Cara megatasi tidak bisa download/update aplikasi karena memory penuh di Android

Pernah mengalami kejadian tidak bisa mendownload atau mengupdate aplikasi di play store karena memori penyimpanan oenuh atau hampir penuh?

Cara megatasi tidak bisa download/update aplikasi karena memory penuh di Android

Pasti rasanya sangat menjengkelkan. Apalagi jika aplikai tertentu membutuhkan update untuk bisa dibuka. Contohnya Whatsapp, aplikasi ini jika terlalu uzur dan belum diupdate, maka setiap kali dibuka akan muncul popup berisi notifikasi untuk segera melakukan update ke versi terbaru. Kalau sudah begini kita tidak bisa melakukan aksi apapun dengan whatsapp, tidak bisa mengakses sampai membuat percakapan. Tidak ada yang bisa kita lakukan selain mengupdate aplikasi tersebut.

Jika memori penyimpanan penuh atau hampir penuh, setiap kali kita mencoba utuk mengdownload atau melakukan update aplikasi maka muncul popup untuk mengosongkan sebagian memori penyimpanan dengan menghapus sejumlah aplikasi.

Umumnya sistem play store akan merekomendasikan untuk menghapus aplikasi yang berukuran besar serta aplikasi yang jarang digunakan. Nah kalau aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan sistem tersebut memang tidak terlalu penting maka bisa dihapus untuk menambah ruang penyimpaanan.

Bagaimana jika aplikasi yang direkomendasikan tersebut semuanya penting, contohnya dalam kasus saya. Semua aplikasi yang terpasang di smartphone android saya penting semua. Jatuhnya yah dilema. Mau tak mau harus ada aplikasi yang dihapus, jika tidak file-file lain yang tersimpan di memori penyimpanan internal seperti foto dan video harus dihapus atau dipindahkan ke memori eksternal.

Cara free up ruang penyimpanan internal android

  1. Menguninstal aplikasi-aplikasi yang tidak perlu. Misalnya browser, adakalanya ada orang yang menginstal bermacam-macam browser di smartphonennya mulai dari chrome, mozilla, ucweb, opera mini.
  2. Menghapus beberapa file yang tidak penting. Ada kalanya kita menyimpan banyak file terutama file media seperti gambar atau video dari internet. Kalau file-file tersebut tidak terlalu penting sebaiknya dihapus saja. Selain itu foto dan video yang duambil lewat kamera smartphone juga menyumbang terhadap penyusutan ruang penyimpanan. Terutama bagi perempuan, kadang mereka mengambil foto 5 foto selfie yang identik. Beda setiap fotonya hanya beberapa derajat kemiringan pada kepala.
  3. Memindahkan file ke penyimpanan eksternal. Jika file-file tersebut pada poin sebelumnya tidak ingin dihapus maka bisa dipindahkan ke memori penyimpanan eksternal.
  4. Menghapus cache aplikasi. Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghapus cache dari aplikasi yang terinstal. Umumnya setiap aplikasi akan menyimpan cache untuk mempercepat pemuatan aplikasi tersebut. Tidak ada masalah jika mau menghapus cache apalagi jika aplikasi tidak agan digunakan untuk beberapa waktu. Untuk menghapus cache cukup pilih aplikasi, buka info aplikasi dan tekan tombol clear cache.
  5. Menghapus data aplikasi. Kalau yang satu ini tidak terlalu saya rekomendasikan kecuali jika data-data kalian pada aplikasi tersebut seperti data login username dan password dihapal. Setiap aplikasi akan menyimpan data-data seperti data login dan profil pengguna dalam bentuk cache. Dan kadang data yang disimpan aplikasi kadang ukurannya bisa ratusan megabyte. Untuk menghapus data aplikasi bisa membuka info aplikasi lalu pilih manage space dan clear data
  6. Gunakan aplikasi pembersih junk file seperti ccleaner dan sejenisnya. Aplikasi pihak tersebut bisa digunaakan untuk membersihkan file sampah yang tersimpan pada memori. Saat membuka aplikasi seperti game kadang iklan akan muncul. Setiap iklan yang mincul ini akan meninggalkan file cache. File-file sampah ini sebenarnya memiliki waktu simpan yang bervariasi. Jika waktu simpan tersebut telah sampai maka file tersebut akan terhapus secara otomatis. Namun tidak masalah menghapus sampah tersebut secara langsung menggunakan aplikasi pembersih untuk menambah kapasitas memori.

Nah setelah melakukan free up memori penyimpanan di atas masih belum bisa mendownload atau mengupadate aplikasi di play store artinya ruang yang kosong masih kurang. Mungkin kalian bertanya-tanya kok bisa begitu padahal aplikasi yang ingin didownload mempunyai ukuran yang kecil, jauh lebih kecil dari ruang kosong yang tersedia.

Hal itu dikarenakan sitem android mengkalkulasi ruangan yang tersedia yang dianggap nyaman dan aman agar aplikasi bisa berjalan dengan lancar. Harus ada sejumlah ruang yang kosong karena setiap aplikasi yang berjalan akan menyimpan cache. Jika ruangan ini kecil atau sampaio penuh maka aplikasi akan hang dan android bisa tiba-tiba berhenti berfungsi.

Namun jika menurut kalian ruang kosong pada memori masih cukup besar namun di play store sudah tidak bisa mendownload padahal aplikasi yang ingin kita download atau update ukurannya kecil maka bisa menggunakan cara yang terakhir ini, dijamin berhasil.

Caranya adalah medownload aplikasi melalui penyedia pihak ketiga selain play store. Ada beberapa situs yang menurut saya cukup aman untuk mengunduh aplikasi android seperti apkmirror dan apkpure. Cukup buka salah satu dari situs tersebut, lalu cari dan download aplikasi yang kalian inginkan. Setelah itu cukup buka dan instal aplikasi yang sudah kalian download. Cara detilnya sebagai berikut:

  1. Buka browser kalian lalu kunjungi apkmirror.com
  2. Pada kolom pencarian ketikkan nama aplikasi yang ingin kalian download
  3. Hasil pencarian akan menampilkan aplikasi yang diinginkan namun dengan beberapa versinya. Silahkan downlod versi terbaru sesuai denga sistem android kalian.
  4. Setelah download selesai cukup buka aplikasi tersebut untuk menginstalnya dan selesai.

Yang menjadi pertanyaan apakah aplikasi android yang didownload melalui penyedia pihak ketiga seperti apkmirror ini aman? Sejauh ini aman-aman saja, apalagi aplikasi yang diediakan merupakan aplikasi original yang sama persis dengan yang disediakan di play store. Mungkin apkmirror menggunakan API atau apalah namanya milik dari play store. Semoga bermanfaat

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan