Cara mematikan autoplay video di aplikasi youtube Android

Ketika membuka aplikasi youtbe di smartphone android saya hari ini, muncul layar notifikasi untuk mengupdate aplikasi ke versi terbaru. Sebelumnya jika layar ini muncul, di bawah tumbol update ada opsi untuk melanjutkan membuka aplikasi tanpa harus update dulu tapi kali ini opsi tersebut sudah dihilangkan.

Artinya hanya ada satu opsi saja yang tersedia yaitu mau tidak mau saya harus mengupdate aplikasi youtube ini jika saya ingin menggunakannya.

Ukurannya file updatennya tidak terlalu besar, sekitar 28 MB saja. Cukup kecil sehingga tidak akan membuat penuh runag penyimpanan smartphone saya yang saat ini tersisa sangat sedikit. Al hasil sayapun mengupdate aplikasi ini.

Tampilan youtube versi baru ini sangat berbeda dengan versi lawas yang sebelumnya saya gunakan. Di versi baru ini, pada bagian atas aplikasi muncul tag atau keyword yang muncul berdasarkan histori video yang kita tonton.

Selain itu setiap video di beranda (home) memanfaatkan 100% lebar viewport perangkat. Hal ini sudah pasti untuk menunjang fitur autoplay video di bagian halaman home aplikasi.

Cara mematikan autoplay video di aplikasi youtube Android

Dengan fitur autoplay ini maka setiap kali kita menggulir layar dan video berada di posisi sekitar 2/4 pada layar maka video tersebut akan dimainkan secara otomatis. Fitur ini bagus karena kita tidak perlu lagi mengetuk tombol play untuk memainkan video seperti pada aplikasi youtube versi lawas. Eh dan juga di versi ini tombol play ikonik youtbe juga sudah ditiadakan.

Fitur autoplay di area home aplikasi untuk sebagian orang seperti saya bukanlah hal yang menarik. Pasalnya bagi saya keberadaan fitur ini bisa membuang-buang kuota saja. Maka dari itu saya lebi memilih untuk mematikan fitur ini.

Cara mematikan autoplay video di aplikasi youtube Android

Untuk mematikan fitur ini cukup mudah, hanya butuh beberapa langkah saja. Kalau di versi sebelumnya untuk mematikan fitur ini letaknya berada di Setting > Autoplay, maka di versi yang baru letak pengaturannya sudah tidak di situ lagi namun dipindahkan ke opsi lain.
  1. Ketuk ikon profil kalian pada pojok kanan atas
  2. Gulir ke bawah lalu pilih Setting
  3. Pilih General
  4. Pilih Muted playback in feeds
  5. "Always on" berarti fitur autoplay selalu aktif, "Wi-Fi" only berarti autoplay hanya aktif jika koneksi menggunakan Wi-fi dan "On" berarti autoplay dinonaktifkan. Silahkan pilih "On"
Semoga bermanfaat.
1 comments

1 Komentar

Cancel