Pecel Lele Mahal di Yogyakarta Ditutup Satpol PP

- Diupdate 07 Juli
Pecel Lele Mahal di Yogyakarta Ditutup Satpol PP
Sumber gambar: Youtube

Sebuah video unggahan seorang wanita di media sosial viral. Dalam video tersebut, pengunggahnya mengeluhkan tentang mahalnya harga pecel lele yang dijual di kawasan Malioboro Jogjakarta.

Dalam video tersebut, wanita itu membayar Rp 20.000 untuk lele, Rp 7.000 untuk nasi putih, dan Rp 10.000 untuk lalapan.

Video viral ini kemudian mendapatkan reaksi dari berbagai pihak. Salah satunya dari pihak Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM) dengan langsung melakukan survei harga kepada para pedangang. Hasil surveinya harga per porsi pecel lele adalah 15 - 18 ribu.

Kejadian ini juga langsung mendapat reaksi dari pemerintah setempat. Beberapa hari setelah video tersebut viral, wakil walikota Jogjakarta beserta satpol PP langsung mendatangi area dimana warung yang terindikasi menerapkan harga tak wajar berada.

Ada tiga warung yang terindikasi memberikan harga yang tidak wajar. Modusnya adalah menjual dengan harga paket (pecel lele, lalapan dan nasi) namun saat dibayar harganya malah jadi persatuan.

Pemerintah setempat akan memberikan sanksi kepada para penjual yang terbukti melakukan kecurangan. Sanksi paling berat adalah penutupan usaha secara permanen.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=b85GpgHGJrw

Reaksi netizen

  1. [+2336] Semenjak viral, harganya langsung jadi normal lagi 😁 Serius asli
  2. [+1417] Pedagang mulai berbenah diri...terimakasih buat mbak yg mengunggah di medsos. Akhir cerita sama2 nyaman.
  3. [+1035] Allhamdulillah,,, mending jualan harga normal tapi lancarr...
  4. [+992] Setelah bertahun-tahun lamanya akhirnya malioboro bisa dikembalikan ke fitrahnya sbg kawasan pariwisata yg nyaman dan istimewa. Skrg gk prlu takut lagi utk makan+jajan di kawasan malioboro😂🤣 Saran: Kalo pas makan dan mau byr sambil pura2 ngevlog atau live streaming. Insyallah harganya wajar 😂
  5. [+716] Harusnya Wisatawan Berterimakasih kepada Cewek Yang Membuatnya Viral, Karena Itu Kemungkinan Benar-Benar Terjadi, Buktinya Mereka "Baru Pasang Menu Dan Harga" Dan Kelihatan Menutup Kesalahannya.. Tapi Sangat Bagus Dengan Kebijakan "Menutup Permanen" Bagi Yang Nutuk Harga.. Biar Wisatawan Aman, dan Tidak Merasa Tertipu dengan Permainan Harga makanan Disana..
  6. [+372] Josss pemerintah jogja,,,langsung bertindak,inilah yg namanya mengayomi masyarakat,tetep berjuang terus ya pak,,,terimakasih
  7. [+369] mending ditutup sih gara gara satu warung jadi seluruh warung kena imbas
  8. [+367] Semenjak Piral Mereka Tau Rasa wkwk
  9. [+312] The power of sosial media. Tidak diragukan lagi
  10. [+290] Lapor pihak berwajib = NO Viralin di medsos = YES nyatanya viralin di medsos lebih efektif.
Posting Komentar Sembunyikan Komentar