Sayur daun ubi tumbuk

04 Februari

Ubi kayu alias singkong merupakan salah tanaman yang cukup banyak dibudidayakan di daerah saya dulu. Maklum kebutuhan akan umbi tanaman ini cukup tinggi terutama untuk dibuat gorengan. Ubi goreng memang merupakan jajanan yang cukup populer karena mudah didapatkan di warung gorengan manapun serta harganya yang cukup murah.

Selain itu budidaya tanaman ini juga terbilang cukup mudah dibandingkan dengan tanaman lainnya. Cukup ambil batangnya dan tancapkan ke tanah. Tidak perlu dipupuk atau disemprot pestisida. Yang perlu dipantau hanyalah serangan hewan ternak seperti sapi dan kambing atau hewan liar seperti babi hutan.

Selain umbinya, ubi kayu ini juga memiliki daun yang bisa diolah menjadi sayur. Namun di lingkungan saya sayur ini kurang digemari. Mungkin karena rasanya yang agak biasa. Padahal mengenai rasa itu yah tergantung resep sebenarnya. Karena kurang populer maka daun ubi kayu umumnya dijadikan sebagai makanan ternak saja. Kadang ada juga yang jual untuk sayur tapi itu juga kalau ada yang pesan.

Di keluarga saya sendiri sayur daun ubi ini cukup digemari. Tertutama jika dibuat sayur ubi tumbuk kukus, resep sayur yang cukup tua sudah ada sejak jaman dulu. Ketika almarhum nenek saya masih ada, beliau sering membuat sayur ini. Padahal proses pembutan sayur ini terbilang cukup berat karena membutuhkan tenaga dalam proses penumbukannya. Tapi yah begitulah nenek saya tidak perduli karena beliau adalah anggota komunitas nenek strong di kampung saya.

Proses pembuatan sayur ubi kayu tumbuk ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahan utama sayur berupa daun ubi kayu ditumbuk dulu dalam lesung kayu besar. Penumbukkannya juga tidak sampai halus tapi sampai daun ubi pecah menjadi potongan kecil. Setelah ditumbuk baru dicampur dengan kelapa parut kemudian dikukus. Untuk bumbu lainnya cukup ditambahkan dengan garam, micin, kemiri halus dan batang serai yang sudah ditumbuk.



Resep sayur daun ubi tumbuk kukus

Bahan:
1. Daun ubi kayu secukupnya
2. Kelapa
3. Serei
4. Kemiri
5. Garam dan micin secukupnya

Cara membuat:
1. Pertama-tama tumbuk daun ubi dengan menggunakan lumpang batu
2. Parut kelapa lalu campurkan dengan daun ubi tumbuk tadi. Untuk takaran kelapanya jangan terlalu banyak
3. Siapkan panci kukus lalu kukus daun ubi tadi
4. Selang beberapa saat tambahkan bumbu lain seperti kemiri halus, serai, garam dan micin secukupnya lalu aduk.
5. Silahkan tunggu sayurnya matang