Janda Bolong tanaman hias yang sedang digandrungi saat ini

- Diupdate 08 Februari

Janda Bolong, saya yakin kalian cukup familiar dengan nama tersebut. Akhir-akhir ini nama janda bolong memang cukup santer terdengar di dunia permedia sosialan terutama di atara para pecinta tanaman hias.

Apa itu Janda Bolong?

Janda Bolong atai Monstera Adansonii adalah tanaman hias yang memiliki ciri daun yang berlubang. Inilah yang menjadi dasar pecinta bunga menggunakan kata "bolong" pada penamaan tanaman ini. Untuk kata janda sendiri saya kurang tahu alasannya. Mungkin untuk sekedar memadu padankan dengan kata bolong. Tahu sendirilah orang Indonesia seperti apa, selalu menempatkan humor dimana saja.

Gambar Janda Bolong tanaman hias


Penggunaan nama Janda Bolong ini juga yang membuat tanaman ini menarik. Ketika orang mendengar kata Janda Bolong, pasti mereka penasaran bagaimana rupa dan mulai mencari tahu tentang tanaman ini. Berbeda jika menggunakan nama aslinya, Monstera Adansonii , tidak terlalu menarik walaupun mengandung kata monster hmm.

Ciri-ciri Janda Bolong

Janda Bolong merupakan tanaman hias merambat dengan tipikal daun melengkung. Pada daunnya terdapat beberapa lubang dengan ukuran kecil sampai sedang. Ukuran daunnya sendiri tergolong sedang dan berwarna hijau kecuali yang sudah mengalami variagasi.

Janda bolong sendiri kadang tertukar dengan tanaman hias lain yang berasal dari marga yang sama. Sebut saja Monstera Obliqua. Namun kedua jenis monstera sepupuan ini sebenarnya cukup mudah dibedakan.

Untuk Monstera Obliqua daunnya agak lonjong dengan lubang yang cukup besar dan tampak tidak teratur. Saking besarnya, kadang daunnya terlihat seperti hampir tulang daunnya saja yang tersisa. Selain itu daunnya juga lebih tipis dengan pinggiran sedikit bergelombang serta permukaan daun yang tidak sehalus janda bolong.

Harga Janda Bolong

Untuk harga tanaman hias ini sendiri variatif dan musiman mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Di beberapa toko bunga dan marketplace online, janda bolong jenis Andasonii dihargai rata-rata 30 ribuan.

Untuk yang jenis Variegata yang harganya sangat mahal, ini yang katanya bisa menembus angka ratusan juta. Bahkan beberapa waktu ini satu pot Janda Bolong jenis Andasonii Variegeta ini ditukar dengan sebuah mobil.

Jika untuk Andasonii variegata saja bisa dihargai semahal itu bisa anda bayangkan seberapa mahalnya jenis Obliqua Variegata secara varietas yang satu ini termasuk langka dan harganya jauh lebih mahal dari Janda Bolong.

Untuk varietas Variegata ini memang memiliki visual yang cukup menarik. Pada daunnya terdapat zona warna yaitu putih, krem, kuning atau hijau terang dalam bentuk garis, bintik-bintik ataupun bercak yang mucul baik di batang atau daun. Kondisi ini disebut variagasi atau berbelang. Variagasi ini merupakan sebuah hasil mutasi genetik alami. Namun untuk tanaman hias yang dijual saat ini kebanyakan variagasinya merupakan hasil modifikasi genetik di laboratorium.

Perawatan Janda Bolong

Untuk perawatan janda bolong ini cukup mudah, penyiraman dan pemupukan secukupnya saja. Selain itu tanaman ini cukup tahan hama dan penyakit sehingga semakin mudah dalam perawatannya. Tanaman ini ridak terlalu membutuhkan banyak cahaya matahari sehingga cocok ditempatkan dalam ruangan.

Keamanan

Namun perlu diperhatikan bahwa semua tanaman Monstera mengandung Kristal Kalsium Oksalat pada getahnya. Bahan kimia ini bersifat racun yang jika masuk ke mulut atau tenggorokan akan memberikan efek seperti tertusuk ratusan jarum.

Maka dari itu sangat penting bagi pemilik tanaman hias janda bolong ini agar selalu memperhatikan dan menjauhkan dari jangkauan dari kucing, anjing dan yang paling utama anak-anak. Khan rugi juga kalau sampai tanaman yang sudah dibela-belain dibeli dengan harga mahal tersebut rusak.

Tampilkan Komentar Sembunyikan Komentar 1

1 Komentar

Batalkan