Cara mengucapkan nama Khabib Nurmagomedov dengan benar

27 April

Siapa yang tidak mengenal Khabib Nurmagomedov, petarung Seni Beladiri Campuran (MMA) ini menjadi sensasi setelah mengalahkan petarung luar biasa asal Irlandia, "The Notorious" Conor McGregor pada UFC 229 6 Oktober tahun 2018 lalu.


Sumber gambar: Instagram


Dengan kemenangannya atas Conor membuat rekor kemenangan dan tak terkalahka Khabib menjadi 27 selama berkarir secara profesional di dunia olahraga tarung seni beladiri campuran.

Yang membuat pertarungan antara Khabib dan McGregor akan menjadi luar biasa mulai terlihat lewat trashtalk McGregor pada sesi wawancara sebelum pertandingan. Apa yang keluar dari mulut McGregor dianggap sudah kelewatan. Ia bahkan tidak segan mencatut nama-nama penting seperti Ramzan Kadyrov dan Putin dalam trashtalk-nya.

Tak hanya secara verbal, ulah McGregor juga berlanjut dengan gesture yang cukup keterlaluan. Ia tahu bahwa Khabib adalah seorang muslim kemudian ia mulai menawarinya dan bahkan memaksakan minuman kerasnya kepada Khabib.

Saya pikir semua orang yang cukup familiar dengan yang namanya pertarungan MMA, UFC, One Championship dan sebagainya paham bahwa ini semua adalah bagian dari trastalk sebelum pertandingan dan hal ini adalah hal yang lumrah.

Namun yang namanya trashtalk-pun ada koridornya. Seorang petarung tidak boleh melakukan hal yang terlalu berlebihan baik secara gestur dan lisan. Ia harus mengingat dirinya sebagai seorang petarung yang memiliki dignity dan respect terhadap petarung lain walaupun hanya secuil.

Apa yang dilakukan oleh Mcgregor memang bisa dikatang salah. Kita semua tahu niatan McGreoger hanya ingin memanaskan suasana sebelum pertandingan saja. Apalagi jika mengingat bahwa dual keduanya adalah duel utama di UFC 229. Namun apa daya, Khabib Si petarung Sambo termakan bualan sampah sang petarung Irlandia.

Semuanya berlanjut di atas octagon. Pertarungan sengit tersaji ditengah ribuan mata yang menyaksikan duel langsung di T-mobile Arena, Nevada. Penonton yang mayoritas pendukung "The Notorious" riuh acap kali fighter andalan mereka melepaskan pukulan.

Naas bagi McGregor, di dua ronde pertama ia didominasi oleh "The Eagle", satu pukulan telak mengarah kewajahnya, ditambah take-down dan dominasi lewat skill grapling sang petarung Dagestan yang menurut Joe Rogan berada di level yang berbeda.

Khabib benar-benar menggila, McGregor dibantai. Di satu kesempatan ia berteriak ke McGregor "Kau ingin berbicara, ayo kita bicara sekarang" dan dengan lugunya McGregor membalas Khabib: "Ini hanya bisnis..."

Walaupun sempat berbalik mendominasi di ronde ke tiga, namun kehebatan Khabib membuat McGregor harus menyerah di ronde ke empat melalui tekhnik "rear naked choke". McGregor terduduk suram...


Sumber gambar: sport.detik.com


Ah nostalgia sekali...

Mari kembali ke topik utama tulisan ini, bagaimana cara mengucapkan nama Khabib Nurmagomedov dengan benar?

Kalau menggunakan lidah orang Indonesia maka nama Khabib akan dibaca apa adanya sesuai dengan tulisannya. Namun pengucapan yang benar menurut orang Dagestan dan Rusia ternyata tidak seperti itu.

Nama lengkap Khabib adalah Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov. Namanya berunsur islam-slavic mengingat ia adalah seorang muslim asal Dagestan Rusia. Dalam sebuah wawancara telekonferens, Khabib mengucapkan namanya secara langsung.

Cara mengucapkan nama Khabib Nurmagomedov

Khabib, kalau orang Indonesia yang mayoritas islam pasti tahu cara membaca mengingat Khabib berasal dari bahasa arab. K pada Kha samar dan sumber bunyi terpusat pada leher. Pokoknya sesuai cara baca حبيب lah.

Abdulmanapovich, cukup dibaca sesuai dengan tulisannya.

Nurmagomedov, ini yang saya yakin cukup aneh bagi kita. Nurmagomedov ternyata memiliki cara pengucapan yang jauh dari tulisannya. Nurmagomedov ternyata diucapakan "Nurmuhammadov".

Jadi cara pengucapan yang benar adalah "Habib Abdulmanpovich Nurmuhammadov". Kalau diartikan, nama Khabib memiliki makna "Anak Abdulmanap tersayang, cahaya Muhammad". Indah sekali ya.

Bagaimana, kalian sudah tahu kan cara mengucapkan nama Khabib dengan benar?