Ingin beli mobil? baca ini dulu

09 Februari

Memiliki mobil merupakan impian banyak orang dan saya yakin termasuk anda juga. Dengan memiliki mobil, kegiatan berkendara anda akan terasa jauh lebih nyaman dan aman. Anda tidak perlu lagi menghawatirkan panas, debu, hujan atau cuaca buruk lainnya saat anda dalam perjalanan menuju atau pulang dari kantor. Saat anda terjebak dalam kemacetan, berada di dalam mobil tidak akan membuat anda gerah dengan adanya air conditioner pada mobil. Begitupula saat anda bepergian ke tempat yang jauh seperti mudik atau bertamasya ke luar daerah, maka akan jauh lebih nyaman menggunakan mobil apalagi jika anda memiliki anggota keluarga yang banyak dan juga barang bawaan yang banyak. Hal-hal tersebut tentunya bisa menjadi alasan bagi anda mulai memikirkan untuk memiliki mobil.


Namun untuk memiliki mobil banyak hal yang harus anda perhatikan. Jangan memaksakan diri untuk memiliki kendaraan beroda empat ini jika kondisi ekonomi tidak mendukung. Dan jika anda sudah memutuskan untuk memiliki mobil, sebaiknya anda pun sudah menentukan metode pembayaran apa yang yang akan anda gunakan dalam mendapatkan mobil tersebut. Apakah dengan pembayaran secara tunai atau pembayaran secara kredit. Pastikan juga anda sudah matang dengan mobil yang akan anda pilih, apakah sudah sesuai dengan yang anda butuhkan danapakah itu mobil baru atau mobil bekas. Pastikan apa yang anda putuskan betul-betul sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Jangan kedepankan keinginan anda untuk memiliki mobil mewah jika kondisi ekonomi anda pas-pasan dan juga pastikan anda membeli jenis mobil yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya jika anda berpropesi sebagai penjual dan membutuhkan mobil untuk membawa barang maka anda sebaiknya memilih mobil jenis pick up atau box. Jika anda menginginkan mobil sebagai kendaraan keluarga, maka anda bisa memilih mobil model MVP, baik baru ataupun bekas. Jangan coba membeli mobil yang tidak sesuai kebutuhan anda karena bisa jadi anda hanya akan membebani keuangan anda dan juga membuat anda menjadi kurang produktif.

Jika anda memutuskan untuk membeli mobil baru maka prosesnya tidak akan terlalu sulit. Anda hanya perlu ke dealer mobil dan memilih mobil mana yang anda inginkan. Berbeda jika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas. Anda perlu ekstra hati-hati dalam memilih. Anda harus mencari dealer yang terpercaya dan jika anda memiliki pengetuahuan tentang mobil yang kurang memadai maka anda sebaiknya meminta bantuan kerabat atau teman atau kalau perlu seorang mekanik yang paham dengan kondisi dan spesifikasi mobil. Hal ini perlu untuk anda lakukan sehingga mobil bekas yang anda beli lebih terjamin dan tidak muncul masalah yang tidak anda inginkan di kemudian hari. Untuk spesifikasi mobil yang anda inginkan, anda bisa mencari di internet atau menggunakan situs yang menyediakan mobil bekas seperti spesifikasi mobil avanza bekas ini contohnya sebagai rujukan.

Begitupula dengan sistem pembayarannya. Jika anda memiliki kondisi ekonomi yang memadai maka anda bisa membeli mobil idaman anda dengan cara cash/tunai, namun jika tidak maka anda bisa memilih sistem kredit dengan masa angsuran selama beberapa tahun. Pastikan juga anda sudah memahami aturan sistem kredit mobil seperti apa. Anda bisa mengunjungi situs dealer mobil seperti https://www.seva.id/otomotif/in/oto/mobil/bekas/tipe/c/USEDCARTYPE dan menggunakan alat simulasi kredit mobil yang tersedia di sana.