5 Mesin pencari selain Google Search

- Diupdate April 10, 2021
5 Mesin pencari selain Google Search
Di jaman yang serba modern ini segala informasi tersedia di internet. Bisa dibilang apa saja. Hal ini membuat informasi lebih mudah di dapatkan. Sangat berbeda di jaman dulu sebelum internet menjadi tren. Umumnya informasi diperoleh dari lisan ke lisan atau media cetak seperti buku, majalah atau koran.

Kalau dulu sumber literasi berupa buku dan itu sifatnya terbatas. Kadang seseorang perlu putar-putar ke sana kemari mencari buku yang diperlukan namun tidak kunjung didapatkan. Namun sekarang semua tersedia di internet. Semuanya tersedia dalam bentuk tautan ke laman blog, dokumen online, jurnal online dan sebagainya. Yang lebih luar biasa kita bisa menyimpannya dalam bentuk file yang awet alias tidak termakan zaman.

Untuk mencari informasi yang dibutuhkan, kita cukup membuka mesin telusur seperti mesin pencari milik google yang beralamat di google.com pada mesin perambah seperti google chrome lalu memasukkan kata kunci yang dicari dan dengan satu klik tombol, boom ratusan ribu hasil pencarianpun ditampilkan. Yah walaupun dari ratusan ribuaan bahkan jutaan hasil pencarian yang diperoleh banyak yang belum lengkap dan relevan, namun kedepannya pasti hasil yang relevan akan bertambah.

Selain itu mesin pencari ini juga bisa menemukan file dalam bentuk foto atau gambar. Kueri hasil pencarian yang ditampilkan dalam bentuk gambar ini pastinya cukup membantu bagi penggunanya karena sifatnya lebih tertarget dan on point.

Mesin pencari google alias google search saat ini menjadi mesin pencari nomor satu di dunia. Berdasarkan informasi dari situs review24, dikatakan bahwa mesin pencari google menguasai lebih dari 90% saham untuk jenis mesin pencari. Pengguna aktifnya smpai 4.39 triliun dan hampir 250 juta di antaranya berasal dari Amerika saja. 

Kepopulerannya pun termasuk di Indonesia. Saking populernya sebagai sumber informasi apa saja,  kadang ketika kita bertanya kepada teman mereka kadang menjawab "googling saja".atau "tanya mbah Google".

Namun tahukah kalian bahwa ada beberapa mesin pencari lain selain milik perusahaan Google ini? berikut 5 mesin pencari populer selain mesin pencari google yang beberapa di antaranya mungkin tidak pernah kalian dengar sebelumnya.

5 Mesin pencari populer selain Google Search

  1. Bing
  2. Yahoo
  3. Yandex
  4. DucDuckGo
  5. Baidu

1. Bing

Bing merupakan mesin pencari yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa milik Bill Gates, Microsoft. Mesin pencari ini cukup populer di Indonesia namun penggunanya jauh lebih sedikit diredupkan oleh hegemoni mesin pencari google. Saat ini mungkin bing menempati urutan kedua sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

2. Yahoo!

Yahoo Search Engine, mesin pencari yang dikembangkan oleh Yahoo Inc. Sempat populer beberapa tahun lalu namun saat ini penggunanya cukup sedikit. Mesin pencari ini kalah bersaing dengan mesin pencari google dan Bing. Yahoo! juga terintegratis dengan situs penyedia gambar Flickr. Jadi untuk hasil pencarian gambarnya lebih kaya.

3. Yandex

Yandex, mungkin agak sedikit asing di telinga kalian. Mklum saja, mesin pencari yang dikembangkan perusahaan Yandex NV asal Rusia ini penggunanya mayorutas hanya di negara Rusia dan negara-negara tetangganya yang juga menggunakan bahasa Rusia. Di Indonesia sendiri mesin pencari ini tidak terlalu populer.

4. DuckduckGo

Popularitas duckduckgo akhir-akhir ini meningkat dengan pesat. Alasannya karena klaim bahwa mesin pencari buatan DuckDuckGo inc. tidak mengumpulkan data penggunanya alias aman terhadap pelanggaran privasi penggunanya. Selain itu hasil pencarian yang ditampilkan dikumpulkan dari mesin pencari lainnya seperti mesin pencari google, yahoo, bing dan sebagainya. Selain itu mesin pencari ini mampu menampilkan hasil penelusuran yang diblokir oleh mesin pencari lain karena fitur safe search.

5. Baidu

Nama baidu sendiri mungkin tidak terlalu asing di Indonesia. Soalnya ada beberapa aplikasi-aplikasi android yang di produksi perusahaan asal China ini tersedia secara gratis di playstore dan bahkan terinstal langsung sebagai aplikasi bawaan pada smartphone android dari merek smartphone asal negeri tirai bambu ini. Selain itu mesin pencari ini terintegrasi khusus dengan browser baidu.

Mesin pencari baidu sendiri tersedia khusus di China saja. Jika kalian ingin menggunakan mesin pencari yang satu ini kalian harus paham bahasa Mandarin. Bisa dibilang Baidu kurang populer di seluruh dunia namun mengingat jumlah penggunanya di china yang cukup besar maka mesin pencari ini layak masuk daftar.


Itulah 5 mesin pencari populer selain mesin pencari google. Walaupun sama-sama mesin pencari namun tetap ada perbedaannya. Misalnya saja, mesin pencari google mampu menampilkan hasil pencarian berupa poin tertarget yang sangat relevan. Algoritmanya mampu mengolah "rich snippet" yang terdapat pada blog atau website. 

Selain itu mesin pencari ini juga berfungsi menunjukan hasil kalkulasi layaknya seperti kalkulator, menampilkan suhu, statistik dan sebagainya. Kekayaan fitur yang disediakan mesin pencari google membuatnya menjadi mesin pencari terbaik dan terlengkap.

Tampilkan Komentar Sembunyikan Komentar 2

2 Komentar

Batalkan