Penyebab Gangguan pada Wifi yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Gangguan pada Wifi yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Gangguan pada Wifi yang Perlu Anda Ketahui - WiFi pertama kali dirilis untuk konsumen pada tahun lalu. Sejak itu telah memainkan peran integral dalam membuat kita tetap terhubung ke internet di rumah, di tempat kerja, dan bahkan di depan umum, ke titik di mana sebagian besar dari kita menganggap keberadaannya begitu saja.

Dengan setiap teknologi baru muncul masalah dan WiFi tentu saja tidak terkecuali, dengan masalah WiFi menjadi salah satu keluhan paling umum seputar konektivitas modern. Dalam hal ini kami bertujuan untuk melihat, dan menawarkan solusi untuk penyebab gangguan WiFi yang mungkin memberi Anda masalah koneksi

Mendeteksi Masalah Gangguan WiFi

Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut, ada baiknya untuk mempertimbangkan gangguan WiFi sebagai penyebabnya.

  • Kekuatan sinyal rendah bahkan ketika dekat dengan perangkat siaran WiFi
  • Koneksi internet yang jauh lebih lambat saat menggunakan koneksi melalui WiFi
  • Transfer file lambat antar komputer melalui WiFi
  • Ketidak mampuan untuk memasangkan perangkat WiFi atau Bluetooth bahkan ketika Anda dekat dengan penerima
  • Sesekali menjatuhkan koneksi WiFi Anda

Penyebab Gangguan WiFi

Masalah yang terkait dengan gangguan WiFi dapat dipecah menjadi beberapa area kunci utama:

1. Hambatan Fisik

Secara teratur Anda akan menemukan bahwa ada tempat tertentu di dalam gedung atau area di mana Anda tampaknya tidak dapat mencapai sinyal WiFi yang andal, di mana pun Anda meletakkan perangkat Anda. Hambatan fisik, seperti bahan yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan adalah salah satu alasan yang paling mungkin menyebabkan sinyal WiFi tidak dapat menjangkau perangkat Anda

Cara terbaik untuk memerangi penghalang fisik yang mengganggu sinyal Anda jelas dengan memindahkan router atau titik akses nirkabel ke lokasi yang lebih baik sehingga sinyal tidak harus melewati penghalang. Anda juga dapat mencoba menyiarkan sinyal menggunakan frekuensi 5GHz, yang jika tersedia akan menjadi opsi dengan pengaturan perangkat, tetapi ini cenderung hanya tersedia pada peralatan kelas atas.

Akhirnya,  penghalang fisik untuk sinyal WiFi yang kebanyakan orang tidak pernah pertimbangkan adalah diri mereka sendiri! Lebih khusus lagi, tangan Anda saat memegang perangkat seluler. Mencoba mengubah pegangan Anda untuk sinyal yang lebih baik. Nah untuk itu Anda bisa kunjungi Gravityevos untuk info penting lainnya.

2. Interferensi Frekuensi

Interferensi frekuensi adalah ketika sinyal lain melintasi jalur dengan sinyal Anda pada bandwidth yang sama dan merusak atau mengalahkannya. Sayangnya daftar perangkat yang diketahui menyebabkan bentuk gangguan bandwidth ini hampir tidak pernah berakhir, tetapi di sini kami memberikan daftar yang umum.

3. Perangkat Nirkabel

Secara teknis, perangkat lain yang mentransmisikan atau menerima sinyal nirkabel dapat menyebabkan gangguan pada sinyal, jadi perhatikan hal-hal seperti speaker nirkabel, monitor bayi, walkie talkie, pembuka pintu garasi.

4. Gelombang mikro

Sebagian besar gelombang mikro beroperasi pada spektrum 2.4GHz, yang sama dengan banyak perangkat nirkabel, terutama model yang lebih tua atau lebih murah, sehingga gangguan jaringan yang masif akan sering dialami saat gelombang mikro beroperasi.

5. Telepon WiFi Tanpa Kabel 

Nirkabel juga biasanya beroperasi pada spektrum 2.4GHz, jadi saat Anda berbicara di telepon atau telepon berdering, kemungkinan besar Anda akan melihat gangguan sinyal. Ini tidak termasuk telepon nirkabel DECT standar, hanya variasi WiFi.

6. Piring Satelit

Jika kabel satelit salah atau kabelnya sudah tua dan rusak, biasanya mereka akan membocorkan gangguan sinyal ke sekitarnya.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang Penyebab Gangguan WiFi semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan