

blender pencil grease

Pada versi terbaru ini blender mempersyaratkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Pada website resminya tertulis spesifikasi minimum untuk bisa mengguanakan belender setidaknya:


  • 64-bit dual core 2Ghz CPU with SSE2 support
  • 4 GB RAM
  • 1280×768 display
  • Mouse, trackpad or pen+tablet
  • Graphics card with 1 GB RAM, OpenGL 3.3
  • Less than 10 year old


Jadi jika spesifikasi komputer kalian di bawah spesifikasi yang tertulis di atas, maka kalian tidak akan bisa menggunakan blender. Sebenarnya bisa sih, cuman penggunaanya tidak akan optimal terutama jika membuat animasi 3D ataupun gambar realistik yang kaya tekstur. Bagi yang ingin mencoba blender versi terbaru silahkan mengunduhnya melalui website remi blender di sini.

Jika kalian ingin menggunakan blender hanya sebatas untuk membut gambar dengan spesifikasi komputer yang cukup rendah maka kalian bisa mendunduh versi lawas dari blender melalui halaman arsip di situs resminya.

Berikut ini beberapa gambar realistik yang pernah saya buat dengan menggunakan blender beberapa tahun yang lalu dengan blender versi 2.68a. Spesifikasi laptop saya toshiba L510 dengan processor intel corei3, ram 2GB DDR3 dengan display adapter intel HD.

Hasil render dengan blender

Hasil render dengan blender

Hal lain yang bisa kalian buat dengan blender:

blender pencil grease

Bagi yang ingin belajar blender cukup cari tutorialnya di youtube dengan kata kunci blender tutorial. Ada banyak tutorialnya di sana, mulai dari tutorial paling dasar sampai tutorial tingkat profesional.