Panduan Memilih Law Firm untuk Konsultasi

13 April 2020

Sebagai masyarakat awam, kita tentu bingung ketika harus berurusan dengan hukum, baik ketika ada persoalan hukum atau sekedar upaya antisipatif. Apalagi sebagaimana pernyataan yang dikutip dari laman hoganwillig.com, konsultasi untuk semua jenis masalah hukum tidak hanya soal penyelesaian masalah, tetapi juga mengetahui konsekuensi atas suatu keputusan. Dalam kondisi seperti ini, maka bantuan dari ahli tentu menjadi solusi paling tepat. Bantuan tersebut bisa didapat melalui law firm atau konsultan hukum terbaik di Indonesia.



Di Indonesia, terkhusus kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya memang memiliki banyak law firm dan konsultan hukum. Hal ini tentu menjadi kabar baik karena sebagai calon pengguna jasa kita memiliki banyak pilihan. Namun di sisi lain, banyaknya law firm dan konsultan hukum terbaik di Indonesia juga membuat bingung dalam memilih.

Memilih law firm memang tidak boleh sembarangan. Ada baiknya Anda mengikuti panduan berikut dalam memilih firma hukum untuk konsultasi.

1. Ketahui Siapa Pendiri dan Partners di Dalamnya

Sebuah law firm terdiri dari beberapa pendiri, partners, dan lawyers. Informasi tentang orang-orang yang bernaung di sebuah law firm tentunya bisa dengan mudah diketahui. Semakin banyak tenaga ahli profesional di dalamnya, bisa menjadi tanda kualitas law firm tersebut. Hal ini berkaitan pula dengan besar tidaknya law firm atau konsultan hukum terbaik di Indonesia tersebut. Tentu akan berbeda jika Anda memilih law firm berskala daerah dengan yang berskala nasional bahkan internasional. Semua pilihan bisa disesuaikan dengan kebutuhan persoalan hukum yang ingin Anda konsultasikan.

2. Memilih Law Firm dengan Rekam Jejak yang Baik

Dalam mencari partner, tentu kita melihat track record atau rekam jejaknya. Begitupun dalam memilih law firm, kita harus mencari tahu bagaimana rekam jejak mereka dalam menangani klien. Usahakan juga mencari rekam jejak dari setiap konsultan hukum, advokat, atau pengacara yang bernaung di sana.

Mengetahui rekam jejak suatu law firm memang tidak selalu mudah. Apalagi jika firma hukum tergolong belum bernama besar, biasanya informasi yang tersebar masih terbatas. Jangan juga mengandalkan dari website firma hukum bersangkutan karena yang akan ditampilkan hanyalah kelebihan dan keberhasilan.

Lantas apa yang bisa dilakukan? Hal yang paling tepat untuk mendapat informasi akurat adalah dengan mencari tahu klien atau mantan klien mereka. Tanyakan langsung kepada klien atau mantan klien tersebut tentang bagaimana firma hukum melayani konsultasi dan membantu menangani permasalahan.

3. Siapa Saja Kliennya?

Berkaitan pula dengan rekam jejak, untuk memilih law firm dan konsultan hukum terbaik di Indonesia adalah dengan melihat siapa saja klien yang menggunakan jasa mereka. Jika pengguna jasa mereka adalah perusahaan-perusahaan atau tokoh-tokoh besar, maka besar pula kemungkinan firma hukum tersebut bisa dipercaya. Namun semua akan berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan.

4. Mencari yang Sesuai dengan Problem yang Dihadapi

Law firm memang terdiri dari banyak tim ahli. Namun, tidak menutup kemungkinan pula ada beberapa hal yang tidak bisa di-cover, terutama jika persoalan hukumnya tidak umum. Oleh karena itu penting untuk mengetahui setiap ahli di dalam firma hukum sehingga bisa dilacak keahlian utama yang mereka miliki.

Tips ini penting karena sering seringkali masyarakat awam menganggap bahwa sarjana hukum pasti ahli untuk semua urusan hukum. Padahal kenyataannya tidak demikian. Setiap bidang ilmu pasti memiliki sub-bidang dengan fokus keahliannya sendiri, termasuk dalam ilmu hukum.

Demikianlah beberapa tips atau panduan dalam memilih law firm dan konsultan hukum terbaik di Indonesia. Perlu diingat bahwa berinvestasi dalam bidang hukum bisa sangat penting, apalagi bagi perusahaan. Biaya tinggi untuk berkonsultasi bukan berarti merugikan. Justru biaya tersebut akan lebih ringan dibanding risiko kerugian yang bisa terjadi.