Mengatasi gambar blogger yang tidak terlihat [error]

- Diupdate Juli 03, 2021
Mengatasi gambar blogger yang tidak terlihat
Beberapa waktu yang lalu blogger yang menggunakan platform blogging blogger dibuat heboh karena gambar pada blog mereka tidak tampak karena gagal dimuat (error).

Kejadian tersebut berlangsung cukup lama, mulai tengah malam sampai kira-kira pukul 8 pagi. Saat itu saya pikir hanya saya saja yang mengalami, namun setelah membuka group facebook ternyata teman-teman blogger yang lain juga mengalami.

Namun tidak semua gambar gagal dimuat, ada beberapa gambar yang tetap muncul normal seperti biasa. Cek percek dengan melakukan inspect element pada browser ternyata semua gambar yang gagal dimuat adalah gambar yang dihost di 1.bp.blogspot.com.

Bagi yang belum tahu, jadi setiap kkali kita mengupload gambat saat membuat postingan, maka gambar tersebit akan disimpan pada hosting blogger 1.bp.blogspot.com, kadang di 2.bp.blogspot.com dan seterusnya.

Entah apa yang terjadi dengan hosting milik blogger ini, kenapa bisa gambar yang disimpan di sana gagal dimuat?

Yang lebih luar biasa adalah bahwa gambar yang dihost di 1.bp.blogspot.com ini tidak asal gagal dimuat, tapi kegagalan tersebut karena adanya pemblokiran yang dilakukan oleh operator penyedia layanan internet di Indonesia. Hal tersebut bisa terlihat saat beberapa teman-teman blogger yang mengguanakan VPN mengatakan bahwa gambar di blog mereka normal-normal saja.

Pada operator tertentu bahkan memunculkan banner internet positif pada gambar yang dihost di 1.bp ini. Jadi bisa dibilang bahwa hal ini adalah hal yang cukup serius jika sampai semua operator seluler melakukan pemblokiran pada host ini. Tidak hanya operator seluler, bahkan antivirus seperti Kaspersky juga melakukan pemblokiran gambar dari 1.bp.blogspot.com.

Jika operator seluler di Indonesia melakukan pemblokiran dengan tameng internet positif mereka, maka itu berarti bahwa host 1.bp.blogspot.com ini terindikasi mengandung hal-hal terlarang seperti p*rnografi, judi, virus atau malware dan sebagainya.

Lah kok bisa gitu? apakah ini hanya error sistem atau false report saja? terus kira-kira siapa yang bermasalah di sini, apakah sistem blogger atau sistem milik operator seluler di Indonesia? Entahlah...

Lalu sekarang apakah semuanya sudah kembali normal? jawabannya adalah TIDAK!, karena masih ada satu operator yaitu 3 yang sistemnya masih melakukan pemblokiran terhadap gambar yang dihost di 1.bp.blogspot.com.

Solusi

Beberapa blogger mampu membaca dengan cepat akar masalah dari gambar yang gagal muncul ini. Mereka pun bisa dengan cepat menemukan solusinya. Caranya cukup mudah, cukup mengganti angka 1 pada 1.bp.blogspot.com dengan angka 2,3 atau 4.

Sekedar informasi, semua gambar yang dihost di 1.bp ini akan tersedia juga di 2.bp, 3.bp,4.bp. Mungkin bisa diistilahkan mereka adalah mirror/alternative.

Selain itu 1.bp.bogspot.com juga bisa diganti dengan menggunakan lh3.googleusercontent.com (host google photo). Contonhya:

https://1.bp.blogspot.com/-bSEa5fKpA7U/YOAMfspRUGI/AAAAAAAABXQ/Ed0SObURuNkr26zaiBaoLRxo3JrKl6MYACLcBGAsYHQ/s16000/blocked-min.png

bisa dirubah menjadi

https://2.bp.blogspot.com/-bSEa5fKpA7U/YOAMfspRUGI/AAAAAAAABXQ/Ed0SObURuNkr26zaiBaoLRxo3JrKl6MYACLcBGAsYHQ/s16000/blocked-min.png

atau

https://lh3.googleusercontent.com/-bSEa5fKpA7U/YOAMfspRUGI/AAAAAAAABXQ/Ed0SObURuNkr26zaiBaoLRxo3JrKl6MYACLcBGAsYHQ/s16000/blocked-min.png

Untuk cara pengubahannya bisa secara manual atau secara otomatis dengan menggunakan javascript replace seperti berikut:

<script>
//<![CDATA[
var images = document.getElementsByTagName('img');   for (var i = 0; i < images.length; i++) {     images[i].src = images[i].src.replace("https://1.bp.blogspot.com/" ,"https://2.bp.blogspot.com/");   };
//]]>
</script>

Bagi teman-teman blogger yang konten blognya memuat gambar informatif seperti infografis sebaiknya menerapkan solusi diatas agar pengunjung yang menggunakan koneksi dari 3 bisa mengakses gambar blog teman-teman secara normal.

Jika teman-teman malas untuk mengedit postingan satu-satu cukup gunakan javascript di atas. Penerapannya cukup mudah cukup tempel teapat di atas kode </body>.

Namun teman-teman perlu mengecek nantinya, apakah operator 3 masih melakukan pemblokiran atau tidak, jika sudah tidak, script di atas bisa dihapus karena bisa memberi dampak negatif pada blog teman-teman. 

Gambar yang sama akan dimuat dua kali karena hostingnya berbeda. Artinya jika pada laman blog teman-teman menampilkan 10 gambar dari 1.bp.blogspot.com maka script tersebut akan memanggil 10 gambar yang sama dari host berbeda yaitu 2.bp.blogspot.com. Jadinya total gambar yang diminta menjadi 20 buah.

Posting Komentar Sembunyikan Komentar

Batalkan