Cara menguji Robots.txt blogger

1 Agustus 2020


Sejak beralih sepenuhnya ke AMP (Accelerated Mobile Page), blog goinsan acap kali mendapatkan laporan masalah di Google Search Console. Mulai dari sekedar status peringatan sampai status error pada postingan.

Yah namanya juga resiko menerapkan AMP ke blogger yang notabene tidak support AMP. Jadinya semua yang terkait dengan postingan harus diubah agar mendukung amp secara manual sehingga rentan kesalahan. Berbeda dengan platform yang sudah mendukung AMP seperti wordpress, cukup memanfaatkan ketersedian dukungan AMP dengan menekan satu tombol saja.

Laporan peringatan maupun error terkait postingan umumnya muncul jika ada salah satu elemen AMP yang tidak terpenuhi atau kesalahan pada penulisan tag kode. Misalnya menggunakan tag amp-youtube namun script master amp youtube tidak kita sertakan dalam template. Atau masih menggunakan tag img bukannya amp-img untuk gambar.

Yang terbaru adalah peringatan "Cakupan masalah terdeteksi di goinsan.com". Peringatan tersebut mengatakan bahwa salah satu postingan saya diblokir oleh robot.txt. Padahal seingat saya, saya tidak pernah memasang satupun rule untuk mencekal salah satu postingan blog saya apalagi memasukkan url tertentu secara langsung untuk dicekal dalam robot.txt

Untuk memastikan apakah url postingan tersebut betul-betul dicekal oleh robot.txt maka saya langsung melakukan inspect element dan iya, hasilnya sesuai laporan. Saya lalu membuka alat pengujian tobot.txt yang disediakan oleh Google Webmaster Tools. Jika kebetulan ada di antara kalian yang juga mengalami masalah laporan pencekalan seperti yang saya alami, silahakan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka alat penguji robot.txt. Buka di sini
2. Pilih blog yang kalian ingin uji



3. Gulir ke bawah, nanti akan ada kolom url pengujian



4. Masukkan url yang ingin diuji. Cukup ambil baris mulai dari tahun saja lalu klik tombol test.
5. Cek hasilnya, apakah laporannya url dicekal atau tidak, kalau tidak maka akan ditanda dengan blok berwarna hijau.




Dalam kasus saya ini ternyata url postingan tersebut tidak dicekal oleh robot. Lalu dasar dari laporan error cakupan tersebut dasarnya apa? apakah ini hanya sekedar false report saja? Entahlah, hanya sistem dan pengembang Google Search Console saja yang tahu.
...