Orang Indo ternyata adalah...

23 Mei 2020

Saat ini banyak dari kita yang menggunakan istilah Indo sebagai singkatan dari kata Indonesia. Penggunaan kata Indo ini merujuk pada siapapun yang merupakan warga Indonesia, baik yang berdarah murni atai campuran tanpa melihat latar belakangnya. Pokoknya semua dipukul rata. Misalnya, saya adalah orang Indo. Dita Karang anggota girlband Secret Number adalah orang Indo. Untuk yang berstatus warga negara asing namun masih memiliki darah Indonesia bisa cukup ditambahkan embel "keturunan" menjadi keturunan Indo.

Namun ternyata penggunaan kata tersebut sedikit bergeser dari tempatnya. Menurut situs KBBI online punya kemendikbud, Indo mempunyai makna (kata benda) "peranakan Eropa dan Indonesia". Eropa di sini bisa berarti semua negara Eropa terutama Belanda yang pernah menduduki Indonesia selama 3 setengah abad.

Menurut wikipedia, Orang Indo (singkatan dari nama dalam bahasa Belanda, Indo-Europeanen, "Eropa-Hindia") adalah kelompok etnik Mestizo (campuran) yang ada di Indonesia dan sekarang menjadi kelompok etnik minoritas terbesar di Belanda. Kelompok etnis ini dicirikan dari kesamaan asal usul rasial, status legal, dan kultural.

Saat masa kolonial Belanda, orang Indopun tidak luput dari sistem pengkastaan. Mereka yang masuk dalam kasta ke dua saat itu. Statusnya lebih rendah dari orang Belanda tulen dan lebih tinggi dari orang pribumi.

✩✩✩

Jadi perlu dipertegas lagi bahwa istilah Indo sebenarnya hanya merujuk pada orang-orang yang merupakan percampuran antara darah Eropa dan Indonesia. Misalnya seperti ratu film horror yang suka mesen sate 200 tusuk, Suzzanna yang merupakan aktris berdarah Jawa-Manado-Jerman-Belanda. Ada juga aktor silat Barry Prima yang memiliki ayah Belanda dan Ibu Indonesia.



Suzanna


Ada juga Dr. Ernest François Eugène Douwes Dekker atau yang lebih dikenal dengan nama Douwes Dekker yang merupakan salah satu tokoh pejuang kemerdekaan dan pahlawan Indonesia. Ada Mark-Paul Goosselaar, aktor Amerika. Ada Eddy Du Perron yang merupakan sastrawan dan penulis dari Belanda. Ada Giovanni Van Bronchost, Robin Van Persie yang menurut banyak sumber merupakan orang Indo dari garis ibu sampai Vic Hayes yang dijuluki Bapak Wi-Fi dan banyak lainnya.

Yang mau lihat daftar orang Indo Belanda yang cukup terkenal bisa mengikuti tautan ini: List of Dutch Indos

Lalu apakah salah jika saat ini penggunaan kata Indo ditujukan kepada semua Indonesia tanpa kecuali. Dibilang salah tentu iya, karena kita secara blatan menggeser sebuah kata dari makna aslinya. Akhirnya kata tersebut memiliki lebih dari satu makna yang tidak standar. Sama halnya dengan kata mudik yang memiliki makna "pulang ke kampung halaman". Kata tersebut tidaklah terikat pada momen tertentu, namun karena kebiasaan orang Indonesia menggunakan kata mudik hanya pada momen tertentu seperti saat lebaran, akhirnya kata mudik mengalami pergeseran dan perluasan makna.