Tanaman hias Anting Putri

Anting Putri atau Water Jasmine merupakan salah satu spesies tumbuhan yang bisa dijadikan tanaman hias terutama bonsai. Tanaman yang memiliki nama latin Wrightia Religiosa ini merupakan tanaman yang tumbuh tersebar di daerah Guangdong China dan Asia Tenggara.

Anting Putri - Water jasmine
Bonsai Anting Putri oleh Sage Ross, Wikimedia, lisensi CC BY-SA 3.0

Walaupun memiliki nama water jasmine (melati air), tapi tanaman anting putri ini bukanlah tanaman air dan juga bukan jenis tanaman melati. Bahkan keduanya berbeda rumpun dalam sistem taksonomi tanaman. Alasan pemberian embel-embel melati pada tanaman ini tidak lain karena anting putri memiliki bunga yang mirip dengan bunga melati. Bahkan aroma bunganya juga mirip dengan bunga melati.

Di alam liar Anting putri tampak seperti tumbuhan biasa dan mampu tumbuh tinggi layaknya pohon biasa. Keindahannya baru terlihat ketika tanaman ini dipindahkan ke dalam pot dan dibentuk menjadi tanaman bonsai. Apalagi tanaman ini menurut para penggemar tanaman hias bonsai cukup mudah dibentuk dan memiliki kemampuan untuk menonjolkan akarnya di permukaan tanah. Apalagi jika tanaman ini sudah waktunya berbunga, bunganya yang berwarna putih sangat sempurna untuk tanaman bonsai.

Untuk perawatan tanaman ini sama halnya dengan perawatan tanaman hias lainnya kecuali jika sudah berbetuk tanaman bonsai maka perwatannya perlu semaksimal mungkin agar bentuknya tanaman ini tetap indah dan sehat.

Untuk kalian yang berminat dengan tanaman anting putri ini, kalian bisa mencari bibitnya di toko-toko tanaman hias di daerah kalian atau bisa juga dengan memesan secara online pada toko-toko bibit tanaman hias. Harganya bervariasi namun umunya kalian bisa mendapatkan bibit anting putri ini dengan harga mulai 50 ribuan. Kalau untuk yang sudah jadi bonsai harganya bisa jutaan.
0 comments
Cancel