Permohonan upgrade ke OVO Premier ditolak terus

30 Juli





OVO merupakan aplikasi e-wallet yang memberikan penggunanya kemudahan dalam pembayaran transaksi online.

Saat pertama kali registrasi pada aplikasi ini, maka status keanggotaan adalah OVO Club. Pada jenis keanggotaan ini semuanya terasa serba terbatas. Top up hanya maksimal dua juta saja, merchant online yang tersedia tidak ada, pokoknya layanan sangat terbatas. Alhasil mau beli atau nyicil barang online gak bisa pakai OVO Cash.

Untuk bisa menggunakan fitur dan layanan secara penuh yang tersedia di aplikasi OVO, mau tak mau kita harus melakukan upgrade ke OVO Premier. Caranya pun sangat-sangat simpel, hanya butuh beberapa langkah saja.

Cara upgrade OVO Club ke OVO Premier.
Untuk mengupgrade akun OVO cukup tekan menu transfer di halaman utama, atau masuk ke menu profile. Nanti akan muncul tombol upgrade. Cukup ikuti saja langkah-langkah sesuai instruksi yang muncul yaitu foto KTP dan foto selfie dengan memegang KTP.

Namun tidak selamanya permohonan untuk mengaupgrade akun kita diterima oleh pihak OVO. Dalam kasus saya misalnya, permohonan saya ditolak karena menurut pihak OVO data yang saya unggah tidak sesuai.

Jadi sepertinya sistem OVO sudah terintegrasi dengan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Saat kita mengunggah data berupa foto KTP, maka puhak OVO entah secara manual oleh manusia atau secara otomatis oleh sistem akan melakukan scanning pada file tersebut dan melakukan verifikasi pencocokan data.

2 kali saya mencoba melakukan upgrade akun namun gagal dengan alasan yang sama. Akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi pihak OVO melalui email. Selang beberapa jam pihak OVO pun membalas pesan saya tersebut.

Solusi yang ditawarkan oleh kepada saya yaitu menghubungi pihak Dispendukcapil untuk memverifikasi data NIK saya bahwa itu benar. Pihak OVO tidak lupa mencantumkan 3 macam  kontak dari pihak Dispendukcapil yaitu nomor telepon, nomor whatsapp dan email.

"Ahh here we go again", tau sendirilah kontak-kontak dari dinas seperti itu sangat sulit dihubungi. Ditelepon gak bisa, dichat whatsapp dibalas bot, dikirimin email gak dibalas. Pokoknya tidak bergunalah itu kontak haha.

Pihak OVO sendiri mengatakan bahwa akun saya akan segera diupgrade ke akun OVO Premier jika saya menyertakan bukti percakapan dengan pihak Dispendukcapil yang menyatakan bahwa NIK saya valid.

Solusi terakhir ya saya mendatangi kantor Dispendukcapil di yang jaraknya cukup jauh. Tapi ah malas, mana lokasinya sudah masuk zona merah lagi. haha.

Mungkin pemirsah sekalian ada yang punya solusi lain supaya permohonan upgrade ke OVO premier gak ditolak? dibantulah gitu hehe.